Labuhanbatu, Aktual NewsBupati Labuhanbatu dr.H. Erik Adtrada Ritonga, M.K.M diwakili Asisten III Zaid Harahap, mencanangkan Desa Kampung Baru, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumut, sebagai Kampung Literasi. Kamis 25/11/2021.

Hal ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan kawasan giat membaca berbasis inklusi sosial, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dan mengapresiasi pencanangan “Kampung Literasi Di Desa Kampung Baru Kecamatan Bilah Barat” Oleh TBM Pena.

Di hadapan 350 Para undangan Bupati Labuhanbatu yang diwakili oleh Asisten III Zaid Harahap menegaskan pentingnya meningkatkan kegemaran membaca berbasis kawasan, baik desa maupun kecamatan dengan melibatkan semua elemen di masyarakat.

“Saya apresiasi Kampung Literasi yang dijalankan TBM Pena, saya yakin ini akan berjalan sukses karena melibatkan relawan, warga, dan anak-anak usia sekolah yang jumlahnya banyak. Semoga kampung literasi ini dapat menjadi inkubator gerakan literasi, khususnya di Desa Kampung Baru dan di kabupaten Labuhanbatu. Agar tradisi membaca di kalangan anak-anak dan masyarakat tetap eksis di era digital. TBM punya peran besar untuk wujudkan masyarakat Indonesia yang literat” Walaupun melawan Arus” ujar Zaid.

Pengelola TBM Pena Akan Ritonga, mengucapkan Banyak terimakasih atas dukungan kepada masyarakat Desa Kampung Baru Kecamatan Bilah Barat yang ikut serta dalam memeriahkan Pencanangan Kampung literasi ini. Disamping itu juga beliau menyampaikan kita bangga dari 30 Tbm se-Indonesia Tbm Pena terpilih sebagai tbm untuk melaksanakan Kampung literasi oleh Kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia dan yang pertama di Sumatera Utara. Ucap Ajan.

Rangkaian acara selain pencanangan “Kampung Literasi ”, TBM Pena juga menggelar “Festival Seni dan Budaya dan Lomba Baca Puisi” mengisi peringatan HUT Guru ke-76 untuk meningkatkan peran taman bacaan sebagai sentra pemberdayaan masyarakat, di samping ikhtiar menekan angka putus sekolah, pemberantasan buta aksara, dan kegemaran membaca di masyarakat.

Sajian keren anak-anak TBM Lentera Pustaka pun ditunjukkan melalui penampilan tari kreasi, angklungan, dan senam literasi . Selain itu TBM Lentera Pustaka memberikan “Anugerah Terbaik TBM” kepada anak pembaca aktif, relawan dan warga belajar buta.

Turut Hadir Ketua DPRD yang diwakili oleh H. Fauzi Dari Fraksi Gerindra, PLT. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Kasi Kurikulum dan Pembinaan Paud, Plt Camat Bilah Barat M. Noor Putra. [ Red/Akt-16 ]

 

 

AktualNews

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.