SERANG,- aktualinvestigasi.com | Suasana penuh keakraban tersaji dalam rangkaian Seba Baduy yang digelar di Gedung Negara Provinsi Banten pada Sabtu (29/4/2023).


Komandan Korem (Danrem) 064/Maulana Yusuf Brigjen TNI Tatang Subarna naik ke atas panggung untuk menghibur ribuan masyarakat adat Baduy usai menyambut kehadiran mereka bersama Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar.



Dua buah lagu berjudul Neng Geulis dan Mawar Bodas dinyanyikan oleh Jenderal Bintang Satu yang akrab disapa Abah tersebut.


Para Komandan Kodim 0602/Serang, Komandan Yonif Mekanis 320/BP, para prajurit dari Brigif 14 Kostrad dan Yonmek 320 BP Kostrad tampak larut berjoget mengikuti alunan lagu dinyanyikan. 


Tampak masyarakat adat Baduy pun tersenyum seraya bertepuk tangan melihat Komandan dan para prajurit TNI di Banten tersebut.


Dalam kesempatannya, Brigjen TNI Tatang Subarna mengaku bahagia melihat kehadiran saudara-saudara masyarakat adat Baduy. 


"Abah sangat bahagia kedatangan saudara-saudara dari Baduy. Jadi Abah mau menghibur semuanya, ayo kita bernyanyi bersama," katanya.


Sementara itu, salah seorang warga Baduy luar bernama Dodi mengaku bahagia melihat Komandan dan Prajurit TNI yang bernyanyi dan berjoget untuk menghibur mereka.


"Senang ya lihatnya, alus pisan. Hatur nuhun Abah Danrem jeung anggota TNI," pungkasnya.[Akt-002/Agi].

 


SERANG,- aktualinvestigasi.com | Komandan Korem Danrem 064/Maulana Yusuf, Brigjen TNI Tatang Subarna mendampingi Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar menyambut kedatangan peserta Seba Baduy di Gerbang Gedung Negara Provinsi Banten, Sabtu (29/4/2023).


Dalam kesempatannya, Brigjen TNI Tatang Subarna menyampaikan ucapan selamat datang kepada masyarakat Baduy dalam dan Baduy luar yang telah hadir.



"Abah Danrem ngiring bingah anu kacida  kadongkapan dulur-dulur sadayana. Wilujeng sumping dulur di Serang, mugia Allah meridhoi sagalana," katanya. 


Ia mengaku bangga terhadap masyarakat Baduy yang benar-benar menjaga ketertiban selama prosesi Seba Baduy dari mulai di Kabupaten Lebak hingga di Kota Serang.


"Terus terang saya bangga melihat ketertiban orang Baduy. Kita harus belajar ke mereka. Dari kemarin saya mengikuti prosesi di Lebak sampai sekarang dan ujur saya kagum luar biasa semua tertib sekali," ungkap Danrem 064/MY.


Lebih lanjut, Brigjen TNI Tatang Subarna menjelaskan kedatangan masyarakat suku Baduy ke Kota Serang adalah magnet yang luar biasa.


"Banyak masyarakat yang hadir bahkan insan pers nasional pun datang untuk mengabadikan momen ini. Saya rasa ini momen luar biasa, ibaratnya rezeki nomplok untuk masyarakat Kota Serang," pungkasnya.


Turut hadir mendampingi Danrem 064/MY dalam kesempatan tersebut, Dandim 0602/Serang Kolonel Arm Fajar Catur Prasetyo, Komandan Brigif Mekanis 14/Mandala Yudha Kostrad dan Danyon 320 Badak Putih Kostrad.[Akt-002/Agi].

 


SERANG - aktualinvestigasi.com | Salah satu pengguna Jalan Tol Serang-Panimbang, Tangerang-Merak merasa dirugikan oleh pihak Pengelola Jalan Tol.


Dede, salah satu pengguna jalan tol menceritakan hal yang tidak mengenakan saat dirinya menggunakan jasa Jalan Tol Serang-Panimbang dan Tangerang - Merak. 


Ia menceritakan bahwa awalnya ia mengisi (top up) Saldo Etol jenis kartu Flazz BCA dengan nominal 100 ribu. 


"Saya sering pulang-pergi kerja lewat jalan Tol, dari Cikeusal ke Serang, karena kebetulan rumah saya di Cikeusal dan dekat dengan Jalan tol, kurang kebih sekitar 5 Kilo lah, nah pada hari jumat, tanggal 28 April 2023, sekitar pukul 16:15, saya pergi ke cikokol Kota Tangerang karena ada kerjaan, dan seperti biasa saya keluar Serpong, masuk kebon Nanas, dan karna rumah saya di Cikeusal otomatis juga saya masuk gerbang tol Cikeusal menuju Tangerang, sebelumnya saya sudah isi saldo Etol sebanyak 100 Ribu, karna biasanya itu sudah cukup untuk pulang-pergi," ujarnya. 



Kendati demikian, Dede merasa heran ketika dirinya selesai dari Kota Tangerang kemudian akan melanjutkan perjalanan ke kota serang, tiba di Gerbang Tol Serang Timur dirinya kaget, sebab saat Tap Kartu, ada keterangan saldo tidak cukup, tidak buang waktu, ia kembali Top Up saldo menggunakan M banking BCA. 


"Saya kaget, tiba-tiba saldo tidak cukup, padahal puluhan kali saya melakukan hal sama, artinya pergi ke tangerang, Atau serang, ya lancar-lancar aja, isi saldo 100 ribu itu sudah cukup, bahkan masih ada sisa, kemudian setelah keluar tol, saya cek Transaksi Etol saya di M-banking BCA, ternyata potongan awal itu sebesar 72 Ribu, otomatis saya kaget, sebab biasanya dari Cikeusal ke Cikupa itu hanya 47 Ribu, setelah itu saya menelfon Pihak Tol Cikupa, saya jelaskan keluhan dan kronolgi, dan Pihak Tol Cikupa menyarankan saya untuk mengecek dan mencetak Struk Online di Website, setelah saya cek, saya kaget, keterangan disitu Gerbang Asalnya Rangkasbitung, padahal saya masuk di Gerbang Tol Cikeusal, kemudian menurut pihak dari Tol Cikupa, saya harus koordinasi dengan pihak Tol Cikeusal, tidak menunggu lama, saya langsung mendatangi penjaga di tol Cikeusal dan menceritakan kronologi yang saya alami, dan pihak Tol Cikeusal menyarankan saya untuk datang ke kantor Jalan Tol Serang-Panimbang yang berada di mandala, Rangkasbitung," tandasnya. 


Saat mendatangi Kantor Pengelola Jalan Tol Serang-Panimbang, dede diperlihatkan dengan jelas data kendaraan yang ia gunakan saat melintasi Jalan Tol tersebut, dan terbukti bahwa sistem di Tol Rangkasbitung Berjalan Normal. Mulai dari CCTV, Plat Nomor, Hingga Nomor Kartu Tol semuanya sesuai.


Hal tersebut diperlihatkan oleh salah satu Kepala ship yang menangani transaksi yaitu Muhamad Dikri. 


Dirinya menginput data kendaraan seperti Plat Nopol hingga Nomor Tol yang digunakan. 


Sementara itu, Kepala ship transaksi Muhamad Dikri menyarankan Dede untuk melakukan konfirmasi kepada pihak Astra Tol Cikupa. Tak pikir panjang, dede langsung mendatangi kantor Astra Tol Tangerang-Merak di Cikupa. 


Tiba di Kantor Astra Tol Tangerang-Merak, Dede bertemu dengan pengawas Gardu yaitu Wiji serta menceritakan kronologi yang dialami dan pihak pengawas Gardu pun menyampaikan permohonan maaf. 


Ia menyatakan bahwa hal tersebut merupakan kelalaian petugas Gardu. [Akt-002/Agi].



Lebak - aktualinvestigasi.com | Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan, SIK, MH didampingi Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Lebak Ny. Wiwin Setiawan menghadiri Rangkaian Acara Seba Baduy 2023 di Pendopo Kabupaten Lebak. Jum'at (28/4/2023) pukul 19.00 wib.


Kegiatan Seba Baduy 2023 merupakan upacara adat tahunan warga masyarakat suku baduy yang diikuti oleh Warga Baduy dalam dan Baduy luar sebanyak 1.224 masyarakat suku Baduy dengan berjalan kaki menuju pendopo Kabupaten Lebak dengan membawa hasil bumi untuk diserahkan kepada pemerintah.


Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan, SIK, MH melalui Kasihumas Polres Lebak Iptu Aminarto mengatakan, "Ya pada malam ini Bapak Kapolres Lebak di dampingi Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Lebak Ny Wiwin Setiawan bersama Forkopimda Lebak menghadiri Rangkaian Acara Seba Baduy 2023 di Pendopo Kabupaten Lebak," Ujar Amin.



"Acara Seba Baduy merupakan upacara adat tahunan yang dilaksanakan oleh warga suku baduy sebagai wujud syukur karena telah mendapatkan panen yang melimpah serta menjalin silaturahmi dengan Pemerintah," ungkapnya.


"Untuk mensukseskan acara tersebut kami Polres Lebak Polda Banten menerjunkan personil untuk melakukan pengamanan rangkaian acara Seba Baduy 2023, mulai dari berangkat, dalam perjalanan maupun rangkaian acara di Pendopo Kabupaten Lebak," tutur Amin.


"Semoga Kabupaten Lebak kedepan semakin aman, tentram dan sejahtera aamiin," tukasnya.

(006/RED-Al/lll/2023/Ziden)

Diberdayakan oleh Blogger.