Peserta Pertemuan Koordinasi Kegiatan Pendampingan Kibbla Tahun 2022, Kesehatan Ibu Dan Bayi Baru Lahir Di UPT Puskesmas Jawilan

Peserta Pertemuan Koordinasi Kegiatan Pendampingan Kibbla Tahun 2022, Kesehatan Ibu Dan Bayi Baru Lahir Di UPT Puskesmas Jawilan

Rabu, 13 Juli 2022,




Jawilan, Serang - Aktualinvestigasi.com | Rapat Koordinasi Kegiatan Pendampingan Kibbla Tahun 2022, dengan tema Kesehatan Ibu Dan Bayi Baru Lahir bersama peserta dalam pertemuan koordinasi di UPT Puskesmas Jawilan yang bertujuan pendampingan Kibbla dalam akselerasi penurunan Aki dan Akb, meningkatkan kualitas kesehatan ibu, bayi baru lahir dan anak balita, acara tersebut bertempat diAula Puskesmas Jawilan Kabupaten Serang, Provinsi Banten. 

Selasa, (12/7/2022) 


Acara dihadir oleh Hj.Imas Mugiarti, SKM., Kepala Puskesmas Jawilan, Drg. Jatining Estu Astuti  Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Kabupaten Serang, Deni Firdaus Suryaningrat, S. Sos, M. Si., Camat Jawilan, Tenda Subekti, S. Pd., M. Si., Camat Kopo, Hj. Siti Juhaeni S. ST., kepala Puskesmas Kopo, Mad Suta Kasi Kasos Kecamatan Jawilan, Dr.Siti Mulhaidah kepala Puskesmas nyompok, Kepala KUA Jawilan, Kepala KUA Kopo, Tokoh Agama Kopo, Tokoh Agama Nyompok, Ibu ibu Kader KB Jawilan, Ibu ibu Kader KB Nyompok. 



Dalam upaya PKM dan Desa Dalam penguatan Kibbla, puskesmas Jawilan meminta agar ibu hamil dan tim kesehatan selalu melakukan langkah Pemeriksaan kehamilan minimal 6 kali dengan ANC sesuai standar, Verifikasi dan Validasi adminduk dan kepesertaan  BPJS di poli KIA dan Bidan Desa dilanjutkan koordinasi dengan pihak linsek terkait, Memastikan RS rujukan, biaya yang digunakan, donor darah, ( 9 Desa), Kendaraan atau Ambulance Desa, Screening Bumil Risti oleh Bidan bersama dengan Dokter Kibbla, pendampingan rujukan ibu dan bayi Risti oleh bidan dan kader, kunjungan rumah bumil resti oleh Dokter, tim bina desa dan linsek pemantauan rujukan post rawat rumah sakit oleh bidan desa, koordinasi dan komunikasi dengan RS DP dalam hal pemantauan rujukan ibu dan bayi, pendataan bumil oleh kader dan lintas sektoral. 


Menurut penjelasan Imas selaku kapus Jawilan bahwa Peran Desa agar memfasilitasi pembuatan kelengkapan administrasi kependudukan bagi semua ibu hamil seperti KTP, KK, BPJS dan SKTM, Desa pun agar selalu memantau dan memfasilitasi pemantapan pelaksanaan P4K, Monev dan memfasilitasi UNBK, Tim Kibbla dan Timpinglin Desa, Pemantauan sasaran Kibbla terutama yang risiko tinggi, Evaluasi dan pembinaan kemitraan bidan dan paraji, melakukan pertemuan rutin di Desa untuk membahas tentang layanan Kibbla di desa.


Hj.Imas Mugiarti, SKM., Kepala puskesmas Jawilan saat diwawancarai mengatakan pada awak media 

" Kegiatan hari ini adalah kegiatan koordinasi pendampingan persalinan yang diselenggarakan oleh dinas kesehatan dan puskesmas jawilan, puskesmas nyompok, puskesmas kopo, pak camat jawilan juga hadir. 


Jadi kegiatan ini untuk menguatkan pendampingan persalinan dimana kita akan tekan angka kematian ibu dan kematian bayi itu bukti tujuannya, " Ucapannya. 


" Kami berharap semua yang hadir disini sebagai unsur masyarakat, sebagai unsur tokoh agama, pak camat, kepala desa atau semua yang terkait ikut kontribusi dalam pencegahan persalinan dan menimbulkan konflikasi untuk kematian tersebut  , " Tambahnya. 


Imas menghimbau agar masyarakat peduli terhadap ibu hamil, ibu nifas, 

dan pada bayi balita 


" Kami menghimbau pada masyarakat agar peduli terhadap ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, dan juga kepada bayi balita yang dimana bagimana kita bersama sama sinergi, membantu, mendukung supaya tidak terjadi kematian ibu, dan kematian bayi, " Tutupnya.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].

TerPopuler