Simeulue, Aktual News- Dalam rangka mengenang keteladanan wali Allah Tengku Khalilullah atau yang akrab di kenal warga Simeulue sebagai Tengku Diujung, Kapolres Simeulue AKBP Panji Santoso melaksanakan giat acara Haul.

Acara Haul tersebut dilaksanakan di Makam Tengku Khalilullah Desa Latak Ayah Kecamatan Simeulue Cut, Kabupaten Simeulue pada Sabtu (8/1).

Adapun Haul yang dalam pengertian bahasa merupakan tradisi peringatan kematian seseorang dengan tujuan mendoakan ahli kubur agar semua amal ibadah yang dilakukannya diterima Allah sekaligus mengenang keteladanan semasa hidup dari tokoh yang diperingati tersebut.

Acara yang di sambut antusias dan dukungan penuh dari semua kalangan masyarakat serta ulama se-kabupaten Simeulue tersebut mendapat apresiasi yang luar biasa karena merupakan yang pertama kalinya digagas langsung oleh Kapolres di Simeulue, Ujar Yusuf Daud Ketua Projo DPC Simeulue kepada awak media Aktual News.

“Kita benar-benar apresiasi dan sangat bangga atas acara yang digagas Bapak Kapolres ini mengingat jasa Tuanku Tengku Diujung adalah Tokoh pembawa penyebaran Agama Islam pertama kalinya ke Simeulue” Sebut Yusuf.

Ketu Projo bersama KH.Nuril Arifin

Sementara KH. Nuril Arifin atau akrab disapa Gus Nuril yang menghadiri acara tersebut dalam tausiyahnya menyampaikan arti pentingnya mengingat tokoh masyarakat yang sudah berjasa serta pentingnya melestarikan budaya, jelas Yusuf.

Sekali lagi sebagai warga Simeulue saya sangat berterima kasih atas diselenggarakannya acara ini, terima kasih Bapak Kapolres dan Mbah Gus Nuril yang sudah jauh-jauh datang menghadiri acara Haul di Makam Penghulu yang di mulyakan oleh segenap warga Simeulue ini. Tutup YusufDaud. [Red/Akt-25/As]

 

Aktual News.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.