Tangerangakualinvestigasi.com |  Proyek Pemeliharaan Normalisasi Saluran Irigasi di Desa Waliwis Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang, diduga di sulap menjadi proyek di bangun secara sepanyol alis separo nyolong, Minggu (28/05/2023).


Pasalnya kegiatan tersebut begitu banyak pertanyaan mulai dari pemasangan batunya di tumpang di atas tanah dan di duga volume nya menuai banyak kritikan dari para LSM Melihat dari papan proyek, Kegiatan tersebut berasal dari Anggaran APBD Kabupaten Tangerang.



Sumber anggaran tersebut berasal dari APBD, Kabupaten Tangerang, yang di kerjakan CV DANIAL PUTRA, dengan ANGGARAN: RP. 99.288,865.00; WAKTU PELAKSANAAN: 30 HARI KALENDER


Menurut yang di amati Cecep Rohana, Selaku Ketua DPW LSM APKAN-RI Banten,” Kegiatan Pemeliharaan Normalisasi Saluran Irigasi tersebut, sudah jelas diduga bergaya sepanyol alias Separo Nyolong (Sepanyol) pasalnya dari hasil investigasi kami banyak sekali kecurangan yang dilakukan oleh pelaksana kegiatan,” Ucap Cecep Rohana Selaku Ketua DPDW LSM APKAN-RI


Kemudian kami melihat dari segi pasangan batunya di pasang di atas tanah dan di tempel di tanah, saya duga patut dipertanyakan seakan akan kegiatan ini Kurang pengawasan dari pihak Kecamatan dan di nilai amburadul,” jelasnya.


Untuk itu kami selaku Ketua DPD LSM APKAN-RI Banten, akan membuat Laporan Pengaduan (Lapdu) kepada Intansi terkait atas dugaan kegiatan Pembuangan Pemeliharaan Normalisasi Saluran Irigasi yang berada di Desa Waliwis, Kecamatan Mekar Baru,"tukasnya


Sampai berita ini di terbitkan pihak pelaksana dan pengawas belum bisa kami untuk di konpirmasi


(Tim)

 


AktualInvestigasi.com|Tigaraksa|"Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Tigaraksa mengelar acara rapat persiapan Rencana Kerja (RAKER). bertempat di gedung Bersama, Minggu, 28 Mei 2023.


Pada acara tersebut telah disepakati panitia pelaksana Raker sebagai berikut.

.Ketua Ahmad Hidayat, Sekretaris Badru salam, Bendahara Jueni, Seksi Acara Basuni,

Seksi perlengkapan Toto Haryanto, Humas Ust Gufron.


Ketua MUI Kecamatan Tigaraksa Ust Idrus mengatakan, Hari i ini kami mengundang pengurus MUI untuk membetuk panitia serta  mempersiapkan rapat kerja.



Ia juga menambahkan, saya berpesan kepada  Ketua komisi harus sudah mengusulkan serta mempersiapkan masing-masing  minimal 3 program untuk dibawa pada saat raker nanti.

Khususnya program kerja yang menyangkut tentang kegiatan keagamaan di kecamatan Tigaraksa.


"Nantinya para ketua komisi harus menyepakati semua program yang sudah di usulkan oleh masing - masing anggota.sehingga program kerja MUI Kecamatan Tigaraksa bisa melahirkan gagasan serta inovatif,"ucap ketua MUI.


Sementara itu Ketua Panitia Persiapan Rapat Kerja MUI Kecamatan Tigaraksa Ahmad Hidayat mengatakan, Alhamdulillah  persiapan serta pembentukan panitia Raker MUI kecamatan Tigaraksa sudah terbentuk, kami akan segera bekerja untuk mempersiapkan Segala sesuatu agar nanti pada saat Raker dapat berjalan lancar serta sukses.


"Jika tidak ada halangan kami sudah sepakat Rapat Kerja MUI Kecamatan Tigaraksa akan dilaksanakan pada tanggal 14 - 15 Juli 2023 yang bertempat di puncak Bogor,ucap Enjat Sapaan akrabnya.

RED/AI-005/Atr


Aktualinvestigasi.com

 



AktualInvestigasi.com|Kabupaten Tangerang|Viral di WhatsApp grup kecaman terhadap keberadaan perusahaan jasa penyalur tenaga kerja atau yang lebih dikenal dengan sebutan perusahaan outsourcing (OS) di PT Universal Luggage Indonesia (PT. ULI) Desa Sumur Bandung Kecamatan Jayanti Kabupaten Tangerang Banten.


Kecaman penolakan terhadap OS di perusahaan yang memproduksi tas koper itu, diserukan oleh warga yang mengatasnamakan Gerakan Warga/Masyarakat Sumur Bandung dan Seluruh Kecamatan Jayanti Bersatu, karena dinilai tak bisa mengakomodir tenaga kerja di wilayah tersebut.


Dalam tulisan yang kini tengah viral di WAG itu adalah, Kami masyarakat desa Sumur Bandung dan seluruh warga kecamatan Jayanti menolak keras adanya OS yang masuk ke PT ULI, karena selama ini, keberadaan OS di PT ULI telah banyak membuat GADUH di lingkungan dan banyak membuat SUSAH warga saja.


Selain itu juga viral seruan yang mengatasnamakan warga desa Sumur Bandung dan warga Kecamatan Jayanti. Dalam seruan itu mereka mengatakan, Bos PT ULI sibuk dan ambisi cari CUAN, kami warga yang kena imbas dan susahnya saja, OS nya kenyang dengan kuota tambal sulam, lagi lagi kami dapat imbasnya.


Menyikapi seruan kemanusiaan itu, sontak Warganet mengomentari kecaman tersebut dengan mengatakan, "tutup mata, tutup telinga, tinggal masyarakat saatnya turun tangan," ungkap dari salah satu anggota di WhatsApp grup WADAH KELUARGA BESAR yang beranggotakan 133 peserta, dikutip pada Minggu (28/5/2023).


Selain itu anggota grup juga mengatakan bahwa keberadaan OS tersebut belum maksimal mengakomodir tenaga kerja di wilayah Sumur Bandung dan Jayanti.


"Kan katanya warga juga sulit untuk mendapatkan pekerjaan, warga setempat, buktinya anak bapak juga sulit kerja nggak di fasilitasi, itu tandanya belum sepenuhnya mendapatkan," ujar anggota WKB.


Kendati ada seruan kecaman dan penolakan terhadap OS, pihak PT ULI dan juga pihak OS yang berada di lingkup Perusahaan tersebut belum dapat dikonfirmasi.


"Gaduh di lingkungan, warga sulit cari kerja, penerimaan kucing kucingan, Bos dapat Cuan dan OS Kenyang" (Red).

RED/AI-005/Atr


Aktualinvestigasi.com

 



Kab.Tangerang|AktualInvestigasi.com|"

Menyambut kedatangan para Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), yang direncanakan tiba pada Senin 29 Mei 2023, Kades Cikuya Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang bersama Perangkat Desa, Babinsa, Binamas, BPD, Kadus, Ketua RT/RW, LPM, dan Linmas, mengadakan kerja bakti massal.


Kunjungan Kades se Kabupaten Luwu Utara itu diketahui, berdasarkan surat Bupati Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan nomor 895.4/235/DPMPD yang ditanda tangani Bupati Kabupaten Luwu Utawa Indah Putri Indriani.


Kades Cikuya Ades Sapei mengatakan, kerja bakti ini untuk mempersiapkan kunjungan para Kepala Desa se Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan, ke Kantor Desa Cikuya, yang akan melakukan study banding dalam rangka meningkatkan dan menambah wawasan implementasi pengelolaan dana desa.


“Sebagai tuan rumah, kami akan melakukan persiapan-persiapan, dimulai dengan mempercantik halaman Kantor Desa dengan taman dan melakukan bersih-bersih, karena kegiatan kunjungan ini tentunya sangat penting bagi kami,” kata Kades yang akrab disapa Ade Black, Minggu 28 Mei 2023.


Ketua APDESI Kecamatan Solear ini mengaku sudah 6 hari melaksanakan persiapan-persiapan dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu kerja bakti di Kantor Desa Cikuya.


"Saya sangat berterima kasih kepada Babinsa, Binamas, BPD, Staf Desa, Para Kadus, Para Ketua RW, Para Ketua RT, dan juga LINMAS yang hari ini telah membantu melaksanakan kerja bakti massal ini. Kami berharap kegiatan besok nanti akan lancar dan sukses,” ucap Ade Black

RED-AI-005/Atr

Aktualinvestigasi.com



Lebak| Aktualinvestigasi.com|Dalam rangka memperingati HUT Kodam III/Siliwangi ke-77 dan HUT Korem 064/MY ke-57, Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna beserta rombongan Touring R2 tiba di Koramil Bayah 0315 pada hari Sabtu, 27 Juni 2023. Kedatangan mereka disambut hangat oleh Danramil Bayah Kapten Nasori, Kapolsek Bayah Iptu Samsu Riyanto, Camat Bayah Khaerudin, dan anggota Koramil Bayah.


Rombongan Touring R2 Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna terdiri dari lebih dari 100 pejabat dan anggota TNI Korem 064/MY dan Kodim 0603 Lebak. Dalam kegiatan tersebut, hadir pula sejumlah perwira tinggi, antara lain Kolonel Cba Arwan Asrib, S.E. (Kasi Log Kasrem 064/MY), Kolonel Inf Saut Batara Martua R., S.Sos (Kasi Ter Kasrem 064/MY), Letkol Chb Patiyo, S.T (Dandenhub Rem 064/MY), Letkol Caj (K) Leni Marlina (Kaajen Rem 064/MY), Mayor Cpm Santoso (Wadandenpom III/4 Serang), Mayor Cba Nurdin (Wadanden Bekang), Kapten Inf Subadi (Pasi ops korem 064/MY), Letda Inf Laode (Paurpen Rem 064/MY), serta Kapten Nasori (Danramil Bayah) dan Khaerudin (Camat Bayah).


Dalam sambutannya, Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna menjalin silaturahmi dengan anggota Koramil Bayah. Beliau menyampaikan rasa syukur bahwa seluruh anggota dalam keadaan sehat. Danrem juga memberikan perhatian terhadap infrastruktur di wilayah tersebut, yang mana beberapa akses jalan masih perlu diperbaiki. Beliau berjanji akan mengkomunikasikan kebutuhan tersebut kepada pemerintah daerah agar jalan yang kurang baik segera diperbaiki demi kelancaran perekonomian masyarakat.


Setelah bersilaturahmi dengan anggota Koramil Bayah, rombongan Touring R2 Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna akan melanjutkan perjalanan dan menjalin silaturahmi dengan anggota Koramil dan Kodim 0603 Lebak lainnya.


Dalam pengamanan kegiatan ini, Kapolsek Bayah Iptu Samsu Riyanto turut serta bersama anggota Polsek Bayah, antara lain Aipda Baihaki (PS. Kanit provos), Bripka Bayu Sagara (PS. Kanit IK), Bripka Aminudin, Bripka Agus Sofyan, Brigadir Imam Syaripudin, Brigadir Eka Trisna, dan Bripda Ari.

Kegiatan ini berlangsung hingga pukul 14.45 WIB, kemudian perjalanan dilanjutkan kembali.

Red/AI-001/Rsk


Aktualinvestigasi.com


  


Lebak|Aktualinvestigasi.com|Pembangunan Rabat beton di desa Cikaret Kecamatan Cigemblong yang kini menuai polemik, dimana kami menemukan tanda tanya. Atas pembangunan tersebut.


Setelah kami menghubungi kepala desa Cikaret melaui pesan whatsApp mengatakan bahwa pembangunan tersebut menggunakan angaran peribadi, namun setelah kami tanya kembali Pembangunan tersebut, kepala desa  mengatakan bahwa pembangunan menggunakan dana pihak kedua/suplayer. Dengan jumlah Rp. 63. 0000.000,- (Enam Puluh Tiga Juta Rupiah). Yang nantinya akan dibebankan kepada anggaran dana desa sudah turun.




Kami duga atas pembangunan tersebut tidak  mengacu pada peraturan APBDesa dimana Pembangunan harus mengacu pada perencanaan RAB (Renacana Anggaran Biaya) lantas dasarnya dari mana Pembangunan rabat beton tanpa RAB ?


Untuk itu kami selaku LSM Banten Transparansi Independen (BSPI) akan mengawal tuntas pekerjaan desa Cikaret yang diduga tidak sesuai dengan perencanaan pembangunan, terpisah Ketua Umum LSM Banten Transparansi Independen riswanto yang akrab dipanggil Bung Dewa, saat dihubungi melalui selulernya mengatakan akan menindaklanjuti dengan membuat laporan terkait adanya dugaan Pembangunan rabat beton yang ada di desa Cikaret ke APH (Aparat Penegak Hukum), karena sudah menyimpang dari peraturan pemerintah yang sudah ditetapkan, ini tidak boleh di Biarkan harus ditindak lanjuti sesuai Undang-undang yang berlaku, tegas Ketua Umum Investigasi LSM Banten Transparansi Independen (BSPI). Setelah itu awak media menghimpun percakapan kepala desa, melaui whatsapp selulernya, /Red


Aktualinvestigasi.com



Pamarayan, Serang - aktualinvestigasi.com | Bangunan kantor desa Sangiang Pamarayan menurut Sekmat Pamarayan hal tersebut sudah dikoordinasikan dengan pihak BPMD Kabupaten Serang dengan rencana yang diajukan dan Sekmat berharap dengan pengajuan tersebut bisa terlearisasi sehingga pelayanan kantor desa bisa lebih baik lagi dan para pegawai desa dan masyarakat pun tidak khawatir lagi dengan yang selalu dirasakan disaat hujan atap bocor, banjir dan tidak takut akan Kerobohan bangunan.


Sekmat pun sudah mengetahui dengan kondisi keadaan desa Sangiang yang tidak layak digunakan dan kepala desa yang sudah berkoordinasi ke kecamatan bahwa keinisiatifan kepala desa membongkar dan membangun aula baru yang sifatnya sementara sambil menunggu dari BKK Bangun Se-kabupaten Serang namun hal tersebut sampai saat ini desa Sangiang Pamarayan kabupaten Serang Provinsi Banten belum mendapatkan BKK.

Sabtu, (27/5/2023).


Nana Sasper Permana. S.IP, M.Si Sekmat Pamarayan saat diwawancarai oleh awak media hari Kamis 25 Mei 2023 mengatakan


" Terkait bangunan yang lama itu karena memang saya tau kondisinya kurang memungkinkan sering banjir disitu awalnya sehingga tidak layak untuk dipakai kemudian Adapun pak kepala desa berinisiatif untuk membongkar dan kemudian membangun yang baru kebetulan sifatnya sementara sambil menunggu yang disebut dengan BKK Bangun Se-kabupaten namun sampe saat ini kita belum dapat informasi bahwa desa sangiang itu mendapatkan BKK.


Mudah mudahan kami sudah berkoordinasi dengan pihak BPMD dan menanyakan rencananya akan diajukan, mudah mudahan pengajuan tersebut dapat terlearisasi sehingga pelayanan akan lebih baik lagi , " ungkap sekmat.


Masih bersama Sekmat " Dulu sudah diajukan hanya kuota yang terbatas, anggaran terbatas, sehingga dicari yang lebih berprioritas untuk pengajuan tahun ini mudah mudahan desa sangiang segera diajukan dan dapat persetujuan ," jelasnya.[Akt-012/Firman].



Sangiang, Pamarayan - aktualinvestigasi.com | Sungguh miris kantor desa Sangiang Pamarayan yang menjadi pelayanan masyarakat karena sudah lama ditempati dan tidak adanya perbaikan dan perhatian dari pemerintah Kabupaten Serang menjadikan kantor desa tersebut rusak, bocor dan jika hujan banjir.


Para perangkat desa yang sehari hari bekerja melayani masyarakat di saat hujan harus menerima genangan air hujan diakibatkan banjir , atap pelapon yang bocor, karena lama dibiarkan semakin lama semakin hancur yang membuat para pegawai desa takut akan adanya kerobohan dikantor desanya di Sangiang kecamatan pamarayan Kabupaten Serang Provinsi Banten.

Sabtu, (27/5/2023).



Kepala desa sangiang Sugeng Wahono dan sekaligus ketua Apdesi Kecamatan Pamarayan mengatakan pada awak media menurut kades karena sudah lelah dengan kondisi kantor desanya yang rapuh dan rusak dan dari pihak Kabupaten Serang belum ada perhatian, kades berinisiatif mengorbankan 1 unit kendaraan yang sehari hari digunakannya untuk membangunkan aula tempat sementara para pegawai bekerja agar para pegawainya merasa nyaman pada saat melayani masyarakat, selain 1 unit mobil kades pun mengeluarkan uang tabungan pribadinya untuk menambah kekurangan saat pembangunan aula tersebut padahal aula tersebut tanah milik desa akan tetapi saking kecintaanya kades kepada masyarakat dan para pegawainya kades rela berkorban beberapa harta yang dimilikinya.


Saat ini kantor desa yang lama yang sebelumnya ditempati kades dan para pegawainya kades berinisiatif membongkarnya karena lelah lama tidak adanya perbaikan dan kantor tersebut sudah tidak layak digunakan, kades berharap pada Ibu Bupati Kabupaten Serang Hj.Ratu Tatu Chasanah, S.E., M.Ak., peduli dengan apa yang saat ini dirasakan kades dan para pegawainya dan berharap bisa kembali membangunkan kantornya supaya bangus kembali agar bisa layak ditempati.



Dalam wawancaranya Sugeng Wahono selaku kades Sangiang Pada hari Kamis 25 Mei 2023 pukul 09.56 Wib.


Kades mengeluh pada wartawan yang mewawancarainya 


 " Awalnya saya menjabat tahun 2019 akhir terus ditahun 2020 kita gak punya kantor desa karena keadaan bocor dan banjir terpaksa dengan upaya pribadi dan dibantu oleh RT, RW semua swadaya masyarakat juga bangun aula disebelahnya sesudah aula terwujud itu di isi langsung oleh staf desa untuk pelayanan tetapi kantor desa yang lama itukan makin hancur, makin hancur khawatir membahayakan, khawatir nimpa temen temen yang kerja dan semua masyarakat yang datang ke kantor desa akhirnya terpaksa dirobohkan ," ungkap kades.


Kades berharap " ibu bupati kabupaten serang membangunkan dalam artian kantor desa Sangiang karena Sangiang ini perbatasan langsung dengan kabupaten Lebak yang memang kita harus benar-benar dalam hal pelayanan masyarakat tetapi kalau pun istilahnya tidak mampu dalam keadaan keuangan daerah yang divisit kami akan berupaya untuk dari dananya dari BHBRD belum maksimal makanya kita lagi berharap kepada ibu bupati dana dari mana pun entah itu hibah dari bank Jabar atau dari mana supaya terbangunnya kantor desa sangiang ," Jelas kades.[Akt-002/Agi].

Diberdayakan oleh Blogger.