Danrem 064/MY Ikut Rakornis TMMD Ke 116 TA 2023

Danrem 064/MY Ikut Rakornis TMMD Ke 116 TA 2023

Rabu, 03 Mei 2023,


Serang, Banten - Aktualinvestigasi.com | Komandan Korem (Danrem) 064/MY , Brigjen TNI Tatang Subarna , beserta Kasrem 064/MY Kolonel Inf Nurkhan, Kasi Ren Korem 064/MY, Kasi Pers Korem 064/MY, Dandim 0623/Cilegon, Dandenkesyah Serang, Setda Kota Cilegon, Ketua Komisi IV DPRD Cilegon, Kepala Beppeda Kota Cilegon, Kadis PUPR Cilegon mengikuti vicon Rakornis TMMD 116 di Aula Baluwarti Makorem 064/MY, Kota Serang. Rabu (03/04/2023).


Rakornis TMMD Ke-116 TA 2023 kali ini dipimpin oleh Aster Kasad, Mayjen TNI Mochammad Hasan dari Mabesad, Jakarta. Rapat ini juga diikuti para Bupati/Walikota beserta Forkopimda dan Kepala Bappeda serta para Danrem dan Dandim yang wilayahnya masuk dalam Program TMMD Ke-116 TA 2023.



Aster Kasad, Mayjen TNI Mochammad Hasan selaku Pati Bidang Perencanaan Penanggung Jawab Operasi (PJO) TMMD menyampaikan bahwa, Rakornis TMMD merupakan rangkaian kegiatan yang mengawali pelaksanaan TMMD dalam setiap tahapannya.


Rakornis TMMD sebagai wahana untuk melaksanakan koordinasi dan berkomunikasi langsung dengan Staf PJO TMMD, Kemen/LPNK dan pejabat Daerah yang akan melaksanakan Program TMMD di wilayahnya.


Program TMMD sudah dilaksanakan selama 43 tahun, mulai tahun 1980 dikenal dengan sebutan ABRI Masuk Desa atau AMD dan pada saat reformasi bergulir sebutannya menjadi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).


Aster juga mengatakan bahwa, TMMD bukan domain dari TNI semata, melainkan program bersama semua komponen Bangsa yang terkoordinasi dan terkoordinir yang dilaksanakan secara bergotongroyong, bahu membahu antara TNI/Polri, Kementerian/LPNK, Pemerintah di daerah


beserta komponen masyarakat demi terwujudnya akselerasi pembangunan di wilayah. TMMD dilaksanakan secara rutin sebanyak 3 kali dalam setahun.


Seperti kegiatan TMMD sebelumnya, Aster Kasad juga menyampaikan bahwa, pada pelaksanaan TMMD Ke-116 juga akan dilaksanakan Lomba Karya Jurnalistik, yang akan diikuti oleh para Dansatgas TMMD dan para Wartawan cetak, online dan elektronik baik nasional maupun daerah.


“Untuk itu, kepada para Dansatgas yang di lapangan agar mempedomani ketentuan dan tujuan dilaksanakannya Lomba Karya Jurnalistik (LKJ).  Publikasikan kegiatan TMMD Ke-116 TA 2023 secara massif,” pungkas Mayjen TNI Mochammad Hasan.


Sementara itu Danrem 064/MY usai mengikuti Rakornis menyampaikan Untuk di Korem 064/MY sendiri, kali ini Kodim 0623/Cilegon menjadi pelaksana TMMD ke 116 di Kelurahan Cikerai Kecamatan Cibeber sehingga pejabat Forkopimda Kota Cilegon juga hadir di acara Rakornis secara virtual


“Vicon ini untuk menyamakan persepsi tentang berbagai program pemerintah yang dapat disinergikan melalui TMMD ke 116 yang akan dilaksanakan mulai pada tanggal 10 Mei s.d. 8 Juni 2023  mendatang,” terang Danrem


Lebih lanjut Danrem 064/MY mengatakan TMMD merupakan salah satu solusi bagi Pemda untuk menjawab aspirasi kebutuhan masyarakat saat ini. Dan TMMD pula merupakan wadah instansi lintas sektoral untuk bergotong-royong serta meningkatkan soliditas dalam pengabdian meningkatkan kesejahteraan masyarakat


Berkaitan dengan publikasi/pemberitaan pelaksanaan TMMD ke 116 Kodim 0623/Cilegon melalui media massa, Danrem meminta agar segenap stakeholder di Kota Cilegon dapat mensupport setiap jengkal pelaksanaannya sehingga pembangunan infrastruktur, SDM, dan gotong-royongnya, agar diketahui juga khalayak umum baik lokal maupun nasional.


" Yang utama adalah bagaimana kemanunggalan TNI dengan rakyat dapat diketahui umum saat pelaksanaan TMMD itu sendiri,” pintanya.[Akt-002/Agi].

TerPopuler