NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M. Yusuf, S.I.Kom membacakan amanat Danrem 012/Teuku Umar pada kegiatan Upacara Bendera 17 an yang berlangsung di halaman Makodim Jl. T. Cut Ali Desa Lhok Bengkuang Timur Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (17/03/202).

Upacara yang berlangsung hikmat ini diikuti oleh Prajurit dan PNS Kodim 0107/Aceh Selatan dengan jumlah di batasi dan tetap mengikuti anjuran Protokol Kesehatan Covid-19.

Dalam amanat Danrem 012/TU yang di bacakan oleh Dandim Aceh Selatan ini, menyampaikan bahwa penanganan pandemi Covid-19 ini belum selesai dan masih terus berjuang untuk mengatasinya secara tuntas.

"Namun norma kehidupan selaku warga negara dan prajurit TNI AD haruslah tetap berjalan dengan adaptif seperti contohnya pelaksanaan upacara pengibaran Bendera pagi ini yang merupakan cerminan dan wujud rasa bangga serta penghormatan terhadap lambang kedaulatan negara di laksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku."ucap Dandim dalam membacakan amanat Danrem tersebut.



Selanjutnya, tantangan tugas prajurit Kodam Iskandar Muda, termasuk prajurit Korem 012/ Teuku Umar dan dinas jawatan Aju di dalamnya akan semakin berat serta kompleks, krisis kesehatan akibat covid-19 masih butuh waktu dan upaya yang keras untuk mencapai kondisi Herd Immunity atau kekebalan tubuh terhadap suatu virus pada suatu kelompok besar manusia di suatu lokasi atau tempat.

Oleh karena itu, selain kita turut mensukseskan secara langsung tahapan program vaksinasi yang sedang di jalankan oleh pemerintah, kita juga tetap dituntut untuk terus menjadi teladan dan pendorong penerapan protokol kesehatan yang benar dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun dalam setiap pelaksanaan tugas maupun interaksi sosial serta kehidupan sehari-hari kedepannya.

Kemudian, dalam amanat Danrem 012/TU yang dibacakan Dandim ini juga menekankan kepada seluruh Prajurit Korem dan jajarannya untuk terus hindari pelanggaran sekecil apapun terutama terlibat dalam pemakaian dan pengedaran Narkoba serta pelanggaran-pelanggaran lainnya yang dapat merusak diri sendiri, keluarga dan nama Satuan.

"Dimana, pengaruh negatif dari perkembangan teknologi, situasi ekonomi yang sulit dan menurunnya kualitas moral para prajurit telah turut membuka peluang terjadinya pelanggaran tersebut.

Hal ini tentu membutuhkan niat baik dan pendekatan pencegahan yang solid dari seluruh prajurit Korem 012/TU serta dinas jawatan aju di wilayah ini untuk selalu peduli terhadap hal-hal yang tidak wajar di lingkungan.

Kita berani untuk laporkan serta mengatakan tidak bila berkaitan dengan indikasi dan upaya terjadinya pelanggaran penyalahgunaan narkoba perjudian disersi dan lain-lainnya."tuturnya.

Begitu juga, sambung Dandim, dinamika perubahan cuaca akhir-akhir ini juga menjadi salah satu tantangan yang harus di hadapi. Hujan lebat disertai angin kencang serta suhu panas daratan yang tinggi dan tidak menentu menjadi penyebab terjadinya beberapa bencana alam berupa Banjir,Angin Puting Beliung serta Kebakaran baik itu Kebakaran Gedung atau Perumahan maupun Hutan ataupun Lahan.

Hal ini memungkinkan timbulnya korban jiwa serta kerugian yang lebih besar bila kita tidak tepat dan tanggap dalam mencegah serta menanganinya.

Oleh karena itu, dalam amanatnya itu, Danrem 012/TU meminta prajuritnya untuk terus waspadai dan antisipasi tidak menjadi korban dari bencana tersebut. Dan, sebagai prajurit TNI AD selalu siap setiap saat bila dibutuhkan dalam perbantuan penanganan bencana di wilayah.

Sebelum mengakhiri amanatnya yang di bacakan Dandim Aceh Selatan ini, Danren 012/TU menyampaikan beberapa penekanan untuk di jadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Diantaranya, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan sebagai benteng serta landasan utama dalam setiap pelaksanaan amanah tugas yang di emban.

Kedua, hindari perbuatan pelanggaran apapun yang dapat merugikan diri sendiri keluarga serta satuan kita khususnya pelanggaran penyalahgunaan narkoba, desersi dan lain-lainnya.

Ketiga, jaga kesehatan dengan cara olahraga makan dan istirahat yang cukup secara rutin teratur guna meningkatkan imun tubuh.

Dan yang ke empat, terus pelihara dan ciptakan suasana kerja yang harmonis antara bawahan dan atasan sehingga mampu memotivasi Etos kerja dalam mendukung terwujudnya prajurit Kodam Iskandar Muda yang profesional, Responsif dan adaptif serta selalu berpedoman pada Sapta Marga ,Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI. [Husni]

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.