Serang, Aktual News – Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Jawilan dan Graha Kreatif menggelar kegiatan Donor Darah, Para Pendonor merupakan delegasi dari beberapa instansi pemerintahan dan perusahaan yang ada diwilayah Jawilan, kegiatan Donor Darah ini bertempat di Graha Kreatif Kampung Katileng, Desa Pasir Buyut, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Selasa (26/10/2021).

Haris ketua PMI Kecamatan Jawilan, kepada media mengatakan, kegiatan Donor Darah ini merupakan program kerja PMI Kecamatan Jawilan setiap tiga bulan sekali, kegiatan ini berkolaborasi dengan Graha Kreatif, PT. MMS, Jalan Tol Tanggerang Merak, dan Komunitas Salam Setetes Darah (KSSD). Menurutnya, kegiatan Donor Darah ini bertepatan dengan HUT PMI yang ke 76 Tahun, Hari Jadi Kabupaten Serang, bertepatan juga dengan Hari Jadinya Provinsi Banten, Bertepatan dengan Hari Jadi TNI, dan Hari Dokter se Dunia.

“Untuk donor darah kali ini kita memakai tempat di Graha Kreatif, sekaligus dalam rangka memperingati hari – hari ulang tahun yang bertepatan dengan kegiatan kita. Para pendonor darah merupakan delegasi dari instansi pemerintah dan perusahaan – perusahaan yang ada di Kecamatan Jawilan, namun ada dari beberapa desa yang tidak mengirimkan delegasi, dikarenakan sedang ada kegiatan Vaksinasi, tidak boleh juga setelah di Vaksin diambil darahnya,” katanya

Menurut Haris ketua PMI Kecamatan Jawilan, untuk sementara stok darah di Unit Donor Darah Kabupaten Serang sangat kekurangan, karena darah yang dibutuhkan oleh beberapa rumah sakit yang ada diwilayah kabupaten Serang untuk darahnya itu didapat dari PMI

Dirinya pun menghimbau kepada masyarakat agar tergugah hatinya untuk melakukan donor darah, PMI secara marathon terus berusaha bermacam – macam strategi dilakukan, demi stok di Unit Donor Darah Kabupaten Serang.

“Seperti saat ini kita jemput bola, mengadakan kegiatan Donor Darah, dan saya pun mengapresiasi kepada para instansi pemerintahan dan perusahaan, Porkopimcam kecamatan Jawilan, yang sudah mengirimkan delegasi untuk mengikuti kegiatan donor darah, dan terima kasih terhadap Graha Kreatif yang sudah memfasilitasi tempat serta akomodasi, apresiasi yang kita berikan berupa sertifikat,” ucapnya

Masih ditempat yang sama, H. Agus Saefudin Camat Kecamatan Jawilan selaku pembina PMI Kecamatan Jawilan kepada media mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan program kerja PMI Kecamatan Jawilan, selain kegiatan Bakti Sosial (Baksos) lainnya.

“Sebelumnya kita melakukan donor darah digedung Islamic Centre, untuk donor kali ini kita menggunakan tempat di Graha Kreatif, karena waktu itu Graha Kreatif menawarkan, sehingga saya merekomendasikan,” tutupnya

Dikesempatan yang sama, Ketua Umum KSSD, Ais kepada media mengatakan, sangat bersyukur dan alhamdulilah KSSD di ikut sertakan dalam kegiatan baik ini, namun dirinya menjelaskan bahwa untuk rekan – rekan Komunitas Salam Setetes Darah, yang bergerak dalam kegiatan Donor Darah, pada kesempatan kali ini yang hadir baik dari kepengurusan kabupaten Serang dan kepengurusan Kabupaten Lebak tidak melakukan donor darahnya, karena sudah punya jadwal tetap untuk melakukan Donor.

“Kebutuhan donor darah rekan – rekan untuk saat ini belum jadwalnya dan kebutuhan donor untuk menjaga kebutuhan darah pasien Thalasemia, kita disuport juga oleh Bakso ARB 33 dan Copy Team Care Komunitas Yatim dan Dhuafa untuk mengadakan Donasi Ikhlas Sepenuh Hati dikegiatan ini, hasil penjualannya akan di donasikan diberikan kepada anak yatim dan dhuafa,” ucapnya

Masih dilokasi kegiatan Donor Darah, Samsudin PJS desa Cemplang yang juga menjabat sebagai Sekretaris Camat (Sekmat) kecamatan Jawilan mengatakan, dirinya membawa delegasi dari desa Cemplang untuk melakukan donor darah sebanyak 5 orang.

“Delegasi untuk Donor Darah dari desa Cemplang sebanyak 5 orang, alhamdulilah permintaan PMI Kecamatan Jawilan terpenuhi, meminta Delegasi Donor Darah sebanyak 5 Orang,” ujarnya.

Dikatakanya, kenapa saya ikut andil mendonorkan darah saya pribadi, secara pribadi saya tidak bisa menyumbangkan apapun dalam kegiatan baik ini, Yang dapat saya berikan hanya ini saja (ikut Andil Mendonorkan Darah- Red).

“Semoga apa yang saya, dan delegasi lakukan dapat membantu kegiatan baik ini,” tutupnya [ Red/Akt-01/Ahmad Suryani ]

 

Aktual News

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.