NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Papua sedang digenjot agar lebih maju lagi, sehingga tidak ada ketimpangan antara di sana dengan wilayah lainnya. Pemerintah menerbitkan Inpres Nomor 9 agar pemercepatan pembangunan di Bumi Cendrawasih punya payung hukum. Sehingga program ini bisa berjalan dengan sukses ke depannya.


Indonesia terdiri atas banyak pulau, salah satunya Papua. Meski letaknya jauh dari Ibukota, namun pemerintah berusaha adil dengan membangun wilayah sana. Agar tidak ada lagi kemiskinan, kelaparan, dan kebodohan di Bumi Cendrawasih.


Papua adalah bagian dari NKRI, oleh karena itu juga wajib mendapat perhatian dari pemerintah pusat. Inpres Nomor 9 tahun 2020 pun dikeluarkan, agar Papua makin maju. Peraturan itu berisi tentang perintah pemercepatan pembangunan di Papua.


Pemercepatan sangat dibutuhkan, karena di era orde baru, Bumi Cendrawasih agak diabaikan. Sehingga Presiden Jokowi berinisiatif agar masyarakat di sana diberi stimulus, agar memajukan daerahnya dan jadi wilayah yang makmur.


Yane Ansanay, Doktor Ahli Fisika dan Akademisi dari Universitas Cendrawasih baru-baru ini di Jayapura menyatakan bahwa masyarakat Papua memberi apresiasi yang tinggi terhadap Inpres Nomor 9 tahun 2020. Dalam artian, Inpres ini menunjukkan perhatian penuh dari pemerintah pusat.



[nextpage title="Next"]



Setelah ada program otonomi khusus, sekarang ada lagi program pemercepatan pembangunan di Papua, sehingga hasilnya makin mantab. Namun Yani memberi masukan bahwa sebaiknya program ini juga mengarah ke dunia pendidikan. Ia ingin ada program studi perikanan dan pertanian, karena sangat relevan dengan kondisi di Papua. Di mana masih banyak hutan, ladang, dan laut yang sangat potensial. Dalam artian, para putra Papua bisa mengolahnya agar lebih menghasilkan.


Percepatan di Papua memang dibutuhkan, agar tidak ada ketimpangan antara Indonesia bagian barat dengan timur. Apalagi di Papua dan Papua Barat masih sangat potensial. Keindahan alamnya bisa dijadikan objek wisata dan hasil pertaniannya masih bisa diolah, agar masyarakatnya makin makmur.


Inpres Nomor 9 ini makin memantapkan program percepatan pembangunan di Papua. Presiden RI Jokowi telah membentuk tim khusus, dengan Wapres KH Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Pengarah. Sedangkan anggotanya ada 6 Menteri dan Kepala Staf Kepresidenan. Ada pula tim pelaksana yang terdiri dari pejabat di Kementrian dan Gubernur Papua serta Papua Barat.


Untuk payung hukum program ini, diresmikan Keppres 20/2020. Isinya adalah tim melaksanakan kebijakan percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat, yang maju, damai, sejahtera, dan bermartabat. Jika sudah ada Inpres dan Keppres maka percepatan pembangunan di Papua akan lebih ditingkatkan lagi.


Pembangunan yang ditekankan tidak hanya dari infrastruktur seperti Jalan Trans Papua. Namun juga program-program lain. Tujuannya agar rakyat Papua merasakan dampak positifnya. Masyarakat Papua mendukung program ini karena mereka berharap kehidupan mereka akan lebih baik lagi. Jika ada pembangunan di bidang SDM, maka para putra Papua tak hanya mendapatkan beasiswa Otsus. Namun mereka juga mendapatkan kesempatan untuk belajar di jalur non formal. Misalnya diberi pelatihan gratis otomotif, menjahit, desain grafis, dan lain-lain.


Selain itu, jika ada pembangunan SDM di Papua melalui pendidikan, maka mereka akan mendapat pekerjaan yang lebih baik lagi. Jika punya gelar sarjana pendidikan, maka bisa melamar kerja di sekolah, dan berpotensi diangkat jadi ASN. Sehingga mereka mendapat gaji yang layak, sekaligus mencerdaskan para putra Papua, dan terjadi regenerasi.


Program percepatan pembangunan di Papua sangat bagus, karena bisa memajukan Bumi Cendrawasih. Masyarakat mendukungnya, karena kehidupan mereka akan makin modern dan maju. Dunia pendidikan akan lebih baik, karena ada beasiswa bagi para putra Papua yang berprestasi. (*)

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam lingkungan kerja adalah saat bekerja kita dituntut bekerja dengan detail bahkan juga sempurna, selain itu kita juga harus bekerja dengan selamat serta sehat yang sering diabaikan oleh beberapa pekerja hingga berakhir dengan kecelakaan kerja.

Hal tersebut disebutkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu H.Kamal Ilham, SKM, M.Kes dalam pidato Senin (14/12/2020) pagi dalam acara Rapat Koordinasi Antar Lintas Sektor Tentang Program Pelayanan Kesehatan Kerja Tahun 2020 di ruang rapat dinas kesehatan labuhanbatu jalan Dewi Sartika kecamatan rantau selatan.

Lebih lanjut Kamal mengatakan, di era modern ini jenis pekerjaan makin beragam, dimulai dari pekerja buruh sampai profesional dengan pekerjaan yang dijalani, tidak hanya memperoleh keuntungan berbentuk materi serta kesejahteraan hidup, tentunya ada resiko yang perlu dijamin, resiko itu dapat berbentuk kecelakaan kerja, jelasnya.

Menurut Kamal, Menteri Ketenaga Kerjaan memberikan bukti jika angka kecelakaan kerja dengan nasional masih tinggi sekali, yakni 103.000 per-tahun, dari jumlah tersebut 2.400 masalah, salah satunya mengakibatkan pekerja meninggal dunia. Populasi penduduk indonesia 262 juta jiwa, 128,3 juta diantaranya adalah pekerja (50% dari populasi), 46,4 juta diantaranya adalah pekerja perempuan (39% dari total pekerja).

[nextpage title="Next"]

Dijelaskannya, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) kurang diterapkan secara maksimal, hal ini dibuktikan dengan banyaknya kejadian kecelakaan pada pekerja, antara lain yaitu kecelakaan akibat benda jatuh, terpukul, terkena benda tajam, aliran listrik dan terpeleset. Penyebab dari kecelakaan itu sendiri antara lain faktor manusia karena emosional dan jenuh serta faktor kontruksi karena alat dan lingkungan.

Akhirnya Kamal menegaskan bahwa inti dari rakoor ini adalah mensosialisasikan kesehatan kerja di tempat kerja masing-masing, lintas sektoral maupun lintas program dan disini juga akan kita bentuk Tim GP2SP Tingkat Kabupaten yang nantinya akan melakukan advokasi ke seluruh perusahaan yang ada di Labuhanbatu.

Rapat koordinasi yang dihadiri peserta dari Dinas Tenaga Kerja, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu, Serikat Perempuan Independen, Apindo, Kabid Kesehatan Masyarakat dan Kasi Penyehatan Lingkungan Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinkes Labuhanbatu, para lintas program Dinas Kesehatan serta para manager perusahaan di Kabupaten Labuhanbatu tersebut dihiasi dengan mendengarkan penjelasan dari Dr. Dewi Ambarwati, MKM selaku narasumber pada acara rakoor tersebut. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, TUAL - Setelah sepekan berlayar dari Sorong Papua, Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) TK III Angkatan Ke-67 Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) tahun 2020 dapat melihat daratan kembali dan merapat di Dermaga R.E Martadinata, Pangkalan TNI AL (Lanal) Kota Tual, Provinsi Maluku, Senin, (14/12).

Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) KJK 2020 Letkol Laut (P) Aris Dianto, M.Han. menyatakan, Kota Tual ini merupakan tujuan ke-9 dari 10 etape pelayaran KJK 2020 mengelilingi Indonesia. Kota Tual adalah kota di Provinsi Maluku yang memiliki sumber daya kelautan dan perikanan yang melimpah serta kondisi pulau-pulau kecil dan pesisir yang indah karena dikelilingi pasir putih.

Kedatangan KRI Bima Suci yang mambawa Taruna AAL Tingkat lll setelah menempuh pelayaran sejauh 998 Nm dari Sorong ini, disambut meriah pejabat Forkopimda Tual. Taruna AAL menampilkan peran parade roll di tiang-tiang kapal diiringi Display GS Alur di atas geladak KRI Bima Suci.

Kemudian dilakukan penghormatan tim merplueg, laporan Komandan Satgas OBS Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr. Hanla., kepada Inspektur Koarmada III Laksma TNI Hendri Supriyanto. Dilanjutkan dengan acara tradisi Percikan Air Adat Rinin oleh Para Raja Tual kepada Dansatgas OBS, Palaklat KJK 2020 dan perwakilan Taruna serta pemberian gelang adat, pengalungan selendang ulos, serta penampilan tarian adat Tual.



[nextpage title="Next"]

Hadir dalam penyambutan Bupati Kabupaten Maluku Tenggara Drs H. M. Taher Hanubun, Asisten III Kota Tual Drs. Jamaludin Rahareng, Danlanal Tual Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Wisnawa, M.Tr. Hanla., Wadan Satdik III Kolonel Marinir Wahyudi, Kepala Kejaksaan Tual Dicky Darmawan, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Tual, Ketua DPRD Kota Tual Syarifudin Hasan Borut, S.E., Ketua DPRD Kabupaten Maluku Utara Muchdi Koedoeboen beserta Raja-Raja Tual diantarnya Raja Ihibes, Ekan Refra, Raja Yamtel, Edison Elkel, dan Raja Maur Ohoiwut Leopol J Rahail.

Hadir pula Kasdim 1503/Tual Mayor Arm Udin Rasidi, S.T., Wakapolres Tual Deni Ubro, Ketua MUI Kota Tual Hi. Ahmad Kabalmay, S.Pdi., Ketua Jalasenastri Lanal Tual beserta pengurus serta pejabat utama dijajaran Lanal Tual.

Bupati Maluku Tenggara mengucapkan selamat datang di Kota Tual kepada KRI Bima Suci yang membawa Taruna Taruni Akademi Angkatan Laut.

“Saya mewakili Pemerintahan Daerah Khususnya Kabupaten Maluku Tenggara, mengucapkan terimakasih atas kedatangan KRI Bima Suci dan Satlat KJK 2020 semoga dengan kedatangan ini dapat memberi motivasi kepada masyarakat kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara umumnya, agar putra putrinya mempunyai cita-cita menjadi anggota TNI-AL khusunya bergabung menjadi Taruna AAL," pungkasnya.

Autentikasi:

Kabagpen AAL, Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos.

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( PMD) Kabupaten Labuhanbatu menggelar rapat koordinasi dengan pendamping Desa se Kabupaten Labuhanbatu yang dilaksanakan di Aula Dinas PMD Kabupaten Labuhanbatu, Senin (14/12/2020).

Sebagai Nara sumber yaitu, Kepala Badan Pusat Statistik ( BPS) Kabupaten Labuhanbatu Rahmat Gustiar, S.Si.MSi. yang menyampaikan materi tentang ” Informasi hasil pendataan potensi Desa yang dilakukan Badan Pusat Statistik ( BPS) Kabupaten Labuhanbatu.

Plt.Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu Abdi Jaya Pohan.SH. mengatakan, “Hasil dari riset ataupun pendataan yang dilakukan BPS ini sangat membantu kita dalam menggali potensi-potensi yang ada di Desa baik dari sektor Pertanian, Ekowisata, Sosial budaya dan lainnya, hasil dari pendataan potensi Desa ini sebagai acuan bagi kita, baik pendamping Desa dalam pendampingan, pembangunan pemberdayaan di Desa,” sebut Abdi Jaya. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Setelah selesai melaksanakan apel di Lapangan Kantor Badan Kepegawaian Daerah, Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.MT berjalan kaki menuju taman di depan Kantor Bupati Labuhanbatu Jalan Sisingamangaraja Kelurahan Ujung Bandar Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara, Senin (14/12/2020).

Melihat beberapa pohon kayu miring di taman yang disediakan pemerintah untuk tempat bersantai masyarakat, H.Andi Suhaimi Dalimunthe langsung memperbaiki dengan meluruskan kayu tersebut dan dibantu oleh adjudanya beserta ASN dan Satpol PP yang mengikutinya.

Bupati Labuhanbatu berharap agar dapat menjaga dan merawat taman-taman yang ada, baik dari segi kebersihan maupun fisik taman tersebut.

“Kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga dan merawat wilayah kita sendiri” jelas H.Andi Suhaimi Dalimunthe.



Beberapa taman yang dibangun oleh Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu seperti taman Tempat bersantai masyarakat di depan Kantor Bupati Labuhanbatu Jalan SM.Raja Kecamatan Rantau Selatan dan taman di tugu Adipura jalan WR Supratman Kecamatan Bilah Barat sangat diminati oleh masyarakat Labuhanbatu untuk bersantai dan juga berfoto Selfi.

Pembangunan taman ini semasa kepemimpinan H.Andi Suhaimi Dalimunthe, dengan tujuan menjadikan Kota Rantauprapat menjadi kota yang asri dan memiliki icon tersendiri untuk menyediakan tempat Masyarakat untuk berinteraksi dengan kegiatan – kegiatan positif. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Tingkatkan kedisiplinan dan pembinaan pegawai lingkungan pemerintah kabupaten labuhanbatu, Pemkab Labuhanbatu melakukan monitoring dan evaluasi melalui aplikasi Absensi Elektronik, Hal ini disampaikan Bupati Kabupaten Labuhanbatu H.Andi Suhaimi pada apel gabungan bersama ribuan ASN Pemkab Labuhanbatu Senin (14/12/2020).

Absensi Elektronik dimaksudkan untuk menilai beban kerja, prestasi kerja, kondisi kerja, tempat bertugas dan kelangkaan profesi sebagai perti.bangan penghitungan TPP setiap ASN.

Disebutkan Bupati, pada tahun 2021 TPP ASN sudah mengalami perubahan pada mekanisme perhitungannya. TPP ASN diberikan berdasarkan kelas jabatan dengan mempertimbangkan tingkat disiplin dan capaian kinerja setiap ASN.

Secara umum disampaikan bahwa besaran TPP ASN mengalami kenaikan secara signifikan di kelas jabatan tertentu seperti kelas jabatan 5,6 dan 7, yaitu pelaksana/staff/fungsional dengan pendidikan minimal SLTA. demikian juga pejabat struktural di kelas jabatan 8,9dan 11 terdapat kenaikan TPP ASN pada tahun depan.ucap Bupati.



[nextpage title="Next"]

Menurut Bupati sesuai dengan tuntutan regulasi bahwa pembayaran TPP diberikan dengan memperhitungkan tingkat disiplin dan capaian kinerja setiap ASN maka saya meminta kepada saudara Kepala Dinas komunikasi dan Informatika melakukan percepatan pemanfaatan aplikasi absensi elektronik dan penilaian kinerja terintegrasi serta mensosialisasikan kepada seluruh ASN.



Dan kepada Kepala Badan kepegawaian, pendidikan, dan pelatihan agar melakukan pembinaan disiplin kepegawaian melalui monitoring dan evaluasi pada aplikasi yang sedang dikembangkan oleh dinas Kominfo.Tegas Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi.

Apel gabungan kali ini diikuti seluruh pejabat struktural dan ASN lingkungan pemerintah kabupaten labuhanbatu. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Dunia usaha membuktikan kesungguhannya untuk memperbaiki ekosistem perekonomian di wilayah Jakarta, meski ditengah pandemi Covid-19. Salah satunya melalui penyelenggaraan Musyawarah Kota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jakarta Utara, di Hotel Sunlake, Jakarta, Kamis (10/12/2020).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Hj. Diana Dewi. “Sebagai bukti komitmen kuat para pengusaha di wilayah Jakarta Utara, maka diadakan Musyawarah Kota, meski ditengah pandemi. Kita tahu, perekonomian di Ibu Kota mengalami penurunan drastis lantaran pandemi Covid-19. Namun, itu tidak menyurutkan semangat teman-teman pebisnis untuk mencari solusi demi kemaslahatan masyarakat,” ujar Diana dalam siaran persnya yang diterima innews, Kamis (10/12/2020).

Ketua Kadin Jakarta Utara menyerahkan kenang-kenangan kepada Ketua Umum Kadin Provinsi DKI Jakarta pada Musyawarah Kota Kadin Jakarta Utara, Kamis (10/12/2020)
Dirinya menyambut baik pelaksanaan Mukota ini, meski tetap dengan protokol pencegahan Covid-19.

“Sesuai dengan amanat UU Nomor 1 Tahun 1987 Tentang Kadin, maka Kadin sebagai wadah dari Pengusaha Indonesia didirikan salah satunya adalah untuk dapat menciptakan dan mengembangkan iklim dunia usaha yang memungkinkan keikutsertaan yang seluas-luasnya secara efektif dalam Pembangunan Nasional/Daerah. Untuk itu Kadin harus dapat berperan dalam perbaikan iklim dunia usaha paska pandemi Covid-19,” kata Diana Dewi dihadapan peserta Musyawarah Kota IV Kadin Jakut, tahun 2020 ini.

[nextpage title="Next"]

Menjadi tema sentral pada acara ini, “Kadin Kota Jakarta Utara Bersinergi Mendukung Program Kadin DKI Jakarta Untuk Memberdayakan UMKM di Era Pandemi Covid-19 Bersama Pemprov DKI Jakarta“, dan subtema, “Bersama Pemkot Jakarta Utara dan Instansi Pelabuhan Tanjung Priok, KADIN Kota Jakarta Utara Mendukung Pelaksanaan Protokol Kesehatan Pandemi Covid-19 Untuk Menciptakan Suasana Usaha Yang Kondusif”, para pebisnis juga membahas terobosan-terobosan yang bisa dilakukan agar usahanya tetap berjalan dan tidak terjadi gelombang PHK.

Ketua Umum Kadin Provinsi DKI Jakarta tengah memberikan sambutan dalam Musyawarah Kota Kadin Jakarta Utara, Kamis (10/12/2020)
Lebih jauh Diana Dewi mengatakan, Kadin DKI Jakarta dan Kadin Kota se-Jakarta berkomitmen untuk selalu berpihak pada pembinaan dan pengembangan UMKM. “UMKM memiliki peran strategis dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional setelah terdampak pandemi Covid-19,” sambung Diana.

Agar tercipta akselerasi, kata Diana, maka kolaborasi bersama berbagai sektor sangat dibutuhkan guna mendukung kebangkitan UMKM. Dalam hal ini, sektor bisnis mempunyai kemampuan untuk mencari solusi melalui teknologi, inovasi, dan investasi.

“Kadin siap untuk dapat melakukan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk dapat meningkatkan perekonomian di Jakarta yang sudah mulai menggeliat,” tukas Diana Dewi. (JNI)

NUSANTARAEXPRESS, LAMPUNG - Menjelang akhir etape pelayaran ke-9, Satgas Operasi Bima Suci (OBS) disambut KRI Teluk Lada-521 di sekitar perairan Tual. Anggota Divisi jaga langsung mengumumkan peran Parade Lambung Kanan begitu KRI Teluk Lada -521 mendekati KRI BSC. selanjutnya para Taruna dan prajurit segera menuju pos masing-masing untuk melaksanakan peran parade sekaligus persiapan untuk melaksanakan latihan bersama pada Sabtu (12/12/2020).

Latihan bersama ini merupakan acara penyambutan Lanal Tual yang berada dibawah jajaran Komando Armada III untuk menyambut kedatangan KRI Bima Suci yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr. Hanla.

Dalam latihan bersama ini on board di KRI Bima Suci Taruna/i Tk.III angkatan ke-67 yang sedang melaksanakan latihan praktek Kartika Jala Krida 2020, sedangkan ditempat terpisah on board di KRI Teluk Lada-521 para Siswa Dikmaba dan Dikmata Khusus dibawah Kodiklatsus Sorong yang juga melaksanakan latihan praktek.



[nextpage title="Next"]

Komandan Satgas OBS 20 menuturkan "Dalam latihan bersama ini para Taruna Tk.III ke-67 dan Dikmaba serta Dikmata Khusus Sorong menggelar materi latihan meliputi Passing Exercise, Flage Hoist Exercise dan Semaphore untuk mengaplikasikan materi yang diterima di kampus khususnya materi Komunikasi menggunakan bahasa isyarat dibawah pengawasan Pakom ", terang Letkol Waluyo-sapaan Komandan KRI BSC sekaligus Komandan Satagas OBS.

Lebih lanjut beliau menambahkan "Latihan bersama Unsur Koarmada III ini merupakan upaya untuk meningkatkan profesionalisme prajurit, Taruna Tk.III angkatan ke-67, serta para Siswa Dikmaba dan Dikmata Khusus sebagai tindak lanjut dari arahan Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan terkait kesiapsiagaan tempur kapal dan melatih uji terampil prajurit", imbuh Letkol Waluyo.

(KRI BSC)

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Paket bantuan sosial dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) telah didistribusikan oleh Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia (YPJI) ke para jurnalis yang terdampak Covid-19 di Jabodetabek. Selain itu, beberapa lapisan masyarakat yang terdata juga ikut diberikan paket bantuan sosial dari negara.

YPJI menerima paket bantuan sosial sebanyak 5300 dari 10.000 yang dijanjikan oleh Kementrian Sosial. YPJI berharap, sisa bantuan dari Kemensos bisa segera dikirimkan agar dapat dibagikan ke masyarakat dan para jurnalis.

“Kita sudah menerima 5300 paket bantuan sosial dari Kemensos. Alhamdulillah, YPJI telah mendistribusikan bansos dari Kemensos kepada masyarakat dan para jurnalis yang ada di data kami,” ujar Ketua Umum YPJI, Andi Arief, Sabtu (12/12/2020).



[nextpage title="Next"]

Dalam kesempatan itu, Andi juga menjelaskan bahwa sisa dari bantuan sosial yang seharusnya diserahkan ke YPJI tertunda karena pihak Kemensos mengalami kendala dalam pengadaan barang.

“Kita masih menunggu sisa paket sembako yang sudah seharusnya diberikan Kemensos,” ujar Andi.

Sebelumnya, Kementrian Sosial melalui Menteri Juliari P Batubara telah menyerahkan bantuan 10.000 paket bantuan sosial secara simbolis di Sekretariat YPJI, di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (3/12/2020). Bantuan Kemensos RI ini merupakan bantuan tahap kedua yang diberikan kepada YPJI.

Sementara itu, Wakil Ketua Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia (YPJI), Mambang Yazid berharap agar bantuan ini dapat membantu teman-teman Jurnalis. “Dengan bantuan ini, kami berharap sedikit banyaknya dapat membantu teman-teman Jurnalis agar mampu bertahan di tengah pandemi. Kami juga berusaha ke depannya bisa terus hadir membantu teman-teman seprofesi, agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik,” kata Mambang Yazid dengan ramah.

Koordinator dari para jurnalis yaitu Jeni Sapmawati Hattalaibessy mengatakan bahwa bantuan ini sangat membantu.

“Bantuan sembako ini sangat membantu bagi teman -teman jurnalis di masa pandemi ini. Terima kasih buat YPJI yang sudah membantu memberikan paket sembako dengan mudah dan tidak dipersulit,” kata Jeni dengan mimik wajah penuh dengan sukacita. (JNI)

NUSANTARAEXPRESS - Dalam pelayaran Kartika Jala Krida 2020 inilah, para Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Angkatan Ke-67 belajar banyak bahkan praktek langsung sistem permesinan kapal dalam kondisi kapal berlayar, dan ini merupakan pengalaman berharga bagi mereka.

Hal tersebut dikatakan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) KJK 2020, Letkol Laut (P) Aris Dianto, M.Han saat pelayaran KRI Bima Suci etape ke-9 keliling Nusantara dari Sorong menuju Tual, Maluku Utara, Minggu (13/12).

Menurut Aris - pelayaran ini merupakan ajang bagi para Taruna untuk mempraktekkan dan mendalami materi-materi sesuai dengan Korpsnya masing-masing di kapal latih KRI Bima Suci, Mereka diwajibkan untuk dapat mengoperasikan, merawat dan memperbaiki peralatan yang rusak.



[nextpage title="Next"]

Perwira Pendamping (Paping) Taruna Korps Teknik, Mayor Laut (T) Gede menjelaskan bahwa para Taruna Korps Teknik diberikan materi-materi tentang data teknis pesawat dan data teknis permesinan pada mesin pendorong pokok (MPK) dan pesawat bantu.

Untuk pesawat bantu ini lanjut Gede, terdiri dari DG (Diesel Generator), Incinerator, AC CWU, fresh room, RO (Riferse Osmosis), pompa bahan bakar, pompa air laut, mesin pengolah sampah, Siwage atau pengolah limbah KRI, Bow Thruster dan Stern Trhuster serta sistem kemudi yang dimiliki oleh KRI Bima Suci.

Selain itu juga para Taruna Korps Teknik dikenalkan dengan peralatan penanggulangan kebakaran dan kebocoran, prosedur penggunaan alat-alat tersebut, prosedur komunikasi (Proskom) serta tata cara peran Penyelamatan Papal (PEK) dan Organisasi PEK.

Kabagpen AAL,
Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S Sos.
Diberdayakan oleh Blogger.