Bidkeu Polda Banten Laksanakan Rapat Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Polda Banten Tahun 2022
Print Friendly and PDF

Bidkeu Polda Banten Laksanakan Rapat Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Polda Banten Tahun 2022

Rabu, 08 Februari 2023,


Serang - Aktualinvestigasi.com | Bidkeu Polda Banten gelar rapat penyusunan dan penyajian laporan keuangan Polda Banten tahun anggaran 2022 bertempat di Hotel D’wiza Kota Serang pada Rabu (08/02).


Kegiatan dihadiri Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif, Kabidkeu Polda Banten Kombes Pol Retno Dwiyanti, Kakanwil Banten diwakili Bapak Sugiyarto, kepala KPPN Serang diwakili bapak Sugihartono, PJU Polda Banten serta seluruh operator Polda Banten dan jajaran.


Dalam hal ini Wakapolda Banten memberikan apresiasi kepada kepada seluruh jajaran Polda Banten atas kerja keras sehingga laporan keuangan Polri dapat opini tertinggi dari BPK. “Saya mengapresiasi atas segala usaha, kerja keras serta dedikasi yang saudara berikan sehingga laporan keuangan Polri dapat meraih  opini tertinggi dari BPK, kita harus dapat mempertahankan apa yang telah kita raih ini, karena mempertahankan sesuatu yang telah diraih lebih sulit dibandingkan jika kita meraihnya, oleh karena itu dalam pelaksanaan kegiatan ini hendaknya dikerjakan dengan sungguh-sungguh, diharapkan para operator dapat duduk bersama dalam penyajian dan penyusunan laporan serta laksanakan koordinasi dengan pihak terkait baik internal maupun eksternal sehingga tidak mengalami kendala,” kata Sabilul.



Sabilul mengatakan pelaporan keuangan harus disusun secara akurat, transparan, akuntabel, dan tepat waktu. “Perlu diketahui bersama bahwa laporan keuangan yang disusun merupakan wujud pertanggung jawaban pelaksanaan anggaran yang dikelola oleh instansi pemerintahan, maka pelaporan harus disusun secara akurat, transparan, akuntabel, dan tepat waktu berdasarkan standar akuntasi pemerintah, proses penyusunan laporan keuangan dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat satuan kerja ke tingkat sakti wilayah lalu digabungkan lagi di tingkat Sakti kementrian,” terang Sabilul.


Terakhir Sabilul me memberikan beberapa penekanan kepada seluruh operator Polda jajaran untuk senantiasa pedomani indikator yang sudah dijelaskan. “Sebelum mengakhiri sambutan ini ada hal-hal yang perlu saya tekankan antara lain pedomani indikator penilaian IKPA tahun anggaran 2022, tingkatkan kedisiplinan, ketertiban, dan ketepatan waktu dalam pengadaan kontrak, laksanakan langkah strategis pelaksanaan anggaran tahun 2024, tingkatkan pengawasan dan Monitoring laporan keuangan satker agar permasalahan dapat segera ditindaklanjuti, laksanakan rekonsiliasi BMN dan penyusunan laporan keuangan dengan semangat,” ujar Sabilul.


Dalam kesempatan ini Kabid Keu Polda Banten  Kombes Pol Retno Dwiyanti mengatakan bahwa Polda Banten siap mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) guna mendukung transformasi Polri yang Presisi. “Kegiatan kali ini menyungsun tema rapat kali ini adalah melalui laporan keuangan Polda Banten siap mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang ke-10 kali dan mendukung transformasi Polri yang Presisi,” terang Retno.


Retno menjelaskan tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan pengecekan dan rekonsiliasi laporan keuangan Polda Banten dan jajaran. “Adapun tujuan di adakan nya penyusunan laporan keuangan ini untuk melakukan pengecekan dan rekonsiliasi laporan keuangan Satker dan jajaran Polda Banten serta pengoordinasian pelaksanaan rekonsiliasi internal antara laporan barang dan laporan keuangan,” ujar Retno [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].

TerPopuler