Karanganyar, Aktual News Kodim 0727 Karanganyar menberangkatkan bantuan ke erupsi gunung Semeru Lumajang sebanyak 3 truk kebutuhan hidup, sandang, pangan dan uang, Rabu (8/12/21).

Dengan waktu sangat singkat hanya dengan waktu sehari saja Kodim 0727 mampu mengumpulkan bantuan untuk kurban lahar erupsi gunung Semeru Lumajang tiga truk.

Bantuan dari masyarakat itu berupa pakaian pantas pakai, susu, perlengkapan mandi, uang dan aneka bantuan lainnya.

“Kalau sudah bicara tentang kemanusiaan itu sudah no debat, prinsip penanggulan kemanusiaan itu cepat tepat, kita mengadakan kemitraan, kolaborasi antara masyarakat dengan kodim, Kodim juga warga Karanganyar.” Ungkap Dandim karanganyar letkol Inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo.

” Semuanya tiga truk dan pagi ini juga kami kirimkan ke posko bencana Semeru untuk diteruskan pada yang ber hak, saya kagum dan salut, minat masyarakat untuk membantu kurban bencana sangat tinggi, hati mereka sangat mudah tergerakan untuk membantu sesama” kata Dandim Karanganyar Letkol Infantri Ikhsan Agung Widyo Wibowo Rabu (8/12).

Pemberangkatan itu dilakukan oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono  yang mengatakan bencana itu tidak akan bisa memisahkan kebersatuan kita sebagai sesama warga NKRI.

Dengan adanya bencana justru mengetuk hati kita untuk mengulurkan tangan guna membantu, tidak memandang daerah mana yang terkena bencana dan karena kita mampu maka kita kirimkan bantuan kesana.

Dandim mengatakan, sebenarnya Senin dia baru pulang dari luar kota saat itulah sudah mulai ramai pemberitaan soal bencana eropsi Semeru itu.

Sehingga akhirnya dia memutuskan mengirimkan personil Kodim yang sudah terlatih dan terbiasa menangani bencana untuk membantu kesana.

Namun saat merencanakan itu terdengar oleh yang lain dan tersiar sehingga banyak warga masyarakat ingin membantu juga, akirnya niatnya hanya membantu personil malah Kodim ahkirnya mengordinasi bantuan.

” Kalau bantuan itu terpusat ke Kabupaten malah justru bisa terkoordinasi dan ini mencegah juga penyimpangan untuk memanfaatkan momen bencana untuk kebutuhan pribadi, oleh karena itu pengiriman bantuan dilakukan oleh Bupati agar terkoordisi dengan bantuan Pemerintah,” ungkap Dandim.

Sedangkan bantuan personal ternyata sudah dikoordinasikan oleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana) dan juga sudah mengirimkan Personal ke Lumajang dari satuan Rendan (Relawan Karangpandan) dan juga personel BPBD lainya yang sudah terlatih dan terbiasa untuk membantu evakuasi disana.

Bupati salut dengan gerak cepat Kodim menggalang bantuan bencana Gunung Semeru ini, disamping itu juga kesigapan masyarakat yang cepat tanggap untuk membantu kurban bencana erupsi gunung Semeru.

Itu sebuah langkah yang baik untuk membuktikan bahwa warga masyarakat Karanganyar cinta NKRI dan selalu siap membantu yang sedang kena bencana dan sedang kesusahan.[Red/Akt-52/Dawam]

 

Aktual News

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.