Karanganyar, AktualNews – Dalam Antisipasi Bencana Alam Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo,S.I.K., melakukan pengecekan peralatan SAR yang dimiliki oleh Polres Karanganyar di Lapangan Wirasatya, Senin (21/2) pagi.

Pengecekan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi kondisi cuaca ekstrim yang sering terjadi, serta karena kondisi geografis Kabupaten Karanganyar yang rawan terjadi bencana alam, seperti longsor, pohon tumbang dan lain sebagainya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Karanganyar mengecek kondisi alat SAR darat, dan alat SAR air yang dimiliki. Seperti crane, alat pemotong material, perahu karet, pelampung, alat penyelaman, dan unit K9 dengan spesifikasi SAR.

“Selain memantau peralatan, kami juga melaksanakan cek kemampuan personel dalam penggunaan alat SAR tersebut. Kelengkapan peralatan SAR yang dimiliki harus sebanding dengan kemampuan anggota dalam pengoperasiannya,” ungkap AKBP Danang Kuswoyo,S.I.K.

Kapolres juga menyampaikan agar SAR Polres Karanganyar selalu berkoordinasi dan berkolaborasi dengan SAR, BPBD, dan relawan di Kabupaten Karanganyar agar memantau perkembangan setiap kejadian bencana alam yang ada untuk dapat hadir dan membantu pelaksanaan evakuasi setiap saat.

Kasat Samapta AKP Gatot, yang mendampingi pengecekan oleh Kapolres Karanganyar menambahkan bahwa “Sat Samapta terus melakukan pelatihan kepada personelnya agar mahir dan terampil serta cekatan dalam menggunakan peralatan SAR yang ada di Polres Karanganyar ini,” ungkapnya.(Red/Akt-21/Dawam)

 

AktualNews

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.