AktualInvestigasi.com_Jakarta, Kejuaraan Atletik Pelajar Jakarta Barat tahun 2023 yang diadakan oleh Suku Dinas Pemuda dan Olahraga (Sudin Pora) dan PASI Jakarta Barat diikut 300 peserta dari tingkat SD, SMP dan SMA dilaksanakan di Stadion Cendrawasih, Kecamatan Cengkareng, pada Sabtu, 9 September 2023.


Dalam kejuaraan kali ini SDN Grogol 01 Jakarta Barat mengirimkan 11 atletnya yang terdiri dari 7 putra dan 4 putri untuk berlaga memperebutkan medali dibeberapa nomor yang menjadi andalannya seperti nomor lempar turbo dan nomor sprint 60 m putra.


Untuk kesekian kalinya, ekskul atletik besutan Rizki, S.Pd, Kepala Sekolah SDN Grogol 01 ini kembali berhasil mendulang 2 medali emas di nomor andalannya, masing-masing juara 1 untuk nomor lempar turbo SD Putra KU-13 atas nama Zerico Arjan Mandala dan juara 1 untuk nomor sprint 60 m atas nama Sean Nayuna Cawlan.


"Kami sangat bangga atas prestasi gemilang siswa-siswi kami yang berhasil meraih gelar juara. Keberhasilan ini adalah bukti kerja keras, dedikasi, tekad mereka untuk mencapai yang terbaik. Dan
ini juga mencerminkan kualitas pendidikan di sekolah kita," katanya saat ditemui awak media (9/92023).



Rizki juga berharap agar prestasi hari ini bisa menjadi inspirasi bagi seluruh siswa dan juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung sekolahnya.


"Semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi seluruh siswa untuk terus berusaha dan menggapai impian mereka. Tak lupa juga saya ucapkan terimakasih kepada para guru, orang tua, para pelatih dan pihak lain atas dukungannya," jelasnya.


Sementara itu, Zerico Arjan Mandala, siswa kelas 6 ini mengatakan bahwa dirinya senang bisa menjuarai nomor andalannya ini.

"Senang banget bisa juara, terimakasih untuk mamah dan papah yang udah mendukung saya. Terimakasih juga kepada Pak Guru, Bu Guru dan pelatih yang udah membimbing saya," imbuhnya.


Sedangkan Abdiel Rais Nugroho, siswa kelas 3 harus menelan pil pahit dalam laga kedua yang diikutinya ini.


"Aku baru 2 bulan latihan, 2 kali ikut lomba. Yang pertama aku juara 3, yang sekarang aku gak menang. Aku gak mau nyerah, aku akan terus belajar dan berlatih supaya aku bisa juara kayak temanku," ungkapnya.


Masih ditempat yang sama, hadir para guru pendamping ekskul atletik SDN Grogol 01 yakni, Kurniawati, Adi Rohmadi dan Ihsan Ardhiansyah yang selalu berikan support kepada siswa-siswinya.


Ihsan Ardiansyah, guru pendamping ekskul atletik mengucapkan rasa syukur atas keberhasilan siswa-siswinya meraih prestasi dibidang non-akademik ini.


"Alhamdulillah, kami bersyukur karena siswa-siswi kami (Sean, Zerico dan Chelsha) kembali berhasil menorehkan prestasi gemilang dibidang non-akademik dalam kejuaraan kali ini," terangnya.


Senada dengan Ihsan, Sri Yuningsih atau akrab disapa Mamah Zerico mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah, maupun pihak lainnya yang mendukung anaknya berprestasi dibidang non akademik.


"Kami atas nama orang tua wali murid mengucapkan terimakasih kepada Kepala Sekolah Bapak Rizki dan Pak Adi, serta guru-guru lainnya, yang telah membuat anak-anak kami berprestasi. Walaupun anak-anak kami latihan dengan sarana-prasarana yang seadanya (tidak menunjang) tapi mereka bisa jadi juara," bebernya.


Ditempat terpisah Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani atau akrab disapa Mba Zita mengapresiasi siswa-siswi yang dapat berprestasi dalam kejuaraan atletik pelajar ini, bahkan salut dengan capaian prestasi siswa - siswi SDN Grogol 01 Jakbar walaupun minim sarana dan prasarana latihan tapi mereka memiliki semangat juang sebagai juara.


"Selamat untuk para pemenang, tingkatkan terus prestasi kamu supaya bisa menjadi atlet kebanggaan DKI Jakarta dan Indonesia. Bagi yang belum juara jangan menyerah, giatlah berlatih dan jadilah juara," ungkapnya.


Masih menurut Zita, bahwa pendidikan dan prestasi ibarat dua sisi mata uang, berbeda tapi memiliki arti yang sama untuk menggapai masa depan bagi generasi penerus bangsa.


"Kedepan, tantangan semakin berat. Kalau kita mau jadi pemenang kita harus rajin belajar dan giat berlatih sehingga menjadi generasi penerus bangsa yang handal dan siap bersaing dengan bangsa - bangsa lain dikancah dunia internasional, baik dibidang akademik maupun non-akademik," pungkasnya.


Berikut nama-nama siswa-siswi SDN Grogol 01 Jakarta Barat yang memperoleh medali di ajang Kejuaraan Atletik Pelajar Jakarta Barat 2023:

Sean Nayuna Cawlan
- Juara 1 Sprint 60 m SD Putra KU-13
- Juara 2 Lempar Turbo SD Putra KU-13
- Juara 2 Lompat Jauh SD Putra KU-13

Zerico Arjan Mandala
- Juara 1 lempar Turbo SD Putra KU-13

Chelsha Aydi Andriana
- Juara 2 Lompat Jauh SD  Putri  KU-13.

005/RED-AII/Atr