Aktualinvestigasi.com|Lebak| Dalam upaya menjaga kamtibmas selalu kondusif dan aman serta untuk mengetahui situasi dan kondisi terkini yang ada di wilayah Desa binaannya. Sekaligus sebagai sarana silaturahmi dengan berbagai elemen yang ada di masyarakat.


Seperti yang di lakukan Bhabinkamtibmas Polsek Malingping Brigadir Togu untuk terpeliharanya Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Desa binaannya, terus melakukan upaya seperti sambang dialogis untuk memberikan himbauan kamtibmas di Desa Cilangkahan Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak. Selasa (16/05/2023).


Kapolres Lebak AKBP Wiwin Setiawan,S.I.K.,M.H melalui Kapolsek Malingping AKP Sugiar Ali Munandar,S.H mengatakan dirinya terus memotivasi para Bhabinkamtibmas agar optimalkan imbauan terkait situasi kamtibmas di Desa binaannya masing masing.


“Disamping itu juga dengan keberadaan Bhabinkamtibmas diharapkan bisa memberikan rasa aman serta mengurangi dan meminimalisir adanya pelaku tindak kriminalitas.”pungkasnya.


Kegiatan sambang warga Desa binaan dan dialog tersebut menurut Brigadir Togu sangat penting dan efektif bisa bertemu langsung dengan warganya sehingga bisa menemukan informasi-informasi yang berkembang di lingkungan masyarakat Desa binaan terkait perkembangan situasi Kamtibmas.


"Kami sampaikan kepada warga Desa binaan untuk segera melaporkan kepada aparat keamanan apabila mengetahui adanya tindak kejahatan di lingkungannya," kata Brigadir Togu.


Kegiatan sambang kepada warga dan dialog yang dilakukan oleh petugas Bhabinkamtibmas untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat terutama warga binaannya.RED/AI-01/Rsk


Aktualinvestigasi.com

 


Aktualinvestigasi.com|Lebak|Dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat personil Polsek Cirinten Polres Lebak hadiri pelaksanaan kegiatan FKP (Forum Konsultasi Publik) pendaftaran awal Regsosek 2023 "satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat" Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, kegiatan tersebut dilaksanakan bersama TNI dan Kepala Desa, bertempat Aula Kantor Desa Karanungal, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak Banten. Selasa (16/05/2023).


 Pada pelaksanaan kegiatan FKP hadir personil Polsek Cirinten Polres Lebak Brigadir Rendi A (Bhabinkamtibmas Binmas), Serda Sahrul (Babinsa Koramil Bojongmanik), 1. Marno ( Fasilitator)

2. Maemunah (Asisten Fasilitator )

3.  Udin (Administrator) 

4.  Mumun ( Administrator )

5. PRADES Karangnunggal

6. SERDA Sahrul ( BABINSA )

7. Tokoh Masyarakat

8. Ketua RT 01, RT 02, RT 03, RT 04, RT 05, RT 06, RT 07, ketua RW 01, 02.


Sansang selaku pasilitator membuka kegiatan FKP, kemudian cara-cara pengisian data yang ditujukan kepada para Ketua RT selaku SLS (Satuan Lingkungan Setempat) diterangkan dan dipandu oleh Aspas-1 dan Aspas-2.


"Kapolres Lebak AKBP Wiwin Setiawan S.I.K. M.H., melalui Kapolsek Cirinten IPTU Agus S  mengatakan"bahwa benar hari ini , di Aula kantor Desa Karanungal,  berdasarkan surat undangan Kepala Desa Kepala Desa Karanungal Bpk Marno, ada kegiatan FKP (Forum Konsultasi Publik) pendataan awal Regsosek 2023,"Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat" Kabupaten Lebak, Provinsi Banten." Ucapnya.


Kapolsek Cirinten IPTU Agus S  menyampaikan bahwa kehadiran Polri dikegiatan tersebut dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban pada pelaksanaan kegiatan FKP di Desa Karanungal." Ujar Iptu Agus.


Kegiatan tersebut juga merupakan kegiatan 3 pilar antara Polri,TNI dan Kepala Desa untuk mensukseskan kegiatan BPS pada pelaksanaan FKP di Desa Karanungal.


Harapan Kapolsek dengan hadirnya Polri dikegiatan ini, mudah-mudahan kegiatan FKP di Desa Karanungal, Kecamatan Cirinten Kabupaten Lebak, dapat berjalan aman,tertib dan lancar tidak ada kendala suatu apapun." Tutupnya. RED/AI-01/Rsk


Aktualinvestigasi.com



Serang,  Banten - akualinvestigasi. Com |

Kasrem 064/MY Kolonel Inf Nurkhan memimpin jalannya ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ciceri, Makan Sultan Maulana Yusuf dan Makam Sultan Hasanudin, Selasa (16/05/2023).


Ziarah tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kodam III/Siliwangi Ke dan HUT Korem 064/MY Ke 


Ziarah diawali dengan peletakan karangan bunga oleh Kolonel Inf Nurkhan di Tugu Makam Pahlawan lalu dilanjutkan dengan tabur bunga oleh jajaran Korem 064/MY.


Selain itu Kasrem 064/MY dan rombongan juga turut menabur bunga di Makam Sultan Maulana Yusuf dan Makan Sultan Hasanudin


Kasrem 064/MY Kolonel Inf Nurkhan  pada kesempatan tersebut mengatakan, ziarah ini dalam rangkaian kegiatan menyambut  HUT Kodam III/Siliwangi ke 77 dan HUT Korem 064/MY ke 57.


" Ini adalah tradisi yang bagus. Tadi kami ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Makam Sultan Maulana Yusuf dan Sultan Hasanudin Ini adalah tradisi untuk mengingatkan bagi kita untuk mengerti dan memahami perjuangan para pahlawan kita," kata Kolonel Inf Nurkhan.


Kolonel Inf Nurkhan selain itu acara tersebut bertujuan untuk mengenang jasa para Pahlawan Kusuma Bangsa yang telah rela mempertaruhkan jiwa dan raganya dalam merebut kemerdekaan RI yang kita cintai ini.


" Sudah sepatutnya, kita sebagai generasi penerus meneladani semangat juang dan rela berkorban para pahlawan, dalam mewujudkan harapan dan cita-cita bangsa Indonesia yang kita cintai bersama "  tandas Kasrem


Acara ziarah juga di ikuti oleh Para Kasi Korem 064/MY, Kabalak Jajaran Korem 064/MY, Dandim 0601/Pandeglang, Kasdim 0602/Serang, Kasdim 0603/Lebak, Kasdim 0623/Cilegon dan Persit Koorcab Rem 064 PD III/Siliwangi. [Akt-002/Agi] .

 

Aktualinvestigasi.com|Jakarta|Kejaksaan Agung (Kejagung) bersinergi bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka menghitung kerugian keuangan negara kasus korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020 sampai dengan 2022. Hasilnya, kerugian negara dalam pekara tersebut mencapai Rp 8,32 triliun lebih.


“Tentunya kami setelah final hitungannya kami akan tindaklanjuti ke tahap penuntutan,” tutur Jaksa Agung ST Burhanuddin di Kejagung, Jakarta Selatan, Senin (15/5/23).


Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh menambahkan, pihaknya memang menerima permintaan dari pihak Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung pada 31 Oktober 2022 lalu untuk menghitung kerugian keuangan negara dalam kasus korupsi BTS 4G BAKTI Kominfo.


“Berdasarkan semua yang kami lakukan dan berdasarkan bukti yang kami peroleh maka kami menyimpulkan kerugian keuangan negara sebesar 8.032.084.143.795,” kata Ateh.


Menurut Ateh, dalam proses menghitung kerugian keuangan negara, BPKP melakukan audit, verifikasi pihak terkait, dan observasi fisik beberapa lokasi, termasuk mempelajari pendapat ahli. 


“(Kerugian keuangan negara) terdiri dari biaya penyusunan kajian pendukung, mark up harga, dan pembayaran proyek BTS yang belum terbangun,” ujar Ateh .


Sementara Jaksa Agung ST Burhanuddin menegaskan perkara korupsi BTS ini tidak selesai dengan penetapan lima orang tersangka karena jika ada bukti baru, pihaknya akan menindaklanjuti dengan menggali potensi tersangka lainnya.


Hasil perhitungan sudah final, setelah final kami akan tindak lanjuti ke tahap penuntutan," kata Burhanuddin.


Sebelumnya pada Selasa (2/5), penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung RI telah melimpahkan tahap II tersangka beserta barang bukti kepada jaksa penuntut umum Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan untuk segera disidangkan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.


"Adapun Pelimpahan tahap II ini untuk tiga tersangka, yakni Anang Achmad Latif (AAL) selaku Direktur Utama BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika, Galubang Menak (GMS) selaku Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia, dan Yohan Suryanto (YS) selaku tenaga ahli Human Development (HUDEV) Universitas Indonesia Tahun 2020.


Dalam perkara ini, total ada lima orang tersangka. Untuk dua tersangka lainnya, yakni Mukti Ali (MA) dari PT Huwaei Technology Investment dan Irwan Hermawan (IH) selaku Komisaris PT Solitchmedia Synergy masih dalam proses pemberkasan.


Babak baru kasus korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Tahun 2020-2022.


3 tersangka kasus korupsi BTS 4G BAKTI Kominfo segera disidangkan.


Ketiga tersangka tersebut adalah mantan Direktur Utama BAKTI Anang Achmad Latif (AAL), Yohan Suryanto (YS), dan Galubang Menak (GMS).


Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana menyampaikan bahwa penetapan tersangka yang terbaru dilakukan pada Senin, 6 Februari 2023. Dia adalah Irwan Hermawan (IH) selaku Komisaris PT Solitech Media Sinergy.


“Untuk mempercepat proses penyidikan, Tersangka IH dilakukan penahanan di Rumah Tahanan Negara Salemba Cabang Kejaksaan Agung selama 20 hari terhitung sejak 6 Februari 2023 sampai dengan 25 Februari 2023,” tutur Ketut dalam keterangannya, Kamis 9 Februari 2023.


Adapun peranan dari Irwan Hermawan yakni bahwa sebagai Komisaris PT Solitech Media Sinergy telah secara melawan hukum bersama-sama melakukan permufakatan jahat dengan tersangka AAL untuk mengkondisikan pelaksanaan pengadaan BTS 4G pada BAKTI Kominfo sedemikian rupa, sehingga mengarahkan ke penyedia tertentu yang menjadi pemenang dalam paket 1, 2, 3, 4 dan 5.


Empat tersangka lainnya adalah Mukti Ali (MA) selaku Account Director PT Huawei Tech Investment. Saat keluar dengan rompi tahanan, tidak ada keterangan yang disampaikannya kepada awak media.


"Bersama-sama dengan AAL melakukan permufakatan jahat konspirasi sehingga PT Huawei masuk konsorsium," tutur Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung Kuntadi di Kejagung, Jakarta Selatan, Selasa 24 Januari 2023.


Kemudian Anang Achmad Latif (AAL) selaku Direktur Utama BAKTI Kominfo, Galumbang Menak S (GMS) selaku Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia, dan Yohan Suryato (YS) selaku Tenaga Ahli Human Development Universitas Indonesia (Hudev UI) Tahun 2020.


Peran Tersangka:

Diketahui, Anang Achmad Latif dijerat karena diduga sengaja mengeluarkan peraturan yang telah diatur sedemikian rupa untuk menutup peluang para calon peserta lain sehingga tidak terwujud persaingan usaha yang sehat serta kompetitif dalam mendapatkan harga penawaran.


"Hal itu dilakukan dalam rangka untuk mengamankan harga pengadaan yang sudah di mark-up sedemikian rupa," kata Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana kepada wartawan, Rabu 4 Januari 2023.


Sementara Galumbang Menak S secara bersama-sama memberikan masukan dan saran kepada Anang Achmad Latif ke dalam Peraturan Direktur Utama yang dimaksudkan untuk menguntungkan vendor dan konsorsium serta perusahaannya sebagai salah satu supplier salah satu perangkat.


Sedangkan Yohan Suryato diduga memanfaatkan Hudev UI untuk membuat kajian teknis yang dibuatnya sendiri. Kajian teknis dalam rangka mengakomodir kepentingan Anang Achmad Latif untuk dimasukkan ke dalam kajian sehingga terjadi kemahalan harga pada OE.


"Selain itu, pada hari ini dalam rangka untuk memperkuat penyidikan, tim penyidik juga melakukan upaya penggeledahan di empat lokasi berbeda yang merupakan tempat tinggal para tersangka," ujar Ketut.


Mereka disangka melanggar Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 juncto Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. RED/AI-01/Rsk.


Aktualinvestigasi.com

 


CILEGON,- akualinvestigasi.Com | Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 Kodim 0623/Cilegon mulai melaksanakan kegiatan sasaran non fisik. 


Di mana di hari keenam usai dilakukan upacara pembukaan TMMD, Selasa (16/5), dilaksanakan penyuluhan kesehatan dan pelayanan posyandu.


Kegiatan tersebut digelar di Kampung Bentola, Kelurahan Bulakan, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon dan dihadiri oleh 30 ibu-ibu yang membawa anak balitanya.


Dandim 0623/Cilegon melalui Dan SSK Satgas TMMD Kodim 0623/Cilegon, Kapten Inf Ahmad Yani mengatakan bahwa sasaran non fisik tidak kalah pentingnya dengan sasaran fisik.


"Apalagi dalam kegiatan hari ini kan sasarannya adalah ibu dan anak balita di mana kesehatan mereka sangat penting karena anak yang lahir merupakan calon-calon penerus bangsa," katanya.


Pria yang juga menjabat Danramil 2306/Mancak tersebut mengungkapkan dalam kegiatan itu dihadirkan dua orang Bidan dari Puskesmas Cibeber, 3 orang kader di wilayah Kelurahan Bulakan dan tim kesehatan Satgas TMMD.


"Alhamdulillah sangat bersyukur kegiatan hari ini berjalan lancar. Harapan kami tentu kegiatan yang kami laksanakan ini dapat bermanfaat langsung untuk masyarakat," pungkasnya.


Diketahui, kegiatan Posyandu dan penyuluhan kesehatan itu ditutup dengan pembagian sembako dari Baznas Kota Cilegon.[Akt-002/Agi].

 


Kodam jaya, Tigaraksa - akualinvestigasi.Com | Puncak penanaman Mangrove Nasional serentak bersama TNI, Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh S.S. Bandjar bersama Forkopimda menanam 5000 bibit mangrove di Taman Mangrove Urban Akuakultur Kampung Pelelangan Desa Ketapang, Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang, Senin (15/05/2023).


Penanaman pohon mangrove ini sudah berjalan sejak tahun 2014 dan sudah tertanam sekitar kurang lebih 430 ribu pohon yang mana tergelar pada seluas 1200 Ha mulai dari wilayah Kosambi sampai dengan kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang.


Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh S.S. Bandjar yang hadir dalam penanaman tersebut mengatakan, selain itu juga kegiatan penanaman mangrove ini guna untuk menjaga ekosistem lingkungan hidup air laut maupun dapat berguna menahan abrasi dari ombak besar air laut.


"Program penanaman mangrove ini  merupakan program Nasional Pemerintah dan TNI, Kami bersama jajaran TNI dan Forkopimda Kabupaten Tangerang menanam mangrove hari ini secara serentak di 37 provinsi,dengan diawali virtual bersama bapak Presiden RI Jokowi." ujarnya".


Turut hadir dalam kegiatan, AKBP Indra Mardiana, SH, S.IK, M.Si Wakapolresta Tangerang, Drs. H. Achmad Taufik, M.Si Kadis DLHK Kabupaten Tangerang, Kapten Inf. Arja Pasiter Kodim 0510/Tigaraksa, AKP Nurjaman, SH Kasat Samapta, AKP Bambang Sutrisno, SH, MH Kasi Propam, Kapten Inf. Dwi Saputro Danramil 09 Mauk, AKP Irfan Abdul Gofar, S.IK Kapolsek Pasar Kemis,, AKP Yono Taryono, SH Kapolsek Mauk, AKP Kasimun Kapolsek Rajeg, Iptu Maskuri, SH KBO Sat Binmas Polresta Tangerang, Saepul Anwar, S.Sos, M.Si Sekcam Mauk, Ahmad Satibi Ketua Karang Taruna Kecamatan Mauk, Ust. Balawi Ketua MUI Kecamatan Mauk, Ibu. Ratna Pengurus Vihara Tjo Soe Kong Tanjung Kait, Pelajar SMAN 2 Kabupaten Tangerang dan Warga Kampung Pelelangan Desa Ketapang Kecamatan Mauk.


(Sumber kodim 0510/Tigaraksa).[Akt-002/Agi].

 


Kodam jaya,Tigaraksa,- akualinvestigasi.com | Danramil 01/Teluk Naga ikuti puncak penanaman mangrove nasional secara serentak bersama jajaran TNI, yang diselengarakan di seluruh indonesia oleh presiden RI .


Di laksanakan juga di wilayah Mangrove Center pesisir tanjung pasir,Desa Tanjung Pasir,Kecamatan Teluknaga,Kabupaten Tangerang.Senin (15/5/2023) Pukul 16 :00 wib sore.


Kegiatan yang di ikuti TNI AU Satrudal lll Posal Latamal lll Tanjung Pasir,Polres Metro Tangerang Kota,Polsek Teluknaga,Kecamatan Teluknaga dan Desa Tanjung Pasir serta organisasi KNPI Kecamatan Teluknaga.


Danramil 01/ Teluknaga Kapten Arm T Sigit Wibowo  mengatakan Tanam mangrove serentak perintah bapak Presiden dan Panglima TNI agar seluruh jajaran TNI ikut serta dalam menanam mangrove serentak.


"Dengan tujuan agar kita terus bisa menjaga lingkungan mangrove, sehingga habitat yang biasa hidup di pohon mangrove tetap lestari,"Ujar Danramil.


Lebih lanjut danramil menuturkan di samping kita menanam mangrove kita pun ikut Vicon dengan presiden republik indonesia,"Tungkas danramil.


Hadir dalam kegiatan tanam mangrove,Letkol Lek M,Suarna Hasal,M,Han Dansatudral lll Teluknaga,Wakapolres Tangerang Kota AKBP Bambang Yudhantara,Danramil 01/ Teluk Naga Kapten Arm T Sigit Wibowo,Kapolsek Teluknaga Akp Timan,Wadanposal Tanjung Peltu Eko Waskito,

Secam Kecamatan Teluknaga Riski Rizana Fahzi,Kepala Desa Tanjung pasir Arun S.ip,Wakapolsek Teluknaga Iptu Wayan,Ketua KNPI Kecamatan Teluknaga Ahmad Akbar Muafan.


(Sumber Kodim 0510/Tigaraksa).[Akt-002/Agi] .

Aktualinvestigasi.com|Carita Pandeglang Banten| Tiga (3) kali berturut turut Ratusan Warga serta Aliansi Pemuda Desa Cinoyong mendatangi Polsek Carita meminta Aparat Kepolisian Polsek Carita Menangkap Para Tersangka Pengeroyokan. Laporan Pertama membuat Laporan di Polsek Carita Polres Pandeglang di lakukan Korban Kunen' sapaannya, warga Desa Cinoyong Kecamatan Carita di dampingi Orang Tua Korban.


Orang Tua Korban Pengeroyokan merasa  Anaknya seperti Tersangka',  karena Beberapa kali di Panggil ke Polsek Carita, ungkapnya. Seharusnya Kepolisian Sektor Carita yang di Pimpin Inspektur Polisi Satu Darsiti SH mendatangi Korban di karenakan masih dalam Pengobatan dan Penyembuhan. Luka di kepala serta sekujur tubuh lehernya Kunen'masih banyak bekas Kekerasan, Kepala Bocor masih basah terlihat. Adapun hasil Visum dari Puskesmas Carita telah di ambil Pihak Polsek Carita.


Laporan Polisi : LP/ 13 / IV / 2023 /Polsek Carita / Polres Pandeglang menyebutkan Terjadinya Tindak Pidana Penganiayaan dan atau Pengeroyokan Pasal 351 Jo 170 KUHP. Surat Pemberitahuan Hasil Penyelidikan ( SP2HP) Nomor : B.18/ .b/IV/2023/ Reskim Tanggal 02 dan 10 April 2023 Sudah Dua (2) kali di lakukan Warga dan Aliansi Pemuda Desa Cinoyong di Polsek Carita Polres Pandeglang menanyakan Perkembangan Kasus Tersebut.


Tidak di tahannya Tiga (3) Tersangka Imam, Jaji, serta Sobri dI waktu Pelaporan Pertama oleh Polsek Carita sangat di Sayangkan Keluarga Korban dan Warga serta Aliansi Pemuda Desa Cinoyong. Padahal para Pelaku Pengeroyokan berada di rumah mereka sehabis kejadian tersebut, ungkap Keluarga Korban dan Warga serta Aliansi Pemuda Desa Cinoyong Kp Cibugel Rt 003 Rw 002 Kecamatan Carita.


Tuntutan Warga serta Aliansi Pemuda Desa Cinoyong Kp Cibugel Carita hanya menginginkan Kepolisian Sektor Carita Menangkap para Pelaku Pengeroyokan, Tapi sangat di sesalkan kenapa Kepolisian Sektor Carita Polres Pandeglang berdiam diri, seakan Semua Masalah ini Sudah Selesai , kata Pembicara Aliansi Pemuda Desa Cinoyong, Kp Cibugel Kecamatan Carita dan Perwakilan Warga serta Orang Tua Korban.



Di Mana Keadilan di Negeri ini akan berubah jika Oknum Kepolisian di Sektor Carita menganggap Sebuah Masalah Gampang di Selesaikan dengan Kata Kata Tampa Adanya Suatu Tindakan, Pencarian, Penangkapan serta Penahanan Para Tersangka. Aliansi Pemuda Desa Cinoyong serta Warga dan Orang Tua menginginkan Duduk di Bangku Satu Meja agar Tidak Adanya Masalah Berkelanjutan, tutup Aliansi Pemuda Desa Cinoyong Bayu dan Ifan.

RED/AI-01/Rsk


Aktualinvestigasi.com

Diberdayakan oleh Blogger.