Tim PKMS UNIS Dampingi Dasawisma Desa Tegal Kunir Kidul Ciptakan Produk Unggulan Berbasis Zero Waste

Tim PKMS UNIS Dampingi Dasawisma Desa Tegal Kunir Kidul Ciptakan Produk Unggulan Berbasis Zero Waste

Jumat, 16 September 2022,


Tangerang, Banten
- AktualInvestgasi.com | Tim Pengabdian Masyarakat dari Fakultas Teknik UNIS Tangerang mendapatkan amanah  hibah dana dari DRTPM (Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat) Kemdikbud tahun 2022 untuk menjalankan program pada skim PKMS (Program Kemitraan Masyarakat Stimulus) Bersama mitra Dasawisma Desa Tegal Kunir Kidul. Program yang dilakukan adalah pelatihan diversifikasi olahan ikan lele menjadi produk drumstick lele dan cheese stik lele. Program ini berjalan dari bulan Mei sampai November 2022. 


Harapannya produk ini dapat menjadi produk unggulan untuk Desa Tegal Kunir Kidul. Program yang dilakukan terkait CPPOB (Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik), produksi diversifikasi lele, desain dan pengemasan, serta pemasaran. Selain itu, ada pemberian hibah berupa alat-alat untuk produksi yang berupa chest freezer, chopper, blender, alat penggiling, kompor, dan peralatan memasak lainnya. 


Setelah program berjalan, produk yang kami buat diberi nama KANALE (Karolina Drum Stick Lele ) dan KASTILE (Karolina Cheese Stick Lele). Produk ini diikutsertakan dalam pameran produk di program BINA WILAYAH saat kunjungan kerja Ny. Yuli Zaki Iskandar (Ketua TP PKK) Kabupaten Tangerang di Desa Tegal Kunir Kidul sebagai salah satu media pemasarannya pada hari senin, 12 september 2022.


Susunan Tim Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) 2022:

Ketua Tim:

1. Febri Rismaningsih, S.Pd.Si., M.Sc

Anggota Dosen:

1. Asri Nurhafsari, S.Pd., M.Pd

2. Raendhi Rahmadi, SH., M.Kn

Anggota Mahasiswa:

1. Mahestie Sekar Arum (Teknik Sipil)

2. Firda Syafira (Teknik Sipil)

3. Muhamad Nur Fahrezi (Teknik Sipil).[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].

TerPopuler