Aktualinvestigasi.com|Serang | Dalam rangka mempererat rasa persaudaraan dan kebersamaan antar sesama anggota Lembaga Bantuan Hukum Bintang Sembilan Nusantara (LBH BSN) mengadakan kegiatan Buka Puasa Bersama sekaligus kegiatan Sosialisasi Hukum dan Penyerahan SK Dewan Pimpinan Cabang Kabupaten Serang, Minggu (31/03/2024) Coffe Disaruput  kampung Nanggela, Desa Bojot, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang - Banten. 


Dalam Kegiatan Sosialisasi Hukum kali ini yang menjadi narasumber yakni Muhamad Indra Gunawan, S.H., M.H. yang sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Lembaga Bantuan Hukum Bintang Sembilan Nusantara.


Dalam acara tersebut Muhamad Indra Gunawan, S.H., M.H. Menyampaikan dan mengingatkan masyarakat untuk sadar akan hukum yang berlaku di Indonesia. "Setiap masyarakat Indonesia harus taat dan tunduk serta patuh akan hukum yang berlaku di Negara kita” tutur Muhamad Indra Gunawan, S.H., M.H.


Masih kata Indra, selain kegiatan Sosialisasi Hukum ini, kami juga mengadakan kegiatan Buka Puasa Bersama dengan seluruh jajaran pengurus maupun anggota Lembaga Bantuan Hukum Bintang Sembilan Nusantara," bukan hanya itu alhamdulilah hari ini juga dibarengi Penyerahan  SK Kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang Kabupaten Serang" Ungkap Muhamad Indra Gunawan S.H., M.H.


Dalam agenda penyerahan SK tersebut Sekretaris Jenderal Lembaga Bantuan Hukum Bintang Sembilan Nusantara, Muhamad Indra Gunawan, S.H., M.H. menyerahkan  langsung SK (Surat Keputusan) Nomor : 035/LBH-BSN/III/2024, Tentang Pengangkatan Kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang Kabupaten Serang, kepada Munawir Ketua DPC LBH BSN Kabupaten Serang periode 2024 - 2029


Sekretaris Jenderal Lembaga Bantuan Hukum Bintang Sembilan Nusantara, Muhamad Indra Gunawan, S.H., M.H. menyampaikan selamat menjalankan tugas serta berpesan kepada para pengurus dan anggota untuk selalu tunduk dan taat serta patuh terhadap AD/ART organisasi dan menjalankan fungsi organisasi sebagaimana mestinya.


“Saya ucapkan selamat kepada rekan – rekan yang telah secara resmi menjadi pengurus dan anggota di Kabupaten Serang, semoga dengan bergabungnya rekan – rekan semua bisa memberikan kontribusi yang terbaik untuk kemajuan organisasi dan tentunya bisa memberikan manfaat bagi para pencari keadilan khususnya bagi masyarakat lingkungan sekitar umumnya seluruh masyarakat Indonesia” Ujar Muhamad Indra Gunawan, S.H., M.H. 


"Jaga selalu marwah organisasi serta tunduklah kepada AD/ART organisasi dan berpegang teguh selalu dengan apa yang sudah menjadi visi dan misi dari di bentuknya organisasi kita ini," Tambahnya


Sementara itu Munawir Ketua DPC LBH BSN Kabupaten Serang mengucapkan terima kasih yang teramat dalam atas kepercayaannya diberikan mandat sebagai Ketua Cabang LBH BSN Kabupaten Serang.


“Terima kasih saya ucapkan atas kepercayaannya kepada saya untuk membangun dan membesarkan organisasi ini di wilayah Kabupaten Serang, semoga saya dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik – baiknya” Ucap Munawir.


Turut hadir pada acara tersebut Segenap pengurus dan Anggota DPP LBH BSN, Praktisi Hukum, Akademisi Hukum, Tamu Undangan dan Masyarakat Umum(AS)

AktualInvestigasi_Lebak,-- Kabupaten Lebak melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) sedang dalam upaya untuk meningkatkan kualitas infrastruktur publik untuk mendukung kelancaran distribusi barang dan orang serta menjamin ketersediaan air irigasi dalam rangka mendukung ketahanan pangan. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lebak sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis dinas berkomitmen untuk meningkatkan :

a)      persentase kemantapan jalan diatas 70%,
b)      persentase ketersediaan air irigasi pada sistem irigasi yang sudah ada diatas 72%,
c)      persentase gedung pemerintah dalam kondisi baik sebesar 80,72%,
persentase kesesuaian penggunaan lahan berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sebesar 100%,
e)      Persentase layanan informasi jasa konstruksi sebesar 100%,
f)       persentase sistem drainase perkotaan sebesar 70,79%,
g)      persentase akses air minum sebesar 66,20%,
h)      persentase akses air sanitasi sebesar 75,32%

Target target tersebut digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan program dan kegiatan yang dikelola oleh Dinas PUPR dalam upaya mempercepat distribusi barang dan jasa, meningkatkan produktivitas masyarakat, serta membuka peluang investasi baru di Kabupaten Lebak dengan tetap berpedoman pada Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2023 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Lebak Tahun 2023 – 2043.


Program Penyelenggaraan Jalan, dimana pada program ini dana yang telah disiapkan sebesar Rp.111,8 milyar lebih yang terdistribusi kedalam beberapa kegiatan, yaitu Pembangunan Jalan, Pembangunan Jembatan, Rekonstruksi Jalan dan Rehabilitasi Jalan dengan jumlah ruas yang ditangani 45 ruas jalan dengan rencana panjang penanganan 59 km yang tersebar di 22 kecamatan yang menghubungkan pusat-pusat ekonomi di Kabupaten Lebak.


Kegiatan pembangunan jalan menangani 28 ruas dengan rencana panjang penanganan 34,75 km yang dilaksanakan di Kecamatan Gunung Kencana, Banjarsari, Curugbitung, Cibadak, Cileles, Cikulur, Cijaku, Malingping, Panggarangan, Muncang, Cirinten, Bojongmanik, Cimarga, Cipanas, Lebakgedong, Sajira, Maja dan Warunggunung.

Kegiatan Rekonstruksi Jalan menangani 9 ruas jalan dengan panjang rencana penanganan 23,26 km yang dilaksanakan di Kecamatan Rangkasbitung, Leuwidamar, Cigemblong, Muncang, Cileles, Cijaku, Gunungkencana dan Bayah.

Untuk Kegiatan Rehabilitasi Jalan akan dilaksanakan pada Ruas Jalan Dewi Sartika dan Ruas Jalan Kihajar Dewantara di Kecamatan Rangkasbitung dengan rencana panjang penanganan

0,99 km. Sedangkan Untuk Kegiatan Pembangunan Jembatan akan menangani 5 unit jembatan yang tersebar di Kecamatan Maja, Cileles, Cimarga dan Leuwidamar.


 
Untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan air minum dan air limbah sebagaimana amanat RPJMN, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lebak akan melaksanakan Kegiatan yang terdiri dari:

Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) beserta Jaringan Perpipaan di Kawasan Perdesaan
Rencana penanganan melalui Pembangunan Broncaptering dan Pembangunan Sumur Dalam Terlindungi dengan sasaran lokasi diprioritaskan bagi desa-desa dengan nilai Prevalensi Tinggi Stunting yang belum memiliki layanan air minum dan merupakan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).
Kegiatan Pembangunan SPAM Jaringan Perpipaan di Kawasan Perdesaan ini terdiri dari 20 lokasi yang tersebar di Kecamatan Rangkasbitung, Bayah, Leuwidamar, Cijaku, Cileles, Cibadak, Cimarga, Maja, Sajira, Malingping dan Cibeber dengan rencana sambungan sebanyak 2.865 SR.
 
Pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik
Adapun rencana kegiatannya adalah Pembangunan Tangki Septik skala Individual sebanyak 89 SR di Kecamatan Sajira dan Kecamatan Bayah. Dan Pembangunan Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) yang akan dilaksanakan di Kecamatan Cijaku, Cibadak, Maja, Leuwidamar dan Cibadak dengan rencana sambungan sebanyak 712 SR.
Selain itu melalui Program Penataan Bangunan akan dilaksanakan kegiatan Rehabilitasi Gedung Kantor Kecamatan Leuwidamar dan Cibeber; Pembangunan Aula Kecamatan Maja, Bojongmanik dan Cikulur; dan pada kegiatan penataan bangunan fasilitas umum akan dilaksanakan rehabilitasi tugu selamat datang ciawi dan tajur serta penataan alun-alun Kecamatan Rangkasbitung dan Cijaku.


 
Dalam rangka pengamanan fasilitas umum yang berdekatan dengan aliran sungai, Dinas PUPR akan melaksanakan pembangunan bangunan perkuatan tebing sungai Cilaki, Sungai Ciminyak dan Sungai Ciujung. Lain daripada itu untuk mendukung ketahanan pangan Dinas PUPR juga akan melakukan rehabilitasi pada beberapa Daerah Irigasi (DI), diantaranya DI Ciapus, DI Cadasgantung, DI Cieundik, DI Cingunun, DI Ciparabakti, DI Cisilad dan DI Cilewong serta akan dilaksanakan rehabilitasi embung Cibeunteur.


Dengan adanya target-target tersebut, DPUPR berharap dapat menciptakan Kabupaten Lebak yang maju dan sejahtera. Oleh karena itu, mari bersama-sama mendukung pemerintah Kabupaten Lebak dalam upaya meningkatkan kualitas infrastruktur publik dan tata kelola pemerintahan yang baik. Dengan infrastruktur dan tata kelola pemerintahan yang baik, kami yakin Kabupaten Lebak akan menjadi lebih maju dan sejahtera bagi masyarakat.
Diberdayakan oleh Blogger.