NUSANTARAEXPRESS, NTT - Di tengah suka-cita Paskah yang sedang dirayakan umat Kristiani, Siklon Seroja mengamuk di NTT sejak Sabtu, 3 April 2021, kemarin. Angka fatalitas tertinggi terjadi di Pulau Adonara (Kabupaten Flores Timur) dan Pulau Ile Ape (Kabupaten Lembata). Siklon Seroja yang memporakporandakan rumah, perahu, dan harta benda warga merupakan bencana pertama jenis ini yang tercatat dan muncul mencapai daratan sejak Indonesia merdeka.

Merespon kondisi bencana di NTT itu, Indonesia Social Justice Networks (ISJN) langsung bergerak menggalang bantuan untuk menolong para korban. Penggalangan bantuan dilakukan, baik di internal anggota ISJN maupun di kalangan mitra ISJN dan masyarakat umum.

Sebagaimana informasi dari lapangan, efek Siklon Seroja terjadi secara merata di beberapa wilayah di NTT, baik di Pulau Timor, Sumba bagian Timur, Pulau Adonara, dan Pulau Ile Ape. Jembatan terpanjang di NTT, yang terletak di Kabupaten Malaka pun juga roboh dihantam banjir di Sungai Benanain. Listrik di Pulau Timor juga mengalami black out dalam dua hari terakhir ini, karena gangguan saluran listrik akibat pohon tumbang dan lainnya. Di Sumba Timur, rumah-rumah di kawasan Kambaniru terendam air.

Di Flores Timur, khususnya di Kota Waiwerang, Pulau Adonara, hingga kini angka pasti korban meninggal dan hilang masih terus berkembang. Tercatat 60 korban meninggal yang sudah ditemukan. Sedangkan angka yang hilang masih simpang siur. Sedikitnya 20 orang hingga angka ratusan mulai beredar di media sosial.

“Keluarga saya juga jadi korban,” kata Muhammad Korebima, salah satu anggota ISJN asal NTT. Febro, anggota ISJN lainnya yang berbasis di Kefa, Kabupaten TTU mengatakan bahwa pasokan listrik terganggu, jalanan Trans Timor masih mengalami longsor dan pohon tumbang di beberapa titik.

Di Kabupaten Malaka, kabupaten perbatasan dengan Timor Leste, puluhan desa terendam, dan pengungsian mandiri dilakukan oleh warga. Akses menuju Kabupaten Malaka terganggu akibat putusnya Jembatan Benanain.

Di Kota Kupang, Ibukota Provinsi NTT, angka kematian juga bertambah akibat Siklon Seroja yang menumbangkan pohon, rumah dan lainnya. Yanny Rohi Riwu, salah seorang sobat Katolikana mengungkapkan tetangganya meninggal dan orangtuanya sekarat akibat rumah mereka tertimpa pohon mahoni. Angka pasti kerusakan belum diterima, tetapi kerusakan atap rumah, pohon dan tiang listrik yang tumbang terjadi merata di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. Saat ini mata utama Siklon Seroja bergerak di Pulau Rote, dan Pulau Sabu.

Menurut perkiraan cuaca dari BMKG, hujan badai di NTT ini akan terus berlangsung hingga 5 April 2021 dan diperkirakan berakhir hingga Mei 2021. Sedangkan menurut pakar bencana Jonatan Lassa yang berbasis di Charles Darwin University (Darwin, Australia), mengatakan bencana siklon adalah bencana tahunan dan kita harus siap. Dengan kondisi sekarang hampir semua rumah yang ada di NTT tidak siap dengan kekuatan siklon, tingkat pertama sekali pun, seperti yang ditunjukkan lewat Siklon Seroja.

“Pemerintah melalui BNPB harus segera putuskan level bencana Siklon Seroja, sehingga model tanggap bencana yang amat luas ini bisa segera diambil,” kata Elcid, anggota ISJN yang tinggal di Kupang.

ISJN sendiri akan menggalang dana dan bantuan lain untuk membantu. “ISJN akan membuka donasi di NTT, dan kami menghimbau kita bersatu padu untuk membantu saudara kita. Untuk kelancaran penggalangan bantuan, ISJN bekerjasama dengan IRGSC membuka posko di Kantor IRGSC, Jl. R.W. Monginsidi II No.2B, Kupang, NTT,” ujar Julia Novrita, anggota presidium ISJN.

Posko Bencana ISJN akan dikomandoi oleh Saudari Viol (HP: 08113825878). Selain itu rekening donasi ISJN juga dibuka dengan menggunakan nomor rekening BNI 0410315765. a.n. Dominggus Elcid Li (JLN/Red)

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Tokoh perempuan Papua Rehina Belau menyebut Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) merupakan salah satu dari tiga kelompok yang hingga saat ini masih menjadi musuh nyata bagi aparat TNI/Polri karena kerapkali menebar teror dan ancaman kepada masyarakat serta mengganggu kamtibmas khususnya di wilayah Kabupaten Intan Jaya.

"Saat ini ada tiga kelompok menjadi ancaman yang gangguan kamtibmas di Kabupaten Intan Jaya yaitu kelompok KKB, kelompok orang-orang stress serta kelompok anak Aibon atau anak putus sekolah," ungkap Rehina Belau dalam keterangannya yang diterima dari Sugapa, Ibu kota Kabupaten Intan Jaya, Senin (5/4/2021).

Dikatakannya, gerakan KKB sebenarnya dianggap sudah tidak murni menyuarakan perjuangan kemerdekaan seperti saat OPM Masih ada.

"KKB saat ini diduga hanya digunakan sebagai sarana kepentingan politik oleh sejumlah orang," ujar tokoh intelektual perempuan Papua itu.

Ia menambahkan gerakan teror bersenjata oleh KKB selalu diikuti Front KKP atau Kelompok Kriminal Politik dan Klandestin dengan memanfaatkan media sosial.

Kelompok KKP, menurut Rehina, membuat narasi yang membangun ketidakpercayaan kepada pemerintah dalam upaya memenuhi kepentingan rakyat.

Rehina menyebut, KKB saat ini sebenarnya tidak begitu banyak dan posisi sedang terjepit. Berbagai teror dilakukan untuk membangun kembali kekuatannya serta merekrut pemuda putus sekolah dan anak-anak di bawah umur.

Rehina membeberkan bahwa ada tiga hal penting yang mengganggu Kamtibmas di Kabupaten Intan Jaya, yang pertama adalah adanya pergerakan KKB karena mereka benar-benar merasa berjuang untuk Kemerdekaan Papua dan mereka juga sudah sumpah tanah dan sumpah alam.

Sedangkan kelompok orang stress, adalah kelompok intelektual yang ingin membangun Kabupaten Intan Jaya tetapi tidak mendapatkan posisi jabatan di pemerintahan. "Sehingga perlu membuka ruang kesempatan kepada anak-anak daerah untuk menduduki jabatan-jabatan strategi di Pemkab Intan Jaya" tegasnya.

kelompok stress melihat Kabupaten Intan Jaya yang roda pembangunannya tidak berjalan sesuai dengan kemauan dan harapan mereka. akibatnya, kelompok ini bisa mengganggu keamanan dengan cara mereka sendiri.

Adapun anak Aibon yaitu kelompok anak putus sekolah ini adalah kelompok yang harus diperhatikan karena sangat rentan untuk mudah dihasut dan diprovokasi serta pemikiran mereka juga sempit dan ditambah lagi dengan ingin hidup bebas di tanahnya sendiri tetapi selalu saja diperhadapkan dengan aturan-aturan pemerintah yang menurut mereka bertentangan denga apa yang diperbuat.

Sehingga anak kelompok Aibon merasa bahwa mereka menjadi penonton dan dari situlah timbul rasa sakit hati dan akibatnya, mereka melakukan kegiatan-kegiatan yang mengganggu stabilitas keamanan.

Tokoh Intelektual Perempuan itu mengharapkan kelompok kedua dan ketiga ini perlu diperhatikan Pemerintah Kabupaten Intan Jaya dengan segera sehingga mereka merasa diperhatikan di atas tanahnya sendiri dan hal ini dapat menangkal gangguan keamanan di Kabupaten Intan Jaya. *

NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Hobby olahraga dan kegemaran memperbesar otot dan memperindah tubuh yang dilakukan oleh Kopda Narjiono (Jono) dan Kopka Budi Subronto yang saat ini berdinas di Komando Latihan (Kolat) Koarmada II telah banyak menorehkan prestasi dalam ajang kejuaraan Binaraga dan Body Contes yang diikutinya. Salah satunya adalah Event Body Contes YFC (Young Fitness Club) yang diselenggarakan di Lippo Supermall Kota Batu Malang pada Minggu (04/04) kemarin.

Kopda Jono yang turun pada kelas Pro Muscle berhasil menyingkirkan para pesaingnya yang datang dari seluruh club fitness di Indonesia dan berhasil meraih juara 2. Sementara pada event yang sama Kopka Budi yang turun pada kelas News Muscle berhasil menyingkirkan para pesaingnya dan memperoleh juara 3 dalam ajang Event Body Contes YFC.

"Sudah sejak dulu saya menekuni hobi olahraga membentuk badan seperti ini agar tubuh menjadi bagus, dan bermanfaat bagi Kesehatan. Dengan olahraga seperti ini bisa membakar lemak jahat yang berpotensi menimbulkan penyakit," ungkap Kopda Jono.

“Untuk mempertahankan bentuk tubuh, Kami Bersama para atlet Koarmada II yang lain rutin melaksanakan latihan, baik secara mandiri maupun di tempat latihan kebugaran yang sudah disiapkan di Koarmada II, “ lanjut Kopda Jono.

Kopda Jono menambahkan bahwa “ Yang terpenting pada olahraga ini adalah dengan menjaga pola makan, pola latihan, dan mengonsumsi suplemen dan mengurangi asupan gula dan garam," pungkasnya. [Pen2]

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Guna mancegah terjadinya banjir, Babinsa Koramil 14/Pasie Raja Kodim 0107/Aceh Selatan Serda Rano Karno bersama warga gotong royong membersihkan selokan yang ada di dalam Desa Kampung Baru Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan, Senin (05/04/2021).

Kegiatan gotong royong ini juga sebagai langkah dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Menurut Serda Rano, selokan atau parit Desa sangat perlu dijaga dan dirawat akan kebersihannya dari tumpukan sampah atau material lainnya yang dapat menghambat aliran air.



"Sehingga, jika di saat turun hujan aliran air di selokan-selokan itu menjadi lancar."jelas Serda Rano.

Serda Rano menyebutkan, timbulnya bencana banjir banyak disebabkan akibat faktor kelalaian manusia itu sendiri, salah satunya dengan tidak menjaga kebersihan lingkungan dan sengaja membuang sampah di sembarangan tempat.

Maka, dalam kesempatan ini, Serda Rano mengajak masyarakat Desa binaannya lebih meningkatkan kesadaran untuk selalu menjaga dan merawat saluran air yang di dalam Desa.

"Termasuk juga, menjaga kebersihanya dengan tidak membuang sampah sembarangan yang dapat menyebabkan sumber penyakit dan menyebabkan saluran air menjadi terhambat. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan peduli dengan lingkungan."tutup Serda Rano. [Husni]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU -Selepas dilantik menjadi PJ.Bupati Labuhanbatu pada tanggal 31 Maret 2021 lalu oleh Gubernur Sumatera Utara H.Edy Rahmayadi, Muliyadi Simatupang, S.Pi, M.Si, memimpin apel gabungan kelompok 1,2,3 dan 4 Pemkab Labuhanbatu pada hari Senin 5 April 2021, di lapangan diklat Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Labuhanbatu Jln.H.A. Idris Rantauprapat.



Apel gabungan dimaksud dirangkai dengan silaturahmi bersama seluruh pejabat lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, menurut Muliyadi, kediranya dikabupaten labuhanbatu ini untuk melaksanakan perintah gubernur Sumatera Utara, yaitu memastikan pelayanan publik, dan memantau pelaksanaan PSU hingga terlaksana dengan baik dan memantau netralitas ASN Pemkab Labuhanbatu.

Hari ini kita melaksanakan apel gabungan yang merupakan salah satu sarana dalam peningkatan disiplin dan membagi informasi serta silaturahmi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

Dikesempatan itu PJ bupati Labuhanbatu berpesan kepada seluruh ASN untuk bersikap netral pada PSU nanti, " dinamika penyelenggaraan pemerintahan khususnya proses pemilihan kepala daerah yang masih berlanjut di Kabupaten Labuhanbatu maka kepada seluruh ASN kiranya agar tetap menjaga keamanan,ketertiban dan netralitas dalam rangka mensukseskan PSU yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 April 2021 mendatang. Ujar Mulyadi.



Apel upacara tersebut diawali dengan pembacaan teks Pancasila oleh pimpinan upacara dalam hal ini PJ.Bupati Labuhanbatu, dilanjutkan dengan pembacaan teks UUD-45 dan korps janji satia Pegawai Negeri Sipil.

Hadir mengikuti Upacara dimaksud, Sekdakab Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian, MMA, Asisten I,II dan III, para kepala OPD, Camat, Kaban,Kabag dan Staf pemerintah kabupaten labuhanbatu. (Rahmad)

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhajir Efendi dan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor komoditas pertanian senilai Rp. 220,4 miliar di Terminal Kontainer Jakarta Internasional (JICT), Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada hari Jumat (2/4).

Komoditas pertanian yang dilalulintaskan melalui pelabuhan Tanjung Priok dan Bandar Udara Soekarno Hatta ini terdiri ragam 72 jenis dengan total volume 7,1 ribu ton menuju 41 negara sekaligus.

Menurut Menko PMK, Muhajir Efendi yang turut hadir dalam pelepasan ekspor komoditas pertanian, mengungkapkan bahwa dengan ikut mendorong Ekspor pertanian maka mata rantai dan proses dari komoditas ekspor ini dapat bersinggungan langsung dengan masyarakat.

“ Saya berharap kegiatan ekspor pertanian ini dapat bersinggungan langsung dengan seluruh kalangan masyarakat hingga ke petani, sehingga otomatis dapat ikut menentaskan kemiskinan, “ ujarnya

Lebih lanjut Menko PMK mengungkapkan bahwa kehadirannya dalam acara pelepasan ekspor pertanian tersebut untuk memastikan  bahwa yang dilakukan Menteri Pertanian dan jajarannya merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam upaya mengangkat harkat martabat  masyarakat Indonesia khususnya petani.

Senentara menurut Mentan Syahrul, kehadiran Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dalam ekspor komoditas pertanian menjadi momentum positif dalam menjaga kinerja pembangunan dan ekspor pertanian khususnya dalam masa pandemi yang masih berlangsung.

"Hari ini kita memastikan bahwa hadirnya Menko PMK disini merupakan bagian dari tugas negara dan perintah Bapak Presiden, bahwa seluruh Menteri dalam Kabinet harus dapat bekerjasama dengan baik dan berusaha mengoptimalkan semua langkah untuk mengawal kepentingan bangsa," kata Mentan Syahrul.

Dalam kesempatan tersebut Mentan menuturkan keberhasilan ekspor komoditas pertanian membuktikan negara kita sangat kaya dengan beragam komoditas, produk pertanian kita dibutuhkan dunia. Peluang untuk terus berinovasi dalam produk pertanian sehingga bisa memenuhi kebutuhan negara lain. Di saat keterbatasan akibat pandemi Covid-19, seluruh insan pertanian termasuk yang berada di DKI Jakarta dan daerah sekitarnya tetap bekerja dan berproduksi, saya sangat mengapreasi.

“ Keberhasilan ekspor komoditas pertanian yang dilakukan hari ini dapat menjadi bukti bahwa produk pertanian Indonesia selalu hadir dan dibutuhkan hingga ke pasar dunia, “ ungkapnya

Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil yang juga hadir dan mendampingi secara teknis menjelaskan pada pelepasan ekspor terdapat ragam komoditas baru yakni pakan hewan kesayangan sebanyak 15 ton senilai  Rp 891,8 juta dengan tujuan negara India.

"Tentunya dengan iklim, layanan dan  kemudahan yang terus diberikan serta adanya inovasi teknologi pertanian kedepan harapannya makin banyak lagi komoditas baru dapat menyusul komoditas SBW, porang dan rempah-rempah yang berjaya di pasad ekspor," jelas Jamil.

Masih menurutnya, secara nasional seluruh jajaran Karantina Pertanian di 50 tempat pengeluaran baik pelabuhan, pos lintas batas dan bandar udara di Indonesia juga melalukan fasilitas ekspor terhadap 140 produk tumbuhan dan 9 produk hewan dengan total volume 44,2 ribu ton, senilai Rp. 1,22 triliun ke 94 negara tujuan.

"Tugas kami, sesuai undang-undang perkarantinaan adalah memastikan komoditas ekspor kita ini sehat, aman dan sesuai dengan persyaratan sanitari dan fitosanitari dinegara tujuan. Sehingga diterima dan memiliki daya saing yang tinggi," pungkas Jamil.

Pelepasan ekspor bersama  selain  dihadiri oleh dua menteri juga disaksikan oleh Yorrys Raweyai, DPD Komite 2, pejabat dari Kementerian Koordinator Perekonomian, pejabat eselon 1 di lingkup Kementan dan Pelabuhan Tanjung Priok. (JNI)
Diberdayakan oleh Blogger.