Cikande, Serang - aktualinvestigasi.com | Sinergitas TNI-Polri sudah tidak usah diragukan lagi dan sudah berlangsung sejak lama terutama kerjasama dalam hal menjaga Kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) wilayah.


Dalam hal ini Sinergitas TNI-Polri ditunjukan oleh personel Koramil 0602-19/ Cikande dan Personel Piket Polsek Cikande Polres Serang. Dua personel TNI yang bertugas piket di Koramil Cikande itu mendatangi Polsek Cikande untuk bersilaturahmi sekaligus jaga bareng memantau aktivitas masyarakat Kecamatan Cikande dan Kecamatan Kibin di Puncak hari libur lebaran. Minggu (30/4/223).


"Kebetulan Kantor Koramil Cikande dan Polsek Cikande ini berdekatan, jadi petugas piket intens melakukan kerjasama atau jaga bareng dalam hal menjaga kondusifitas wilayah terutama sering terjadi antara Bhabinkamtibmas dan Babinsa", ungkap Kapolsek Cikande.


Kapolsek Cikande Kompol Andhi Kurniawan menjelaskan selain menjaga silaturahmi antar dua instansi TNI-Polri, kegiatan kerjasama tersebut penting terus dilakukan demi terciptanya atau terpeliharanya situasi Kamtibmas wilayah tetap aman dan kondusif.


"Dengan segala upaya kerjasama yang dilakukan TNI-Polri dalam menjaga Kamtibmas, semoga masyarakat merasa aman dan nyaman." Tutup Kapolsek Cikande.[akt-002/Agi].



Cilegon - Aktualinvestigasi.com |Destinasi atau tempat wisata Pantai Anyer dan Cinangka Kabupaten Serang Banten  dipadati wisatawan, sesuai perintah pimpinan Kodim 0623/Cilegon membantu kepolisian di Pospam jalur wisata Anyer dan Cinangka guna memberikan kenyamanan kepada pengguna jalan yang menikmati liburan untuk mengunjungi sanak saudara maupun mengunjungi tempat wisata,Minggu (30/04/2023)



Pengaturan lalu lintas tersebut dilakukan oleh anggota Koramil 2304/Anyer dan Koramil 2305/Cinangka di Pos PAM Mandalika Anyer dan pertigaan Teneng Cinangka guna mengantisipasi aktivitas pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat.


Komandan Koramil 2305/Cinangka, Letda INF Mas Alirohman menjelaskan, pengaturan lalu lintas dilakukan untuk mengurai volume kendaraan yang menuju wisata Pantai Anyer dan Cinangka meliputi pertigaan Teneng Cinangka dan pasar Anyer untuk memberikan kelancaran dan kenyamanan kepada pengguna jalan.



“Terpantau arus lalu lintas masih ramai lancar oleh karena itu,kami bersama anggota Polres Cilegon membantu untuk mengarah kepada penguna jalan agar jalan tetap lancar. Karena sebagian warga memanfaatkan liburan mengunjungi tempat wisata pantai Anyer dan Cinangka. ” ucap Danramil.



Danramil menambahkan bahwa kegiatan yang dilakukan sesuai dengan perintah pimpinan untuk membantu kepolisian di pos pos pengamanan di jalur Wisata.[akt-002/Agi].



Lebak - aktualinvestigasi.com | Jaga Kondusifitas Pasca Lebaran, Polres Lebak Polda Banten bersama Sat Brimobda Banten, Kodim 0603 Lebak dan Sat Pol PP Lebak gelar Patroli Gabungan KRYD di daerah hukum Polres Lebak. Sabtu (30/4/2023) Pukul 20.30 wib.


Sebelum melaksanakan kegiatan terlebih dahulu melaksanakan apel persiapan yang dipimpin oleh Wakapolres Lebak Kompol Arya Fitri Kurniawan S.IK, SH didampingi Kabag Ops Kompol Eddy Prasetyo SE, Kabag Log AKP Ade Lutfi, Kasat Intelkam AKP E. Sutanto, Kasat Reskrim IPTU Andi Kurniadi S.STk, S.IK, Kasat Tahti IPTU Khanafi, Kasi Reskrim IPTU Mulyadi, Kasi Humas IPTU Aminarto, Kasi Propam IPDA Ms. Mochtar, Danki Brimob AKP Edison, Kapolsek Rangkas AKP Pipih Iwan, Kaur Samapta IPTU Priyadi, Kaur Binmas IPDA Tjik Denmark, Danki Pol PP Sdr. Dace, dan diikuti oleh  Personil Kodim 0603 Lebak, Personil Polres Lebak, Personil Brimob Polda Banten dan Personil Sat Pol PP Lebak.



Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan, SIK, MH melalui Wakapolres Lebak Polda Banten Kompol Arya Fitri Kurniawan, SIK, SH mengatakan, "Kegiatan Patroli Gabungan KRYD ini rutin dilaksanakan guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas pasca Lebaran di Daerah hukum Polres Lebak," Ujar Arya, (30/4/2023).


"Gangguan Kamtibmas bisa berupa tindak Kejahatan C3 ( Curhat, Curas dan Curanmor) dan Kejahatan Jalanan (Geng motor) dan aksi Tawuran yang kita antisipasi dengan upaya pencegahan atau preventif," ungkapnya.


"Polri bersama TNI dan Sat Pol PP selalu bersinergi dalam  menjaga Kamtibmas khususnya di Wilayah Kabupaten Lebak," terang Arya.


"Personil melaksanakan Himbauan Kamtibmas secara humanis kepada warga masyarakat atau para pemuda yang berkumpul di areal keramaian antisipasi hal-hal yang dapat mengganggu Kamtibmas seperti mabuk-mabukkan, tawuran dan Balap liar," tambahnya.


"Terakhir mari bersama jaga kondusifitas di wilayah Kabupaten Lebak, kondusifitas tak akan terwujud tanpa kerjasama dari seluruh Stacholder dan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Lebak, apabila ada kejadian segera hubungi layanan 110 Polres Lebak," tandas Arya.

(006/RED-Al/lll/2023/Ziden)

 


PANDEGLANG - aktualinvestigasi.com | Dalam rangka melestarikan seni budaya di momentum hari kemenangan, Keluarga Besar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Peguron Jalak Banten Nusantara (PJBN) berkolaborasi dengan Lembaga kebudayaan Pandeglang menggelar Festival perlombaan Gebrak Ngadu Bedug.


Acara tersebut digelar selama tiga hari, dari Jumat hingga minggu 30 April, di Alun-alun Pandeglang. Jumat, (28/04/2023).


Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum DPP PJBN Abah KH. Tb. Sangadiah, MA., Ketua Harian DPP PJBN, Hj. Ratu Ageng Rekawati., Panglima Komando DPP PJBN Rd. Arya Banda Yudha., Pj Gubernur Banten Al Muktabar., Kapolda Banten yang diwakili oleh Dirtahti Polda Banten AKBP Dr. H. Agus Rasyid, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang Neneng Nuraeni, dan ribuan masyarakat Pandeglang.


Sebanyak 15 kampung di Kabupaten Pandeglang mengikuti festival Lomba Gebrak Ngadu Bedug, untuk memperebutkan piala bergilir Sanga Cup.


“Alhamdulillah acara pembukaan Festival Perlombaan Gebrak Ngadu Bedug berjalan dengan lancar, semoga dengan adanya acara ini dapat bermanfaat untuk masyarakat Pandeglan, khususnya bagi para pelestari seni budaya,” Kata Ketua Harian DPP PJBN, Ratu Ageng Rekawati.


“Karena Seni budaya warisan peninggalan sejarah dari leluhur kita ini mesti kita jaga bersama-sama, kita lestarikan bersama-sama, jangan sampai ada yang punah,” Tambahnya.


“Acara Ngadu Bedug ini juga di meriahkan dengan sejumlah atraksi debus, dan pertunjukan dari tarian seni budaya yang hampir punah, yaitu kuda lumping atau biasa disebut jaran kepang, karena kuda lumping atau jaran kepang ini sudah lama sekali tidak di lestarikan kembali, maka dari pada itu mari kita bersama-sama menjaga warisan sejarah seni budaya dari para leluhur kita,” Ujarnya


Sementara, Bunda Ratu Anita menyampaikan bahwa Ngadu Bedug ini merupakan kali pertama diadakan oleh Abah KH Tb Sangadiah, yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan menghidupkan kembali tradisi peninggalan dari leluhur.


“Kompetisi Gebrag Ngadu Bedug ini bisa mempersatukan antar kampung, dan memimalisir konflik antar kampung, selain mengangkat sejarah budaya tradisi khususnya di Pandeglang,” jelas Bunda Ratu Anita.


Ditempat Yang Berbeda Raden Arya Banda Yudha Ceritakan " Betapa Bangganya Kami Sebagai Masyarakat Dan Lahir Sebagai /PuTra Putri Peribumi Banten Dengan Beragam Peradaban Serta Budaya , Memiliki Leluhur Yang Unggul Dan Kuat Kokoh Dalam Menjaga , Dan Mempertahankan Tanah Banten Kala Itu , Tidak Bisa Kompromi dalam Penjajahan diatas bumi ibu Pertiwi, untuk itu kita sebagai Generasi Penerus Wajib Menghidupkan Tradisi Tradisi Baik, Kekompakan Gotong Royong Toleransi serta kepedulian tinggi pada sesama , menjadi manusia yang Berakhlakul Karimah berilmu serta dapat bermanfaat untuk sesama" Ujar panglima komando.

(006/RED-Al/lll/2023/Ziden)



Tigaraksa --- aktualinvestigasi.com | Kekompakan jajaran pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Tigaraksa kepemimpinan KH. Idrus yang belum sebulan dilantik itu ditunjukan dengan rutin mengikuti acara tahlilan setiap malam dikediaman almarhum H. Suparta bin H. Ladi ayahanda tercinta Ahmad Hidayat ASN yang juga salah satu pengurus MUI tersebut.


Bahkan di acara tahlilan malam ke-7 di Jumat malam Sabtu (28/04/2023) terlihat sejumlah pengurus yang merupakan para ulama kiyai ustadz se-Tigaraksa sudah tampil bersama jamaah yang diperkirakan mencapai lebih dari 600 orang di acara Pengajian Tahlil malam ke-7 yang dirangkai ceramah agama oleh KH. Ahmad Fudoli dikediaman almarhum di Kp. Tapos Pasar RT. 06/02 Desa Tapos Kecamatan Tigaraksa.


Ahmad Hidayat selaku perwakilan keluarga almarhum dalam prakatanya mengucapkan terima kasih atas keikhlasan kehadiran jamaah para kiyai ustadz dan tokoh masyarakat yang berasal dari desa/kelurahan se-Tigaraksa Jambe dan Tenjo Bogor bahkan dari Bencongan Kelapa dua mendoakan kepada ayahandanya yang wafat pekan lalu tepatnya Sabtu pagi (22/04/2023).


"Kami atas nama keluarga sangat berterima kasih dan memberi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para kiyai, ustadz, tokoh masyarakat, aparatur desa, dan seluruh keluarga besar Almarhum dari mulai keluarga di Tapos anak cucu cicit Almarhum H. Ladi bin H. Risan dan keluarga dari ibuku yaitu Hj. Hindun dari Lukun Cisoka keluarga besar Almarhum HM Noer bin H. Yahya bin H. Abu Nasir yang sudah hadir mengikuti tahlil malam ke-7 ini," ucapnya.


Sementara Ketua MUI Tigaraksa KH. Idrus mengatakan kehadirannya bersama pengurus lain dalam acara Tahlil ayahanda Ahmad Hidayat dalam rangka takjiyah bela sungkawa dan turut mendoakan kepada almarhum H. Suparta bin H. Ladi agar diterima iman Islamnya dan diampuni segala noda dosanya serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan oleh Allah SWT.


 "Alhamdulillah kami rutin hadir tahlil dimalam ke-3 dan malam ke-7 harinya selain karena takzim kepada almarhum yang merupakan tokoh Tigaraksa juga sudah dijadikan program kerja MUI yang kedepan akan kita canangkan," ujar KH. Idrus yang nampak duduk berjajar dengan KH. Fudoli penceramah dan berdampingan dengan Sekretaris MUI Ustadz Aspiani dan pengurus lainnya diantaranya KH. Zaenudin, Ustadz H. Jueni, Ustadz Sudarjah, Ustadz Iin 



00Pengurus MUI Tigaraksa Kompak Hadiri Tahlil Malam Ke-7 Alm. H. Suparta Tapos Tigaraksa



Tigaraksa---Kekompakan jajaran pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Tigaraksa kepemimpinan KH. Idrus yang belum sebulan dilantik itu ditunjukan dengan rutin mengikuti acara tahlilan setiap malam dikediaman almarhum H. Suparta bin H. Ladi ayahanda tercinta Ahmad Hidayat ASN yang juga salah satu pengurus MUI tersebut.


Bahkan di acara tahlilan malam ke-7 di Jumat malam Sabtu (28/04/2023) terlihat sejumlah pengurus yang merupakan para ulama kiyai ustadz se-Tigataksa sudah tampil bersama jamaah yang diperkirakan mencapai lebih dari 600 orang di acara Pengajian Tahlil malam ke-7 yang dirangkai ceramah agama oleh KH. Ahmad Fudoli dikediaman almarhum di Kp. Tapos Pasar RT. 06/02 Desa Tapos Kecamatan Tigaraksa.


Ahmad Hidayat selaku perwakilan keluarga almarhum dalam prakatanya mengucapkan terima kasih atas keikhlasan kehadiran jamaah para kiyai ustadz dan tokoh masyarakat yang berasal dari desa/kelurahan se-Tigaraksa Jambe dan Tenjo Bogor bahkan dari Bencongan Kelapa dua mendoakan kepada ayahandanya yang wafat pekan lalu tepatnya Sabtu pagi (22/04/2023).


"Kami atas nama keluarga sangat berterima kasih dan memberi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para kiyai, ustadz, tokoh masyarakat, aparatur desa, dan seluruh keluarga besar Almarhum dari mulai keluarga di Tapos anak cucu cicit Almarhum H. Ladi bin H. Risan dan keluarga dari ibuku yaitu Hj. Hindun dari Lukun Cisoka keluarga besar Almarhum HM Noer bin H. Yahya bin H. Abu Nasir yang sudah hadir mengikuti tahlil malam ke-7 ini," ucapnya.


Sementara Ketua MUI Tigaraksa KH. Idrus mengatakan kehadirannya bersama pengurus lain dalam acara Tahlil ayahanda Ahmad Hidayat dalam rangka takjiyah bela sungkawa dan turut mendoakan kepada almarhum H. Suparta bin H. Ladi agar diterima iman Islamnya dan diampuni segala noda dosanya serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan oleh Allah SWT.


 "Alhamdulillah kami rutin hadir tahlil dimalam ke-3 dan malam ke-7 harinya selain karena takzim kepada almarhum yang merupakan tokoh Tigaraksa juga sudah dijadikan program kerja MUI yang kedepan akan kita canangkan," ujar KH. Idrus yang nampak duduk berjajar dengan KH. Fudoli penceramah dan berdampingan dengan Sekretaris MUI Ustadz Aspiani dan pengurus lainnya diantaranya KH. Zaenudin, Ustadz H. Jueni, Ustadz Sudarjah, Ustadz Iin 



[005/Red/I/23/Atr5/RED-AI/I/23/Atr]

 


Serang,- aktualinvestigasi.com | Komandan Korem (Danrem) 064/Maulana Yusuf, Brigjen TNI Tatang Subarna menghadiri prosesi puncak Seba Baduy yang diadakan di Gedung Negara Provinsi Banten, Sabtu (29/4/2023).


Dalam kesempatannya, Jenderal bintang satu yang akrab disapa Abah tersebut mengaku salut terhadap masyarakat adat Baduy yang dinilainya sangat kuat, sehat, tertib dan serius menjaga apa yang diyakininya.


"Salut saya Bapak Gede pada mereka. Dari kemarin sampai hari ini, salut, salut dan salut. Nggak ada yang ngantuk, tetap jagjag waringkas (red: sehat) padahal dari Baduy ka dieu jauh pisan. Luar biasa," katanya.



"Bisa dilihat juga, saat ini mereka duduk rapi, mendengarkan setiap yang berbicara, tanpa ada yang ngantuk. Itu luar biasa. Ini tanda untuk kita semua untuk belajar pada mereka," sambung Danrem 064/MY.


Selain itu, Brigjen TNI Tatang Subarna mengungkapkan jika dirinya sangat bangga terhadap masyarakat adat Baduy.


"Sekali lagi, saya bangga luar biasa. Apalagi Abah Gede, pasti tidak akan ragu untuk menjaga segala rupa budaya dan adat suku Baduy. Semuanya akan dijaga dan tidak akan ada yang mengganggu," jelasnya.


Lebih lanjut, Ia menjelaskan kehadiran masyarakat adat Baduy dengan segala hal yang dicontohkannya adalah pertanda baik untuk semua.


"Tahun 2023 ini merupakan tahun politik. Jadi mudah-mudahan kita baik-baik. Kalau ada gesekan sedikit itu hal biasa, dibicarakan, diselesaikan. Ubah panas kepala jadi dingin," terangnya.


Tahun 2023 rada panas sedikit, lanjutnya tapi sekali lagi mari dibicarakan bersama. Sehingga, rencana Pemerintah bakal ada Pilkada dan Pilpres serentak dapat dibersamai.


"Di Banten aman dan terkendali. Kita junjung, pokoknya kudu aman. Komo atos ditincak dulur urang sadayana ti Baduy, Insya Allah Banten aman," pungkas Danrem 064/MY.[akt-002/Agi].



Cilegon - aktualinvestigasi.com | Polres Cilegon Polda Banten mengimplementasikan Program Quick Wins Presisi Polri dengan melaksanakan program Memantapkan Pemeliharaan Kamtibmas dan program meningkatkan Pelayanan Publik di jalur wisata Pantai Anyar Cinangka yang juga pelaksanaan Ops Ketupat Maung Didaerah Hukum Polres Cilegon Polda Banten pada Sabtu (29/04). 


Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Eko Tjahyo Untoro diwakili Kasihumas Polres Cilegon AKP Sigit Dermawan mengatakan. "Bahwa hari ini Kami masih melaksanakan Kegiatan Ops Ketupat Maung 2033 Polres Cilegon yang berfokus di jalur wisata pantai Anyer Cinangka," kata Sigit 



Seperti yang dilakukan Sat Pam Obvit Polres Cilegon Polda Banten. "Personel melaksanakan patroli Pesisir pantai Anyer Cinangka dengan mengedepankan Program Quick Wins Presisi Polri Memantapkan Pemeliharaan Kamtibmas dan program meningkatkan Pelayanan Publik sehingga dengan hadirnya Polisi dapat memberikan rasa aman dan nyaman saat berwisata," ujar Sigit 


Pasca Lebaran Masyarakat Masih banyak yang akan melakukan wisata Pantai Anyer Cinangka. "Sehingga kami menghadirkan Personil Polres Cilegon Polda Banten di Setiap Pantai Pantai untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat Masyarakat berwisata dengan memberikan himbauan Kamtibmas mengantisipasi Gangguan Kamtibmas," tambah Sigit 


Apabila melihat atau mengalami gangguan Kamtibmas selama berwisata Pantai Anyar Cinangka atau di Jalur. "Sesuai Program Quick Wins Presisi Polri bisa Menghubungi kami di Call Center Kami 110 Tidak dipungut Biaya atau Ke Media Sosial Resmi Polres Cilegon @Humaspolrescilegon dan @Polrescilegon serta bisa menghubungi Pospam Ops Ketupat Maung yang sudah di sebar Di Simpang JLS, Depan Hotel Mandalika dan Simpang Teneng Cinangka," tutup Sigit. [akt-002/Agi].

Diberdayakan oleh Blogger.