Sinergi Pemkab Serang dan Kejaksaan Semakin Kuat

Sinergi Pemkab Serang dan Kejaksaan Semakin Kuat

Rabu, 15 Maret 2023,

 


Serang, Banten - Aktualinvestigasi.com | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang terus bersinergi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), baik bersifat pemerintahan maupun pelayanan hukum, termasuk bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang. Hal tersebut terungkap saat pisah sambut Kepala Kejari Serang di Pendopo Bupati Serang, Kamis (23/2/2023) malam. 



Pisah sambut Kepala Kejari Serang antara Freddy D Simanjuntak kepada Muhammad Yusfidli Adhyaksa. Freddy ditugaskan di tempat baru yakni sebagai Inspektur Muda Kepegawaian dan Tugas Umum pada Inspektorat V Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejagung. Sementara Yusfidli sebelumnya menjabat Jaksa Ahli Madya pada Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejagung, serta ditugaskan di Kementerian Luar Negeri sebagai Atase Kejaksaan pada Kedubes RI di Singapura. 


“Alhamdulillah dan terima kasih, kolaborasi dan sinergi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda di Kabupaten Serang terjalin dengan baik, di antaranya semakin kuat bersama Kejaksaan Negeri Serang. Baik antar instansi maupun program bersama dalam memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat,” ujar Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dalam sambutannya. 


Sekadar diketahui, sejak memimpin Kejari serang pada Agustus tahun 2021, Freddy D Simanjuntak bersama Pemkab Serang terus memperkuat kerja sama dalam memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat. Antara lain, kerja sama bidang perdata dalam memperkecil piutang pajak daerah, peningkatan pemahaman dan pencegahan tindak pidana korupsi terhadap masyarakat dan aparatur pemerintah daerah.


Selain itu, Pemkab Serang dan Kejari Serang sukses mengawal program Kejaksaan Tinggi Banten, dengan membangun Rumah Restorative Justice di Kecamatan Ciruas. Selanjutnya, Pemkab Serang berkomitmen untuk menyediakan lahan bagi kantor baru Kejari Serang di Puspemkab Serang. Pemkab Serang juga siap menyukseskan pembangunan Rumah Sakit Adyaksa di Kecamatan Kragilan. 


“Terima kasih tidak terhingga kami sampaikan dan selamat bertugas di tempat baru untuk Bapak Freddy. Selamat datang Bapak muhammad yusfidli. Kami berharap dan yakin, sinergi dan kolaborasi semakin kuat bersama Pemerintah Kabupaten Serang. Kami ingin terus didampingi agar semua program yang dijalankan berjalan baik dan sesuai harapan,” ujarnya Tatu. 


Freddy D Simanjuntak mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjadi dalam Forkopimda, khususnya dengan Pemkab Serang. “Terutama kerja sama yang baik dalam memberikan manfaat untuk masyarakat. Dan kami melakukan pendampingan karena bagian dari tugas kami,” ujarnya. 


Menurut Freddy, ia akan ditugaskan di tempat baru yakni pada Inspektorat V Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejagung yang salah satunya menaungi kejaksaan di Provinsi Banten. “Banten juga akan menjadi wilayah hukum saya. Nanti kami datang sebagai inspekturr. Jadi kami pergi, untuk kembali,” ujarnya. 


Kepala Kejari Serang yang baru, Muhammad Yusfidli Adhyaksa akan melanjutkan program-program kolaborasi yang sudah dilakukan sebelumnya. “Kami mohon dukungan dan siap bekerja sama,” ujarnya. 


Jika bicara pembangunan nasional, menurutnya, Kejaksaan siap mendukung dan mendampingi program yang dilaksanakan pemerintah daerah, diantaranya Pemkab Serang. “Kami menawarkan pola komunikasi dan advance yang secara teknis hukum bisa membantu pembangunan nasional,” ujarnya. 


Ia memahami, Kabupaten Serang merupakan wilayah yang terus berkembang, sehingga unsur kepercayaan investasi dan masyarakat harus disampaikan. “Kejaksaan kecil di antara sistem yang besar. Tapi sebagai sebuah sistem harus bisa dipercaya. Dan apa yang sudah dilaksanakan Pak Freddy akan kami terus laksanakan, dalam rangka kolaborasi dan sinergi,” ujarnya. (Akt-002/Agi)

TerPopuler