Serang, Banten - aktualinvestigasi.com | Kondisi keamanan yang sangat aman dan nyaman, serta rukun dan guyubnya anggota TNI/Polri di Banten perlu dipertahankan dan bisa menjadi panutan atau contoh bagi provinsi lain.


Dibuktikan hari ini oleh Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna bersama Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Haryanto mengunjungi Koramil dan Polsek di jajaran Korem 064/MY dan Polda Banten. Kamis ( 4/5/2023 )


“ Hari ini Saya bersama bersama Pak Kapolda Banten, berkunjung ke Koramil dan Polsek di wilayah jajaran dalam rangka Guyub TNI Polri sehingga Banten siap menjadi contoh bersama Guyub dan Rukun TNI/Polri bagi provinsi lainnya di Indonesia," tegas orang nomor satu di Korem 064/MY ini.



Dikatakannya, perwujudan keamanan dan pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia terbukti dalam terjalinnya keharmonisan aparat TNI/Polri dalam memberantas segala ancaman gangguan keamanan.


Brigjen TNI Tatang Subarna menegaskan, selama masa kepemimpinannya tidak ada satu pun masalah yang terjadi antar institusi Polri/TNI di Banten.


“Maka itu pihaknya mengimbau kepada seluruh anggota TNI Polri tetap menjaga kondisi yang guyub dan rukun yang sudah terjalin ini, sehingga masyarakat di Banten bisa menjalankan aktivitas dengan aman dan nyaman, serta pihak aparat di Banten bisa memberikan panutan atau contoh yang baik di masyarakat,” ujarnya.


Kegiatan ini di ikuti juga oleh Wakapolda Banten, Kasrem 064/MY, Dandim 0602/Serang, Dandim 0623/Cilegon, Para Kabalak Jajaran Korem 064/MY serta Para Pejabat Utama Polda Banten.[akt-002/Agi].

 


Pandeglang - aktualinvestigasi.com | Sebagai usaha melaksanakan Komsos, Danramil 0112/Jiput Kapten Inf Roni Kosnandar bersama Camat Jiput Muslim Taupik melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Tokoh Agama antara lain dengan Pengasuh pondok pesantren Al-kallam Kiyai Arfan Bahrudin dan Pengasuh pondok pesantren  Attohiriah Kiyai Mugni Hasanudin serta Tokoh Masyarakat di Desa Banyuresmi Kecamatan Jiput, Kab. Pandeglang-Banten.


Danramil 0112/Jiput Kapten Inf Roni Kosnandar mengatakan, komunikasi sosial yang dilakukan merupakan wadah silaturahmi antara Koramil 0112/Jiput dengan Tokoh Agama maupun Tokoh Masyarakat sekitar, yang dapat memupuk kebersamaan dan menimbulkan rasa saling hormat-menghormati. Selain itu, bagian dari program Pembinaan Teritorial sekaligus sebagai media berkomunikasi antara TNI dan Masyarakat. (4/5/2023)



Danramil Jiput meminta kepada Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat membantu mensosialisasikan kepada warga lewat kegiatan ibadah, agar Masyarakat tidak terprovokasi dengan isu yang dapat merugikan Masyarakat sendiri.


"Dengan adanya Danramil yang berkeliling di Desa Binaan, maka Koramil bisa tahu permasalahan di lapangan, sehingga kalau ada permasalahan cepat terselesaikan," ungkapnya.[Akt-002/Agi].




Serang, Banten - aktualinvestigasi.com |

Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna mengunjungi grup 1 Kopassus dalam rangka silaturahmi dan halal bihalal. Kamis (4/5/2023 ). Tiba di Grup 1 Kopassus , Jenderal bintang satu itu disambut langsung oleh Dangrup 1 Kopassus dan jajaran.


Mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal ibadah dan puasa yang telah dilaksanakan di bulan suci Ramadhan diterima Tuhan Yang Maha Esa,” kata Brigjen TNI Tatang Subarna.



Menurutnya, halal bihalal merupakan momentum yang sangat baik untuk saling memaafkan. “Karena sebagai manusia biasa sudah barang tentu pernah berbuat kesalahan dan kekhilafan,” ucapnya.


Silaturahmi dan halal bihalal sekaligus nostalgia, diketahui Brigjen TNI Tatang Subarna bukan sosok baru bagi Grup 1 Kopassus. Dirinya pernah menjabat sebagai Danki 132 Batalyon 13 Grup 1 Kopassus.


" Jadi hari ini saya jelaskan. Saya ini orang Banten, bapak saya dulu Babinsa di Waringin kurung, Dulu saya pernah menjabat Danki 132 pertama disini dulu gersang belum banyak pohon pohon sekarang sudah enak "


Pria yang akrab disapa Abah itu keliling Grup 1 Kopassus untuk melihat langsung kondisi pangkalan.


Setelah dari grup 1 Kopassus Danrem 064/MY melanjutkan Silaturahmi dan halal bihalal di Kodim 0602/Serang.


Danrem meminta agar seluruh prajurit untuk bersama-sama membantu menjaga keamanan agar situasi dan kondisi aman dan tertib. Kemudian seluruh anggota harus menjunjung tinggi netralitas TNI. 


" Saya mengingatkan bahwa tahun ini adalah tahun politik, oleh karena itu setiap anggota harus memahami dan melaksanakan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing, sikap kita sebagai TNI harus netral," kata Abah.


Kegiatan ini Danrem 064/MY di dampingi Para Kasi Korem 064/MY, Para Kabalak Jajaran Korem 064/MY, Dintim Intel Korem 064/MY dan Kapenrem 064/MY.[Akt-002/Agi].

 


Tangerang - aktualinvestigasi.com | Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia mendorong Pemerintah Provinsi Banten untuk segera membuat Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang pendidikan gratis mulai dari tingkat SMA hingga Perguruan Tinggi.


Perda pendidikan gratis dianggap sangat penting guna melindungi anak- anak yatim dan anak kurang mampu agar mereka memiliki ilmu pengetahuan mumpuni dalam menghadapi persaingan di era digitalisasi.


"Pemerintah Daerah jangan abai terhadap  pendidikan anak- anak yatim dan anak kurang mampu. Mereka harus kita lindungi dan berikan jaminan dengan membuat regulasi tentang pendidikan gratis mulai dari tingkat SMA hingga Perguruan Tinggi," ungkap Sukardin, Kader Partai Gelora Indonesia Kabupaten Tangerang, kepada wartawan, Kamis (04/05/2023).


Tokoh muda pemerhati pendidikan yang berdomisili di Kabupaten Tangerang ini menuturkan, anak- anak yatim dan anak  kurang mampu tersebut hanya bisa pasrah serta kerap dihantui rasa ketakutan ketika ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA dan Perguruan Tinggi.


Mereka terpaksa harus menghentikan   semangat belajarnya akibat  ketidakmampuan keluarga dalam membiayai pendidikan.


"Hal ini seharusnya menjadi skala prioritas Pemerintah Daerah supaya tidak terjadi ketimpangan sosial. Jika ini dibiarkan berlarut- larut dikhawatikan akan muncul masalah baru bagi daerah ini," katanya.


Sebenarnya, kata Sukardin, Pemerintah Daerah sangat diuntungkan jika membuat Perda pendidikan gratis untuk siswa miskin setingkat SMA dan Perguruan Tinggi tersebut. 


Hal itu bisa menjadi sebuah investasi besar jangka panjang yang dapat menguntungkan Pemerintah Daerah setempat.


Dengan kebijakan itu, tentunya Pemerintah Daerah tak lagi kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM), karena sudah dipersiapkan sejak awal.


"Pemerintah Daerah tinggal seleksi siswa- siswa kurang mampu yang punya prestasi terbaik. Setelah itu mereka disuruh kuliah ke Perguruan Tinggi ternama di tanah air bahkan di luar negeri, dengan biaya sepenuhnya ditanggung oleh Pemerintah Daerah. Setelah lulus kuliah mereka dipanggil kembali untuk mengabdi dan membangun daerahnya. Dengan begitu Banten dijamin tidak akan kekurangan SDM," ujarnya.[Akt-002/Agi].

 


Serang, Banten - aktualinvestigasi.com |

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berkomitmen untuk terus menurunkan banyak program dan anggaran dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Serang. Bahkan bidang pendidikan menjadi program prioriotas yang dijalankan bupati perempuan pertama Kabupaten Serang ini. 



“Pendidikan menjadi salah satu program skala prioritas Pemda Serang. Yakni, salah satu indikator untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Kami pun berkomitmen untuk melaksanakan program pemerintah, Merdeka Belajar dan Merdeka Belajar,” kata Tatu usai upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 di halaman Pendopo Bupati Serang, Selasa (2/5/2023).


Sejumlah program pendidikan yang diturunkan yakni, beasiswa untuk 1.300 siswa SD, beasiswa 1.392 siswa SMP, dan beasiswa 386 siswa SD-SMP penghafal Alquran. Ada juga beasiswa perguruan tinggi yang sudah dinikmati sekira 1.268 mahasiswa sejak tahun 2017. 


"Semua masyarakat mempunyai kesempatan yang sama terkait pendidikan di tingkat apa pun. Program beasiswa diberikan untuk siswa yang kurang mampu dan berprestasi, alhamdulillah terus berjalan " ujar Tatu. 


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang juga menurunkan program kejar paket A, B, dan C. Dengan perincian, 115 paket A, 3.197 paket B, dan 5.975 paket C. Kemudian untuk tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, diturunkan insentif dengan total anggaran Rp 53,78 miliar. 


Sarana prasarana pendidikan juga terus ditingkatkan. Telah selesai diperbaiki 1.398 ruang kelas SD dan SMP yang menjadi kewenangan Pemkab Serang. Untuk semua ruang kelas SMP, saat ini seluruhnya dalam kondisi baik. “Setiap tahunnya Pemkab Serang mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki ruang kelas yang rusak. Peningkatan kualitas dan kuantitas sarana pendidikan, menjadi bagian dari prioritas program yang kami jalankan,” ujar Tatu. 


Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya menambahkan, dalam hal peningkatan sumber daya manusia, pihaknya sudah mencanangkan berbagai program. Program itu antara lain, guru penggerak dan sekolah penggerak yang menjadi atensi dari pemerintah pusat. “Program guru penggerak ini, setiap guru diberikan pelatihan kepemimpinan sehingga dapat meningkatkan kualitasnya sebagai tenaga pendidik,” ujarnya. 


Kemudian dalam program sekolah penggerak, setiap kepala sekolah juga dilatih kepemimpinan. "Sekolah penggerak ini menjadi syarat yang diutamakan, yakni kemampuan kepala sekolah yang lulus pelatihan sekolah penggerak," pungkasnya.


Momen upacara Hardiknas 2023 ini berbeda dari sebelumnya. Seluruh aparatur Pemkab Serang memakai pakaian adat nusantara, dan mayoritas seragam pangsi silat Kaserangan. Pasca upacara, digelar halal bihalal bersama Forkopimda Kabupaten Serang. [Akt-002/Agi].

 


Serang, Banten - aktualinvestigasi.com | Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyalurkan bantuan pangan untuk keluarga rawan stunting. Total penerimanya sebanyak 7.421 orang.


Bantuan tersebut berasal dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI yang didistribusikan melalui Kantor Pos Indonesia. Jenis bantuannya berupa satu ekor ayam potong dan delapan butir telur.


Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, penerima bantuan tersebut merupakan keluarga rawan stunting. Datanya dari Dinas Kesehatan  yang diserahkan kepada BKKBN.


“Kabupaten Serang ada 7.421 keluarga rawan stunting yang mendapatkan bantuan," kata Tatu usai penyerahan secara simbolis bantuan pangan kepada keluarga penerima stunting di halaman Puskesmas Baros, Rabu (3/5/2023).



Tatu mengatakan, bantuan tersebut disalurkan pemerintah untuk menekan kasus stunting. Kabupaten Serang menjadi salah satu daerah prioritas untuk penanganan stunting. Ia mengatakan, kasus stunting di Kabupaten Serang cukup tinggi. Namun setiap tahun selalu mengalami penurunan.


Pada tahun 2019, kasus stunting sebanyak 39,4 persen, kemudian pada tahun 2021 mengalami penurunan yang signifikan menjadi 27,2 persen. Lalu pada tahun 2022 kembali turun menjadi 26,4 persen. “Pada tahun 2023 kita mempunyai target kasus stunting turun menjadi 18 persen,” katanya.


Pihaknya terus melakukan upaya untuk menurunkan kasus stunting dengan berbagai program yang ada di organisasi perangkat daerah (OPD). “Program penurunan stunting ini menjadi program keroyokan beberapa OPD di Pemkab Serang,” ujarnya.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Serang Suhardjo mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kantor Pos Cabang Serang untuk mendistribusikan bantuan tersebut.


Selain bantuan untuk penanganan stunting, Kabupaten Serang juga mendapatkan bantuan beras untuk 85.123 penerima manfaat. Setiap penerima bantuan mendapatkan 10 kilogram beras selama tiga bulan.


“Untuk penyaluran bulan pertama sudah kita lakukan sebelum Idul Fitri, Insya Allah penyaluran tahap kedua dan ketiga akan segera disalurkan dalam waktu dekat,” pungkasnya.[Akt-002/Agi].

 


SERANG - aktualinvestigasi.com | Bhabinkamtibmas Polsek Pontang Polres Serang Brigadir Sangaji  melaksanakan kegiatan Yuk Ngopi bersama Warga desa di Desa Tirem Kamaruton Kecamatan Lebak Wangi Kabupaten Serang. Selasa (02/05/2023)


Dalam kegiatan “Yuk Ngopi Wae” yang dilakukan *Bhabin Sangaji* Polsek Pontang Polres Serang, sharing tentang keamanan lingkungan dan kegiatan ronda malam, hal ini merupakan kesadaran masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga kamtibmas dilingkungannya.


*Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, S.H., S.I.K* melalui *Kapolsek Pontang Iptu Junaedi SE* mengatakan bahwa kegiatan Yuk Ngopi Wae yang dilakukan agar masyarakat lebih dekat dengan polisi dan bisa saling tukar pikiran mewujudkan kamtibmas di lingkungan masyarakat, selain itu juga terjalin nya silaturahmi yang baik antara para tokoh dan bhabinkamtibmas sehingga terbentuknya kemitraan yang baik di daerah hukum Polsek Pontang, kata Kapolsek.


lanjut Kapolsek Pontang menerangkan kegiatan Yuk Ngopi Wae adalah salah satu program *Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto, SH, MH, M.B.A* yang disampaikan dalam Commander wish Kapolda Banten point ke 3, Yuk Ngopi Wae serta dalam rangka agar mendekatkan diri dan bersinergi dengan warga masyarakat untuk memelihara keamanan dan ketertiban,”ucap Kapolsek Pontang.[akt-002/Agi].

 


SERANG - Aktualinvestigasi.com | Bhabinkamtibmas Polsek Carenang Polres Serang  Melaksanakan kegiatan Sambang dan kunjungan kepada masyarakat binaanya sebagai upaya promoter mendekatkan diri kepada warga masyarakat dikp. Kawao Desa Sukamampir Kec. Binuang Kab. Serang, hari Rabu (03/05/2023) pukul  13.27 WIB.


Dalam kesempatan tersebut, Briptu Wahyu R, Menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar menyampaikan kepada warga untuk selalu memakai masker dalam kegiatan beraktifitas serta menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan menghimbau tokoh masyarakat selalu waspada terhadap tindak pidana pencurian dilingkungan sekitar serta agar masyarakat lebih aktif dalam ronda siskamling. 


Bhabinkamtibmas juga mensosialisasikan kepada masyarakat layanan aduan ke cell center 110 Polres Serang  Polda Banten. 


Di tempat terpisah Kapolsek Carenang, IPTU Saeful Sani, SE menghimbau dan memerintahkan kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas Polsek Carenang untuk selalu hadir di tengah masyarakat dan selalu melaksanakan koordinasi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat serta warga masyarakat terkait dengan situasi kamtibmas di wilayah binaannya.[akt-002/Agi].



Cikeusal - aktualinvestigasi.com | 03 Mei 2023- Dalam upaya menjalin kemanusiaan dan memberikan dukungan yang diperlukan, AKP Surono Selaku kapolsek Cikeusal melakukan kunjungan ke Yayasan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang bertempat di yayasan Bani Syifa Desa Panyabrangan Kecamatan Cikeusal.


Dalam kunjungannya, Kapolsek di dampingi oleh Kapus kecamatan Cikeusal Ibu Mimi Sukti dan bertemu dengan staf dan relawan yayasan serta para orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Kunjungan tersebut bertujuan untuk merespon dan mengatasi tantangan yang muncul dalam pelayanan serta memberikan motivasi bagi para relawan dan ODGJ yang membutuhkan dukungan dan perhatian.


“Kami sadar bahwa kita memerlukan kehadiran kami sebagai pihak kepolisian untuk dapat memberikan dukungan dan bantuan bagi kegiatan sosial yang dilakukan oleh Yayasan ODGJ,” kata AKP Surono.


Kunjungan ini juga menjadi momentum bagi Kapolsek untuk memperkenalkan diri dan membangun hubungan yang baik dengan para staf yayasan agar memperkuat kemitraan antara pihak kepolisian dan yayasan.


Kepedulian dan kegiatan sosial yang dilakukan oleh Kapolsek, Ibu Kapus dan anggota kepolisian setempat sangat diapresiasi oleh staf dan relawan Yayasan ODGJ. Mereka sangat berharap kerjasama seperti ini dapat berlanjut di masa depan.


"Kami sangat terbuka untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk kepolisian, untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi para ODGJ," kata salah seorang relawan Yayasan ODGJ.


Kegiatan ini adalah bagian dari upaya Kepolisian untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dan memberikan dukungan bagi mereka yang membutuhkan. Diharapkan, aksi positif ini dapat menjadi contoh bagi pemangku kepentingan lain dalam menghadapi berbagai tantangan dalam masyarakat.[Akt-002/Agi].



SERANG - aktualinvestigasi.com | Personil Polsek Kopo Polres Serang Polda Banten melaksanakan Sistem Pengamanan Markas Komando (Sispam Mako), Rabu  (03/05/2023) Malam.


Kapolres serkab AKBP Yudha Satria, S.H., S.I.K. melalui Kapolsek Kopo IPTU Satibi, M.H. Mengatakan, kegiatan Sispam Mako dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan atau gangguan keamanan yang datang dari luar mako.


“Sispam Mako dilakukan untuk mengantisipasi tindak kejahatan atau gangguan keamanan yang dapat memicu terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terhadap mako polsek dan sekitar mako,” ujarnya.


Menurutnya, personil harus selalu siap siaga di setiap waktu, baik siang maupun malam, untuk mengantisipasi ganguan keamanan.


“Kita tidak tau kapan dan dimana bisa terjadi. Akan tetapi dengan kita selalu menerapkan SOP penjagaan Mako. Insya Allah bisa meminimalisir kejadian yang tidak kita inginkan,” ujarnya.


Kapolsek menegaskan, personil yang piket selalu ditekankan untuk terus siaga dan selalu menerapkan pengamanan body sistem, yaitu saling menjaga sesama anggota piket dan peka terhadap keadaan di sekitar mako polsek dan sekitarnya.


“Selain itu, anggota juga harus selalu waspada kepada para tamu yang masuk dan keluar mako polsek. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” tegasnya.[Akt-002/Agi].

 


Kodam Jaya, Tigaraksa - aktualinvestigasi.com | Komandan Kodim 0510/Tigaraksa Letkol Arh S.S Bandjar yang diwakili oleh Kasdim 0510/Tigaraksa Mayor Inf Hendrik S menghadiri Upacara Peringatan Hari pendidikan Nasional yang dirangkaikan dengan Hari Otonomi Daerah dan Peluncuran  Gerakan Kurangi Sampah Kantor ( KURASAKAN )Tahun 2023 Tingkat Kab. Tangerang yang dipimpin langsung oleh Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar.


Upacara ini dihadiri unsur TNI- Polri dan seluruh Jajaran Forkopimda Kabupaten Tangerang termasuk para ASN serta Para Guru yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Maulana Yudha Negara JI. H. Somawinata, Tigaraksa Pusat Pemerintahan Kab. Tangerang, Selasa (02/05/2023).


Dalam sambutannya, Bupati Tangerang menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Tangerang mengucapkan Minal 'Aidin wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Dan Bathin kepada seluruh pegawai di wilayah Kabupaten Tangerang dan Selamat Hari Pendidikan Nasional kepada seluruh praktisi pendidikan khususnya yang berada di wilayah Kab. Tangerang.



” Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini, kita semua senantiasa diberikan kekuatan dan kemampuan untuk dunia pendidikan di Kabupaten Tangerang. Semoga dengan semangat terus berkarya demi kemajuan pendidikan serta mewujudkan harapan kita," ucapnya.


Selanjutnya, Bupati juga mengatakan bahwa, Kabupaten Tangerang tahun ini juga bertepatan dengan peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-27. 


"Tentunya ada beberapa hal yang harus kita pedomani serta maknai bersama sebagai seorang Abdi Negara dan juga Abdi Masyarakat untuk dapat dijadikan sebagai sebuah media untuk merefleksikan serta memperkokoh tanggung jawab dan kesadaran bersama akan amanah serta tugas untuk mewujudkan keberhasilan kita dalam menyelenggarakan Pemerintahan." terangnya.


Diakhir sambutannya, Bupati Tangerang juga menyampaikan ingin memanfaatkan kesempatan baik, untuk menggaungkan kembali Program Kurangi Sampah Kantor (KURASAKAN) sebagai salah satu program unggulan di wilayah Kabupaten Tangerang.


"Saya ingin menjadikannya sebagai satu kewajiban bagi setiap aparatur Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang untuk bisa ikut serta secara aktif mensukseskan program ini." tutupnya.


Sementara itu, Kasdim 0510/Tigaraksa Mayor Inf Hendrik S disela - sela kegiatan mengatakan, setiap tahun kita memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan tujuan untuk mengenang jasa Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara dan seluruh pejuang pendidikan yang patut kita kenang dan hargai.


"Peringatan Hardiknas dan diharapkan tidak hanya sebatas kegiatan seremonial belaka, tetapi dijadikan untuk mengintropeksi dan memikirkan ke depan semua aspek terkait penyelenggaraan pendidikan, termasuk juga Peringatan Hari Otonomi Daerah dan Peluncuran  Gerakan Kurangi Sampah Kantor ( KURASAKAN) dapat diimplementasikan ke depan dengan baik" ungkapnya.


Ditambahkan Mayor Inf Hendrik S bahwa, guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, dimana mereka dituntut menunjukan semangat kepahlawanan, semangat kesediaan dirinya untuk mencetak para generasi penerus bangsa.


“Untuk itu, Kita mendoakan para Guru, insya Allah pada saatnya mereka akan memperoleh manfaat lebih dan khususnya di Kab Tangerang akan terus maju dunia pendidikannya serta menyiapkan kader pemimpin daerah ini”, pungkas Kasdim.


Hadir di upacara tersebut, A. Zaki Iskandar B. BUS Bupati Tangerang,  H. Mad Romli S.H Wakil Bupati Tangerang, H. Kholid Ismail Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, Kombes Pol Sigit Dany Setiyono S.H, S.IK, M.Sc, Eng Kapolres Kota Tangerang, Mayor Inf Hendrik. S Kasdim 0510/ Trs, Atik Ariyosa Kasi PB3 R Kejari kab Tangerang, Drs. H. Moch Maesyal Rasyid, M.Si Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Drs. H. Agus Suryana, M.Si Kepala Dinas Perhubungan Kab. Tangerang, Para Kepala OPD Kabupaten Tangerang dan Peserta Upacara KORPRI Kab. Tangerang serta seluruh Kepala Sekolah di wilayah Kabupaten Tangerang.[akt-002/Agi].

 


Kodam Jaya, Tigaraksa - aktualinvestigasi.com | Salah satu peran penting seorang anggota babinsa dalam merangkul warga binaan yang dilakukan adalah dengan menjalin Komunikasi Sosial (Komsos) hal inilah yang menjadi motivasi dari salah satu anggota Koramil 12/Rajeg, Kodim 0510/Tigaraksa Sertu Edi Marsa Babinsa 1 Desa jambu karya dalam melakukan pendekatan kepada warga binaanya.


Dalam komsos ini, Sertu Edi Marsa bersama anggota Binamas Polsek Rajeg Bripka Wirman dan perwakilan masyarakat yang bertempat di halaman Kantor Kecamatan

Rajeg, RT 04/RW 02 Ds. Jambu karya, Kec Rajeg Kab.Tangerang, Selasa  (02/05/2023) guna membahas tentang kamtibmas di wilayah Kecamatan Rajeg khususnya di Desa Jambu Karya.


Disampaikan Sertu Edi Marsa, terciptanya kamtibmas perlu peran serta semua elemen masyarakat, dengan demikian akan terjaga kestabilan keamanan lingkungan yang kondusif.


"Untuk menjaga keamanan lingkungan, warga harus lebih aktif lagi dengan kegiatan Pos Kamling sebagai sarana antisipasi masuknya orang - orang yang tidak bertanggung jawab dan menghindari tindakan yang dapat merugikan bagi masyarakat."ujarnya.


Sementara itu, Danramil 12/Rajeg Kapten Inf Sutrisno, mengatakan, kegiatan yang dilakukan babinsa di wilayah binaan masing - masing dalam rangka memperkokoh Kemanunggalan TNI Rakyat. 


"Komsos ini, banyak sekali yang dapat dilakukan dan dihasilkan yang bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri." jelas Danramil.


Menurut Kapten Inf Sutrisno, di setiap pelaksanaan komsos, para Babinsa dapat membahas dan menyampaikan himbauan hal - hal positif serta keluhan di wilayah binaannya. Tak hanya itu komsos ini juga salah satu bagian dari implementasi 8 wajib TNI. [akt-002/Agi].

 


Kodam Jaya, Tigaraksa - aktualinvestigasi.com | Dalam rangka memperingati hari buruh Se dunia (may day) Forkopimda Kabupaten Tangerang yang terdiri dari Pemda Kabupaten Tangerang yang di pimpin Bupati Tangerang A Zaki Iskandar, Kodim 0510/Tigaraksa Letkol Arh S.S. Bandjar dan Polresta Tangerang Kombespol Sigit Dany Setiyono melakukan pertandingan sepak bola dengan buruh. Pertandingan di gelar di stadion mini Cikupa, Jalan Pemda Tigaraksa Budi Mulya, Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang, Rabu (03/05/2023).


Tergabung dalam tim kesebelasan Forkopimda A Zaki Iskandar Bupati Tangerang, H Madromli Wabup Tangerang, Kombes Pol Sigit Dany Setiyono ,Kapolresta Tangerang, Letkol Arh S.S. Banjdar Dandim 0510/Tigaraksa, AKBP Indra Mardiana, Wakapolresta Tangerang, Rudi Maesyal Rasyied Sekda Kab.Tangerang, Rudi Hartono Kadisnaker Kabupaten Tangerang.



Sebelum bertanding dalam sambutanya Bupati Tangerang A Zaki Iskandar mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, OPD Polresta Tangerang, Kodim 0510/Tigaraksa dan Rekan Serikat Buruh Kabupaten Tangerang. Khususnya Kadisnaker yang jadi tuan rumah penyelenggara. 


"Masih memasuki bulan Syawal, Saya mengucapkan mohon maaf lahir batin kepada semua yang hadir. Kepada rekan-rekan buruh saya ucapkan Selamat menyambut hari Buruh Internasional. Minggu ini merupakan rangkaian hari Peringatan Hari Buruh Internasional diawali dengan kegiatan Pertandingan Sepakbola, nantinya dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan lain masih dalam rangkaian Peringatan Hari Buruh," ujarnya.


Sementara, Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh S.S. Bandjar mengajak menciptakan suasana nyaman. "Mari kita ciptakan bersama-sama  rasa aman dan nyaman di wilayah kita. Dengan mengisi serta mengikuti rangkaian acara untuk memperingati Hari May Day Internasional tahun ini,Saya berpesan untuk senantiasa menjaga Sportifitas dalam pelaksanaan kegiatan. selamat bertanding," katanya.[akt-002/Agi].

 


Kodam Jaya, Tigaraksaaktualinvestigasi.com | Anggota Koramil 09/Mauk Serka Yudistira Babinsa Jati Waringin bersama Bhabinkamtibmas melaksanakan monitoring kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) dalam rangka Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 di Wilayah Koramil 09/Mauk, Kodim 0510/Tigaraksa.


Pelaksanaan FKP sesuai Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 5001.2/1976/SJ, 2023. dan Pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi dan dilaksanakan di Aula Desa Jati Waringin, Ds, Jati Waringin, Kec. Mauk, Kab.Tangerang, Rabu (03/05/2023).


Dikatakan Babinsa Serka Yudistira bahwa kegiatan Forum Konsultasi Publik untuk melakukan pendataan sebagai lanjutan dari pendataan awal reg sosek yang telah dilakukan, dimana ini berkaitan dengan program pengentasan kemiskinan khususnya di wilayah Kec Mauk.



"Karenanya diharapkan para RT dapat mendata warga yang kurang mampu dan jangan sampai terlewatkan untuk menerima bantuan dari pemerintah Ds jati waringin nantinya." kata Babinsa.


Ditempat terpisah,Danramil 09/Mauk Kapten Inf Dwi Saputro menyatakan, kegiatan FKP ini sangat penting, karena berkaitan dengan program pengentasan kemiskinan.


Dikatakan Danramil, semoga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar dan Koramil 09/Mauk Kodim 0510/Tigaraksa mendukung dan menyukseskan kegiatan FKP regsosek karena untuk kepentingan masyarakat luas.


"Semoga data yang dihasilkan dapat diolah yang selanjutnya akan diverifikasi dan didiskusikan melalui FKP di masing-masing kelurahan dengan melibatkan Ketua RW, Ketua RT, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan tokoh masyarakat setempat dengan Lurah sebagai Fasilitator." jelasnya.


Untuk itu, kata Danramil bahwa permasalahan saat ini tidak hanya pengentasan kemiskinan akan tetapi juga mengatasi munculnya kemiskinan ekstrem. 


"Guna mencegah hal tersebut, melalui FKP regsosek, diharapkan didapat data terintegrasi dan akuntabel, sebagai penentu arah kebijakan dalam menyusun program pengentasan kemiskinan ke depan oleh pemerintah."pungkasnya.


Hadir dalam giat tersebut, Hasan Bahri Kades Jati Waringin, Sawfudin A Sekdes Jati Waringin, Serka yudistira Babinsa Jati Waringin, Brigadir A. Fahrudin Bhabinkamtibmas,  Ahmad Bahdari Admin BPS Jati Waringin, Ahmad Aliyudin Aspas 1 ( Asisten fasilitator jc Mauk ), Endi Parta suanda Aspas 2 kc mauk, Para Jaro desa  jati waringin dan Ketua RT/RW Desa  jati waringin.[akt-002/Agi].



Cilegon, Banten - aktualinvestigasi.com | Komandan Korem (Danrem) 064/MY , Brigjen TNI Tatang Subarna , beserta Kasrem 064/MY Kolonel Inf Nurkhan, Kasi Ren Korem 064/MY, Kasi Pers Korem 064/MY, Dandim 0623/Cilegon, Dandenkesyah Serang, Setda Kota Cilegon, Ketua Komisi IV DPRD Cilegon, Kepala Beppeda Kota Cilegon, Kadis PUPR Cilegon mengikuti vicon Rakornis TMMD 116 di Aula Baluwarti Makorem 064/MY, Kota Serang. Rabu (03/04/2023).


Rakornis TMMD Ke-116 TA 2023 kali ini dipimpin oleh Aster Kasad, Mayjen TNI Mochammad Hasan dari Mabesad, Jakarta. Rapat ini juga diikuti para Bupati/Walikota beserta Forkopimda dan Kepala Bappeda serta para Danrem dan Dandim yang wilayahnya masuk dalam Program TMMD Ke-116 TA 2023.



Aster Kasad, Mayjen TNI Mochammad Hasan selaku Pati Bidang Perencanaan Penanggung Jawab Operasi (PJO) TMMD menyampaikan bahwa, Rakornis TMMD merupakan rangkaian kegiatan yang mengawali pelaksanaan TMMD dalam setiap tahapannya.


Rakornis TMMD sebagai wahana untuk melaksanakan koordinasi dan berkomunikasi langsung dengan Staf PJO TMMD, Kemen/LPNK dan pejabat Daerah yang akan melaksanakan Program TMMD di wilayahnya.


Program TMMD sudah dilaksanakan selama 43 tahun, mulai tahun 1980 dikenal dengan sebutan ABRI Masuk Desa atau AMD dan pada saat reformasi bergulir sebutannya menjadi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).


Aster juga mengatakan bahwa, TMMD bukan domain dari TNI semata, melainkan program bersama semua komponen Bangsa yang terkoordinasi dan terkoordinir yang dilaksanakan secara bergotongroyong, bahu membahu antara TNI/Polri, Kementerian/LPNK, Pemerintah di daerah


beserta komponen masyarakat demi terwujudnya akselerasi pembangunan di wilayah. TMMD dilaksanakan secara rutin sebanyak 3 kali dalam setahun.


Seperti kegiatan TMMD sebelumnya, Aster Kasad juga menyampaikan bahwa, pada pelaksanaan TMMD Ke-116 juga akan dilaksanakan Lomba Karya Jurnalistik, yang akan diikuti oleh para Dansatgas TMMD dan para Wartawan cetak, online dan elektronik baik nasional maupun daerah.


“Untuk itu, kepada para Dansatgas yang di lapangan agar mempedomani ketentuan dan tujuan dilaksanakannya Lomba Karya Jurnalistik (LKJ).  Publikasikan kegiatan TMMD Ke-116 TA 2023 secara massif,” pungkas Mayjen TNI Mochammad Hasan.


Sementara itu Danrem 064/MY usai mengikuti Rakornis menyampaikan Untuk di Korem 064/MY sendiri, kali ini Kodim 0623/Cilegon menjadi pelaksana TMMD ke 116 di Kelurahan Cikerai Kecamatan Cibeber sehingga pejabat Forkopimda Kota Cilegon juga hadir di acara Rakornis secara virtual


“Vicon ini untuk menyamakan persepsi tentang berbagai program pemerintah yang dapat disinergikan melalui TMMD ke 116 yang akan dilaksanakan mulai pada tanggal 10 Mei s.d. 8 Juni 2023  mendatang,” terang Danrem


Lebih lanjut Danrem 064/MY mengatakan TMMD merupakan salah satu solusi bagi Pemda untuk menjawab aspirasi kebutuhan masyarakat saat ini. Dan TMMD pula merupakan wadah instansi lintas sektoral untuk bergotong-royong serta meningkatkan soliditas dalam pengabdian meningkatkan kesejahteraan masyarakat


Berkaitan dengan publikasi/pemberitaan pelaksanaan TMMD ke 116 Kodim 0623/Cilegon melalui media massa, Danrem meminta agar segenap stakeholder di Kota Cilegon dapat mensupport setiap jengkal pelaksanaannya sehingga pembangunan infrastruktur, SDM, dan gotong-royongnya, agar diketahui juga khalayak umum baik lokal maupun nasional.


" Yang utama adalah bagaimana kemanunggalan TNI dengan rakyat dapat diketahui umum saat pelaksanaan TMMD itu sendiri,” pintanya.[Akt-002/Agi].


Diberdayakan oleh Blogger.