NUSANTARAEXPRESS, SANGAU, KALBAR - Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns melaksanakan karya bakti pembersihan jalan menuju sektor pariwisata air terjun bersama warga di Dusun Entabang, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis643/Wns Letkol Inf Hendro Wicaksono S.I.P, dalam rilis tertulisnya di Mako Satgas Entikong, Kab. Sanggau, Kalimantan Barat, Kamis (10/06/2021).

Dansatgas mengakatan kegiatan tersebut termasuk pembinaan teritorial berupa karya bakti yang dilaksanakan secara gotong-royong bersama warga.



“Karya bakti yang dilaksanakan Pos Entabang ini dilaksanakan dalam rangka membantu warga untuk membersihkan jalan yang akan menjadi sektor pariwisata air terjun dusun Entabang,” ujar Dansatgas.

Terpisah, Danpos Entabang, Sertu Hudani mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk membantu masyarakat untuk segera bisa mempromosikan sektor pariwisata air terjun dusun Entabang sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dusun Entabang.

“Kami mengajak warga untuk membersihkan jalan menuju arah Wisata Air Terjun dan berperan aktif menjaga alam sekitar sehingga nantinya sektor pariwisata ini bisa lebih berkembang dan bisa menambah nilai ekonomi untuk dusun Entabang." tutur Danpos.

Hidayat (30) Kepala Dusun Entabang, mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih sekali dengan bantuan dan motivasi dari personel Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns ini sehingga bisa mengelola wisata alam yg sdh lama terbengkalai.

“Kami sungguh senang dan bangga dengan kehadiran bapak-bapak TNI di desa ini, selain rutin membantu mereka juga menjadi contoh yang baik bagi warga Dusun Entabang,” pungkas Hidayat. [Pen Satgas 643/Wns]

NUSANTARAEXPRESS, SINTANG, KALBAR - Demi menjaga kebersihan dan kenyamanan, Batalyon Infanteri 642/Kapuas melaksanakan pembersihan di sekitar Masjid Al-Amin Semitau Hulu, Sintang, Kalbar.

Hal tersebut di sampaikan Komandan Batalyon Infanteri 642/Kapuas, Letkol Inf Alim Mustofa, dalam Rilis tertulisnya di Makoyonif 642/Kps, sintang, Kalbar.(11/6/2021)

Danyon mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kepedulian kita kepada lingkungan ibadah, dan tidak lupa tetap selalu memperhatikan protokol kesehatan.



"Menjaga kebersihan, menciptakan kenyamanan, dan silaturahmi antara masyarakat sekitar. itu tujuan utama dalam melaksanakan kegiatan tersebut, dan tidak lupa selalu memperhatikan protokol kesehatan". Ungkap Danyon

Di tempat terpisah, Serka Agus yang memimpin langsung kegiatan tersebut, dengan 15 orang anggota nya melaksanakan kegiatan tersebut dengan lancar.

"Menjaga kebersihan sekitaran Masjid mewujudkan rasa cinta dan kepedulian kita terhadap tempat beribadah, dan juga menjaga lingkungan sekitaran Masjid, dan kami tidak lupa dengan selalu menjaga protokol kesehatan", ujarnya. (Yonif 642/Kps)

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Dalam rangka menjaga kebersihan tempat ibadah, Babinsa Koramil 08/Bakongan Kodim 0107/Aceh Selatan Serda Anang SB bersama Personil Polsek Bakongan Timur, Dinas instansi lainnya dan masyarakat melakukan gotong royong.

Kegiatan pembersihan dengan gotong royong ini berlangsung di Mesjid Desa Ujung Mangki Kecamatan Trumon Timur Kabupaten Aceh Selatan, Jum'at (11/06/2021).

Disebutkan Serda Anang, sasaran gotong royong, meliputi pembersihan halaman Mesjid, mengepel lantai serta membersihkan tempat berwudhu.



Serda Anang mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan kebersamaan Babinsa Koramil 08/Bakongan dalam menjaga kebersihan dan kerapian tempat Ibadah.
Sehingga rasa nyaman tercipta ketika melakukan Ibadah di Mesjid tersebut.

"Selain itu, gotong royong ini merupakan bentuk kerjasama antara Babinsa dengan masyarakat dalam wilayah binaan. Hal ini juga, suatu sarana kami selaku Babinsa dalam memperkokoh hubungan harmonis dan silaturrahmi dengan masyarakat."ungkap Serda Anang.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, Mesjid itu menjadi semakin terawat, jamaah semakin nyaman dalam beribadah.

Dalam kesempatan itu juga, Serda Anang mengajak masyarakat di Desa binaannya bersama-sama menjaga kebersihan di lingkungan, baik di tempat ibadah maupun di lingkungan sekitar.

"Kebersihan ini haruslah kita jaga agar desa kita selalu bersih, rapi dan sehat."tutupnya. [Husni]

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Dalam upaya membantu menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayah serta melindungi kesehatan masyarakat, Babinsa Koramil 14/Pasie Raja Kodim 0107/Aceh Selatan Serda Rano Karno turun ke Desa membagi-bagi masker kepada warga.

Hal ini di lakukan di Desa Kampung Baru Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan, Jum'at (11/06/2021).

Di katakan Serda Rano, aksi pembagian masker tersebut merupakan upayanya dalam memberikan perlindungan kesehatan terhadap warga Desa binaannya.



"Sasaran kita adalah para warga yang tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah."sebut Serda Rano.

Menurut Serda Rano, masih terdapat beberapa para warga yang belum memiliki kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan tersebut di saat beraktivitas di luar rumah.

Selain membagikan masker, dalam kesempatan tersebut, Babinsa ini juga memberikan edukasi terhadap warga Desa binaannya tentang cara pencegahan covid-19.

"Aksi nyata pencegahan itu adalah dengan disiplin menerapkan anjuran protokol kesehatan yakni memakai masker, jaga jarak aman dan rajin mencuci tangan."imbuh Serda Rano.

Serda Rano berharap, kegiatan yang di lakukannya ini dapat menumbuhkan kesadaran warga di wilayah Desa binaannya terhadap kedisiplinan protokol kesehatan. [Husni]

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Nyawa tak berdosa dibuang orang tuanya dalam keadaan meninggal dunia terbungkus kantong plastik di dapur rumah salah satu warga Desa Krasak, Kecamatan/Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Kamis (10/6/2021).

Diterangkan Danramil 01 Brebes, Kodim 0713 Brebes, melalui Bati Tuud Pelda Bangun Pasaribu, jasad bayi perempuan ditemukan di dapur Tasripin (28), pedagang asal Desa Krasak RT. 004 RW. 003, pada pukul 16.00 WIB.

“Barang bukti lainnya adalah sehelai kain batik warna coklat. Untuk pelakunya sedang dalam proses penyelidikan Polsek Brebes,” ujarnya.



Sementara dari keterangan saksi mata, Tasripin, dirinya menemukan bayi di dalam kantong plastik itu bermula saat hendak mengambil karung di dapurnya sebagai wadah panen cabe di sawah.

“Ada kantong plastik warna hitam terjatuh waktu saya mengambil karung di dapur. Kemudian waktu saya angkat ternyata berat sehingga saya memeriksa isinya dan ternyata bayi,” bebernya.

Lanjut Tasripin, kaget bukan kepalang kemudian dirinya segera melaporkannya kepada perangkat desa setempat untuk diteruskan kepada bidan setempat, Etik Rahmiyati (45).



Dari pemeriksaan awal bidan tersebut, bayi sudah tidak mempunyai ari-ari atau plasenta, berumur 6 bulan lebih, dan panjangnya 25 centimeter.

Setelah mendapatkan laporan dari perangkat desa, petugas segera datang ke TKP untuk mencatat keterangan saksi-saksi dan kemudian mengevakuasi jasad bayi malang itu ke ruang jenazah RSUD Brebes untuk otopsi. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, berharap polemik seputar dana haji bisa diminimalisir. Oleh sebab itu, LaNyalla meminta Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) agar lebih transparan.

LaNyalla menyampaikan hal tersebut menanggapi langkah BPKH mengalokasikan dana olahannya pada usaha mikro dan menengah, melalui program Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) Syariah, dan Pembinaan Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) Syariah untuk membantu masyarakat.

"Dana haji adalah dana milik umat. Sehingga transparansi sangat dibutuhkan. Hal ini juga harus dilakukan agar tidak memicu polemik," tuturnya, Jumat (11/6/2021).

Menurutnya, penggunaan dana haji yang diinvestasikan sangat penting untuk ditunjukan kepada masyarakat, bukan hanya sebatas narasi keamanan investasi.

"Oleh sebab itu, BPKH harus lebih transparan kepada masyarakat, agar masyarakat mengetahui uangnya ada di mana dan berapa hasil investasinya, serta berapa besar manfaatnya untuk umat dan manfaatnya untuk urusan haji sendiri. Masyarakat perlu penjelasan yang riil dan langsung," katanya.

Selain itu, investasi menyasar surat berharga syariah negara (SBSN), Sukuk Korporasi, dan Surat Berharga Korporasi. Dengan imbal hasil yang beragam. Untuk syariah, mencapai 4 persen lebih, dan surat berharga proyeksinya mencapai 7,5 persen hingga 8 persen.

"Penjelasan detail seperti ini harus disampaikan agar tidak terjadi multipersepsi di masyarakat," katanya.

Penggunaan Dana Haji untuk kredit mikro, telah disetujui anggota BPKH maupun dewan pengawas. Langkah ini merupakan komitmen BPKH agar penggunaan dana haji bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Namun, mantan Ketua Umum PSSI itu berharap langkah BPKH harus jelas dan transparan.

"Apalagi memang tugas BPKH tidak mudah. Mereka bertanggungjawab dalam menutupi subsidi penyelenggaraan Ibadah Haji. Sehingga harus ada terobosan. Selama bisa dipertanggungjawabkan, transparan dan tidak berpolemik, kita akan mendukung langkah tersebut," katanya.

BPKH sendiri harus menyediakan sekitar Rp 7-Rp 7 triliun dalam satu tahun untuk menutupi subsidi penyelenggaraan haji. Selain itu, BPKH juga harus membayar virtual account, yang tahun lalu dianggarkan Rp 2 triliun untuk jemaah. (*)

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Pejabat Karantina Pertanian Tanjung Priok telah memastikan komoditas yang bernama ilmiah Zingiber officinale ini dalam keadaan sehat sebelum diberangkatkan.

Kami telah melakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan sehingga dapat dipastikan jahe tersebut bebas infestasi dan kontaminasi organisme pengganggu tumbuhan (OPT) serta telah memenuhi persyaratan fitosanitari otoritas karantina pertanian Pakistan,” ujar Hasrul, Kepala Karantina Pertanian Tanjung Priok melalui keterangan tertulisnya, Rabu (9/6).

Menurut Hasrul, dari data pada sistem perkarantinaan, Indonesian Quarantine Full Automation System (IQFAST) Karantina Tanjung Priok menunjukkan di tahun 2020 pihak telah memfasilitasi ekspor sebanyak 21 kali ke berbagai negara seperti Asia, Amerika dan Eropa dengan total volume sebanyak 42,5 ton dan nilai ekonomi mencapai 2,3 miliar rupiah.

Sementara hingga pertengahan tahun 2021, Karantina Pertanian Tanjung Priok telah memastikan kesehatan 10,2 ton produk jahe yang diekspor dalam tujuh kali pengiriman ekspor dengan capaian nilai ekonomi sebesar 323 juta rupiah.
Masih menurut Hasrul, komoditas rempah ini berasal dari sepuluh daerah di tanah air selain dari Jabar, daerah sentra komoditas ini berada di pulau Sumatera dan Sulawesi.

Komitmen Mendorong Ekspor Pertanian
Secara terpisah, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Bambang menyebutkan pihaknya terus mendorong upaya peningkatan ekspor pertanian yang menjadi tugas strategisnya.
“Selain mengakselerasi fasilitasi ekspor, kami pun melakukan sinergistas dengan entitas terkait. Untuk ekspor tidak boleh lambat, dan tentunya harus memenuhi persyaratan negara tujuan agar tinggi keberterimaannya,” kata Bambang.
Dengan program gerakan tiga kali lipat ekspor pertanian atau Gratieks yang digagas oleh Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo, red), Barantan selaku koordinator tim gugus tugas fokus pada pencapaian target yang telah ditetapkan.

Sebagai catatan, dari rilis data BPS untuk kinerja ekspor sektor pertanian kumulatif selama Januari – April tahun 2021 menunjukan angka peningkatan sebesar 15,75 persen dibandingkan periode sama di tahun 2020 atau (YoY).
“Komitmen seluruh pemangku kepentingan menjadi modal dalam pencapaian positif ini. Bersama kita kawal agar sektor pertanian mampu menjadi bagian dari pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung,” pungkas Bambang. [Red]

Labuhanbatu, Aktual News-Berkenaan dengan telah dibacakan putusan mahkamah konstitusi nomor 141/PHP.BUP-XIX/2021 dalam perselisihan hasil pemilihan bupati dan wakil bupati Labuhanbatu pada tanggal 3 Juni 2021 yang pada pokoknya memerintahkan KPU Labuhanbatu untuk melakukan pemungutan suara ulang Jilid kedua, pasca putusan tersebut KPU Labuhanbatu menetapkan tanggal 19 Juni 2021 tepatnya hari Sabtu untuk melakukan pemungutan suara ulang di 2 TPS yaitu TPS 007 dan TPS 009 Kelurahan Bakaran Batu Kecamatan Rantau Selatan.

Keputusan tersebut disampaikan ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi S.Sos pada rapat koordinasi persiapan PSU yang dihadiri Sekdakab Labuhanbatu Ir Muhammad Yusuf Siagian, MMA, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs.Sarimpunan Ritonga, M.Pd, dan beberapa unsur Forkopimda Labuhanbatu di balai pertemuan kantor KPU jalan WR Supratman Kelurahan Padang matinggi Kecamatan Rantau Utara Kamis 9 Juni 2021.

Amar putusan tersebut diambil dengan memperhatikan tenggang waktu yang ditetapkan dalam amar putusan mahkamah konstitusi paling lama 14 Hari jam kerja sejak putusan dibacakan.

” Pemilih yang dapat menggunakan hak pilihnya Pada pelaksanaan PSU di 2 TPS tersebut adalah pemilih yang terdaftar dalam DPT, DPTB dan DPPH sesuai dengan hasil pencermatan daftar pemilih dalam pelaksanaan pesu tanggal 24 April lalu”, ucap Wahyudi dikutip Diskominfo Labuhanbatu.

Menurut Wahyudi pemilih yang terdaftar dalam DPT pada saat pelaksanaan PSU harus membawa formulir model C. Pemberitahuan KWK dan menunjukkan KTP elektronik atau suket kepada KPPS sebagaimana dimaksud pasal 7 ayat 1 sampai dengan ayat 3 peraturan KPU nomor 18 tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan KPU nomor 8 tahun 2018 tas tentang pemungutan suara cara dan perhitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur bupati dan wakil bupati atau walikota dan wakil walikota.

Terlebih daripada itu ketua KPU Labuhanbatu mengatakan an-nissa sikan kepada peserta pemilih dan seluruh pemangku kepentingan dalam pemilih di 2 TPS tersebut terkait ketentuan-ketentuan ataupun peraturan dan tata cara pemilihan Yang Harus dipatuhi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Di lokasi yang sama Sekdakab Labuhanbatu Ir Muhammad Yusuf Siagian, MMA, menyampaikan kiranya PSU nantinya berjalan dengan lancar,aman dan kondusif, ” mari kita jaga dan sukseskan PSU ini”, ucapnya.

Dirinya berharap, persiapan PSU kali ini harus benar-benar dicermati dan diteliti oleh pihak penyelenggara, agar sekecil apapun pelanggaran yang menyebabkan diulangnya pemilihan tidak terulang lagi.

Dari hasil rapat tersebut disimpulkan, pada tanggal 19 Juni 2021 KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di dua TPS yakni TPS.007 dan 009 Kelurahan Bakaran Batu Kecamatan Rantau Selatan dengan total 942 pemilih, kemudian KPU akan melaporkan hasil pemungutan dalam jangka waktu 7 hari kerja sejak selesainya pemungutan suara ulang.

KPU juga tidak diperkenankan menetapkan keputusan hp-ku Labuhanbatu tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilihan Bupati dan wakil bupati Labuhanbatu dan menetapkan Pasangan calon terpilih sebelum adanya putusan mahkamah konstitusi yang inkracht. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Bogor, Aktual News-Dengan adanya program samisade Kabupaten Bogor,Masing – masing Desa telah mempunyai program yang akan mengalokasikan anggaran samisade .

Saat ditemui oleh awakmedia aktualnews Pada (11/06/2021) Jum’at di Kantor Desa Tapos II ,Tenjoljaya,Bogor.
Abdul Rojak Sekdes mengungkapkan ” dengan program samisade terutama ada beberapa yaitu para petani.Memperlancar hasil pertanian karena jalan saat ini sedang kurang bagus ,sehingga nantinya tidak ada kendala pada saat kepasar dan anak – anak sekolah pun merasa nyaman” ungkapnya.

Program ini yang lebih diutamakan ke para petani akses jalan yang tidak ada kendala.
Pada hasil rapat juga dari Ketua Rt dan musda dan titik ada RW 2 yang didalamnya ada petani palawija, budidaya ikan mas, yang akses jalanya tidak bagus.

Harapan semua akan berjalan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan kegiatannya,dan semoga Covid-19 cepat menghilang. [ Red/Akt-07/Kuswanto ]

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, MEDAN - Panglima Komando Daerah Militer I Bukit Barisan (Pangdam I/BB) Mayjen TNI Hassanudin SIP, MM, menghadiri Pelantikan Bupati Nias Ya'atulo Gulo dan Wakil Bupati Arota Lase yang dipimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, Kamis (10/6/2021)

Pelantikan diawali dengan pembacaan keputusan Menteri Dalam Negeri tentang pengesahan pengangkatan kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil Pilkada serentak tahun 2020 di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Selanjutnya pengambilan sumpah janji jabatan yang dipandu Gubsu Edy.



Dalam sambutannya, Gubsu meminta agar Bupati dan Wakil Bupati yang baru dilantik bekerja dengan serius. mengatakan pekerjaan besar menanti yakni mampu menunjang
kesejahteraan masyarakat," ucap Edy.

Pangdam berharap Bupati yang baru dilantik dapat mengemban amanah Rakyat dan mensukseskan program pemerintah, menekan laju Covid-19 dan pelaksanaan PPKM skala mikro.
Kodam I/BB , siap bersinergi selalu terbuka untuk kordinasi dan bekerjasama dengan Pemda Nias.



Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Turut hadir Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis, Anggota DPR RI, Marinus Gia, Kabiro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprovsu Basarin Yunus Tanjung, dan Kepala BKD Sumut, Faisal Arif Nasution, mewakili Kajatisu. [Pendam I/BB]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Pandemi Covid-19 menjadi pemicu motivasi pelaksana kehumasan pemerintah di Indonesia agar menjalankan tugas dengan baik. Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate menilai tantangan yang dihadapi humas pemerintah kian berat di tengah digitalisasi yang tengah berlangsung. Oleh karena itu, pelaksana kehumasan perlu beradaptasi dan menerapkan kebiasaaan baru di tengah tantangan yang semakin berat, khususnya di masa depan.

“Dengan kondisi pandemi Covid-19, Indonesia bahkan di seluruh dunia dirangsang untuk melakukan berbagai aktivitas kehidupan non-digital menjadi kehidupan di ruang digital, termasuk humas pemerintahan,” tuturnya dalam acara Jakarta Marketing Week 2021 yang berlangsung virtual dari Jakarta, Kamis (10/06/2021).

Menurut Menteri Johnny, momentum pandemi Covid-19 membawa perubahan yang sangat signifikan kepada tatanan gaya bekerja baru yang dialami oleh para humas pemerintah.

“Saat ini Pemerintah dituntut lebih aktif dalam menyampaikan informasi kebijakan secara langsung melalui saluran media komunikasi pada masyarakat kapan saja dan dimana saja. Hal ini diperlukan agar masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah di tengah masyarakat secara nyata,” jelasnya.

Menkominfo menyatakan pandemi Covid-19 juga turut mendorong seluruh anggota humas pemerintah kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk mampu beradaptasi mengubah kebiasaan-kebiasaan baru. “Dari sebelumnya berinteraksi fisik atau tatap muka di dunia nyata, menjadi berpindah ke dunia virtual dengan memanfaatkan kemajuan teknologi telekomunikasi,“ ungkapnya.

Menteri Johnny mengapresiasi penghargaan yang diberikan kepada humas pemerintah sebagai upaya mendukung komunikasi kehumasan yang semakin maju.  “Marilah bersama-sama kita dengungkan dan kita kerja bersama menuju Indonesia terkoneksi semakin digital, semakin maju,” ajaknya.

Bronze Winner Humas Entrepeneurship 2021

Dalam acara yang dilaksanakan Markplus Inc didukung Perhumas, Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan Humas Entrepreneur Award 2021 Bronze Winner untuk kategori kementerian/lembaga.

Penghargaan itu diberikan atas kampanye dan branding baru Kementerian Kominfo yakni tagline #SemakinDigital #SemakinMaju. Melalui tagline itu, Kementerian Kominfo mampu berperan sebagai edukator literasi digital untuk terus berupaya mengedukasi masyarakat melalui beragam pelatihan melalui media digital.

Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu mengucapkan terima kasih kepada Markplus atas penghargaan ini. “Tim Biro Humas Kominfo selalu berusaha mendayagunakan seluruh sumber daya, termasuk kekuatan media sosial untuk melakukan sosialisasi program prioritas kementerian melalui tagar Semakin Digital Semakin Maju,” ujarnya.

Selain Kementerian Kominfo, adapula Ditjen Bea Cukai Kementereian Keuangan melalui kampanye #PeranBeaCukaiDalamPemulihanEkonomiNasional, kemudian Badan Pusat Statistik (BPS) dengan #MencatatIndonesia, dan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lewat #CariRumahTanpaKeluarRumahDenganSiKasep yang mendapat penghargaan serupa atas kemampuan humasnya yang mampu mengkomunikasikan program-programnya dalam berbagai keterbatasan di tengah pandemi Covid -19.

Selain Menteri Johnny, penyelenggaraan ke-9 Jakarta Marketing Week 2021 dengan tajuk “Winning in The Recovery Period” dihadiri Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel A. Pangerapan; Direktur Telekomunikasi Ditjen PPI Kominfo, Aju Widyasari, Founder dan Chairman Markplus Inc, Hermawan Kartajaya; Ketua Umum BPP Perhumas Indonesia, Agung Laksamana; Wakil Ketua Umum I BPP Perhumas Indonesia, Heri Rahmadi; serta perwakilan dari kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota.  *

NUSANTARAEXPRESS, MAGETAN - Keluarga Soeharto meluncurkan buku tentang 999 Masjid yang dibangun mendiang Presiden ke-2 RI itu. Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, berharap buku tersebut bisa menjadi informasi bagi masyarakat terhadap peninggalan Presiden Soeharto.

Pembangunan 999 masjid oleh Soeharto, dilakukan melalui Yayasan Bakti dan tersebar di seluruh Indonesia. Masjid-masjid tersebut dibangun menggunakan uang yang dikumpulkan dari PNS-PNS dan masyarakat.

"Ini hal positif yang diwariskan mendiang. Melalui buku tersebut masyarakat akan mengetahui masjid mana saja yang dibangun oleh Presiden Soeharto," tutur LaNyalla di sela-sela kunjungannya di Magetan, Kamis (10/6/2021).

Menurut Ketua DPD RI, apa yang dilakukan Presiden Soeharto membangun hampir seribu masjid sangatlah menginspirasi. LaNyalla berharap tindakan Presiden Soerharto menjadi warisan yang berguna.

"Semoga 999 masjid yang dibangun Presiden Soeharto dapat membawa manfaat untuk negeri ini, karena banyak bermanfaat bagi masyarakat, khususnya umat muslim. Semoga hal ini menjadi contoh bagi kita semua agar mampu mewariskan sesuatu yang berguna untuk banyak orang, baik itu sarana ibadah ataupun sarana pendidikan," papar senator Jawa Timur itu.

Menurut mantan Ketua Umum PSSI itu, membangun negara dapat dilakukan dengan berbagai cara. Namun ia mengingatkan pembangunan harus dilakukan secara baik dan sesuai hukum.

"Saya berharap apa yang dilakukan Presiden Soeharto bisa menjadi teladan bagi kita semua. Saat ini juga sudah banyak pahlawan kemanusiaan yang melakukan hal serupa. Semoga akan lebih banyak lagi," sebutnya.(*)

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Pelaku penyebar informasi hoaks Manuel Metemko alias EKM (38) ditangkap Satgas Nemangkawi di Jalan Perikanan Darat, Kelurahan Kelapa V, Kecamatan Merauke, Kabupaten Merauke, Papua, Rabu (9/6/2021).

Manuel telah menyebarkan hoaks dan ujaran kebencian permusuhan individu maupun kelompok masyarakat dengan SARA.

Penangkapan pelaku Manuel dilakukan atas penyelidikan yang telah dilakukan sebelumnya oleh Satgas Nemangkawi, dengan adanya LP/A/252/VI/2021/SPKT/Sat Reskrim/Res Merauke/Polda Papua, tanggal 07 Juni 2021, adapun barang bukti yang berhasil disita 1 (satu) Buah Hanphone merk VIVO warna biru.

"Pemilik akun facebook Manuel Metemko a.n EKM Ketua I Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Merauke harus mempertanggungjawabkan perbuatannya yang telah berulangkali melakukan tindakan penyebaran berita yang tidak benar atau hoaks, provokasi, kebencian antar pribadi maupun kelompok masyarakat," kata Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi KBP Iqbal Alqudussy, dalam keterangan pers, Kamis (10/6/2021).

Saat ini Tim Satgas Siber telah nembawa tersangka ke Polres Merauke untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan tentunya pemeriksaan Digital Forensik terhadap barang bukti yang diamankan.

"Nanti akan dikembangkan kembali berapa postingan-postingan yang hoaks dan provokatif dalam pemeriksaan pelaku maupun dari hasil digital forensik. Janganlah membuat berita Hoax atau tidak benar, memprovokasi masyarakat dengan berita-berita kebencian yang berakibat permusuhan di bumi Papua, Masyarakat ingin hidup damai," katanya.

Pelaku dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas SARA dan berita Bohong (hoaks) melalui aplikasi media Sosial facebook.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 45A ayat (2)  Juncto Pasal 28 ayat (2) UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008. (*)
Diberdayakan oleh Blogger.