Kegiatan Engineering PW PII DKI Jakarta Trip ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Sukses Digelar

Kegiatan Engineering PW PII DKI Jakarta Trip ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Sukses Digelar

Senin, 22 Agustus 2022,


Jakarta
- Aktualinvestigasi.com  | Kegiatan Engineering Trip ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Sukses di gelar selama dua hari berturut-turut pada tanggal 20-21 Agustus 2022.


Kegiatan yang digelar oleh Pengurus Wilayah Persatuan Insinyur Indonesia DKI Jakarta (“PW PII DKI Jakarta”) sebagai Organisasi Profesi di bidang Keinsinyuran tersebut berjalan sukses dan lancar. 



Adapun kegiatan dikemas dengan tiga 

acara: Talk Show, Field Trip dan Ecotourism. Engineering Trip ini diikuti oleh 47 peserta yang terdiri atas Pengurus Wilayah dan Pengurus 

Cabang di wilayah DKI Jakarta, pegiat PII dari luar DKI, professional di bidang sumber daya air, pertanian dan perikanan serta masyarakat umum yang berminat dalam kerja keinsinyuran hayati maupun non hayati. Peserta berangkat dari Marina Ancol dil 20 Agustus 2022 pagi.




Sesampai di Pulau Tidung dilanjutkan dengan Talk Show dengan tema:


“Pengembangan Wilayah Kepulauan dalam Kemandirian Pangan, Energi dan Wistata” dengan pembicara: Dr. Ahmad Agus Setiawan, Staf Ahli Bidang Energi Kantor Sekretarian Presiden dan Ir. M. Hatta Sukarno, Senior Manager PAM JAYA, serta pembicara kunci Bapak Sekretaris Camat Kepulauan Seribu Selatan.


Field Trip adalah mengunjungi Instalasi Pengolahan Air Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) dan Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL). IPA SWRO di Pulau Tidung adalah asset PAM JAYA untuk memenuhi kebutuhan dasar air minum warga Pulau Tidung. Kapasitas IPA 3 liter per detik digunakan untuk memenuhi kebutuhan 5.700 warga.


Pengolahan dengan 

menggunakan teknologi Reverse Osmosis mengubah air laut menjadi air minum. PBKL dalam fungsinya melakukan kegiatan keinsinyuran hayati, sebagai contoh adalah pembudidayaan 

ikan nemo, ikan kerapu, pengembangan tanaman mangrove serta transplantasi karang.


Kegiatan Ecotourism dalam Engineering Trip: melakukan penanaman mangrove, pembudidayaan ikan nemo sekaligus snorkeling. Peserta menikmati ecotourism ini, dengan memperhatikan aspek keselamatan yang dipandu instruktur. Bersepeda keliling Pulau Tidung, menikmati sunset di Saung Barat Pulau Tidung adalah momen yang dinikmati peserta.


Antusiasme peserta dalam Engineering Trip nampak dalam setiap rangkaian acara, Talk Show, Field Trip maupun Ecotourism.


Apresiasi atas terselenggaranya Engineering Trip, yang menggabungkan,seperti dalam tag line acara, Sharing, Cultivating, and Healing. Sharing, narasumber berbagi pengalaman dalam kerja keinsinyuran. Cultivating, kegiatan pengembangbiakan ikan nemo, budidaya mangrove dan Healing, menikmati keindahan laut, 

sebagai charging.




Ir. Priyatno Bambang Hernowo, ST., MM., IPU., ASEAN Eng yang merupakan Ketua Pengurus Wilayah PII Provinsi DKI 

Jakarta melalui Wakilnya berharap akan dilakukan kegiatan dengan konsep yang sama di waktu yang akan datang.


"PW PII DKI Jakarta berterimakasih kepada Pemkab Kepulauan Seribu, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, PAM JAYA, dan pihak Sponsor sehingga acara bisa diselenggarakan dengan baik dan lancar, serta tentu kepada Peserta yang telah antusias dan gembira mengikuti acara Engineering Trip”, ungkap Ir. Djuniarman A. Djulkifli, IPU, ASEAN Eng, sebagai Wakil Ketua PW PII DKI Jakarta dalam penutupan acara sebelum ke Marina Ancol. 


Akhirnya peserta sampai dengan selamat di Marina Ancol di 21 Agustus 2022 sore.[Akt-002/Red-AI/I/2022/Agi].

TerPopuler