NUSANTARAEXPRESS, MALUKU - Melintasi Laut Arafuru dalam pelayaran etape ke-10, Satgas Operasi Bima Suci (OBS) 2020 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla. berkesempatan melaksanakan latihan bersama KRI Sura-802, Jumat (18/12/20).

Latihan bersama unsur BKO Guspurla Koarmada III ini dipimpin langsung oleh Danguspurla Koarmada III Laksma TNI Rudhi Aviantara IH., S.E., M.Si., M.Tr. (Han). yang on board di KRI Sura-802.



Latihan diawali dengan Communication Check dimana Komandan KRI Sura sebagai Officer Conducting Serial (OCS) yang akan mengendalikan semua jaring komunikasi radio dan melaksanakan pencocokan waktu. Kemudian dilanjutkan dengan latihan Replenishment At Sea (RAS) Approaches KRI BSC dengan KRI Sura untuk menggelar Mailbag Transfer Exercise.

Serial latihan selanjutnya yaitu Tactical manouvering (Tacman) Exercise atau yang dikenal dengan manuver taktis, dan latihan ini ditutup dengan latihan formasi Breakaway for Pass Exercise. Pada latihan ini Taruna berkirim pesan isyarat Semaphore dan Flash Hoist "Jalesveva Jayamahe" kepada KRI Sura-802.

[nextpage title="Next"]

 



Komandan Satgas OBS 20 menyampaikan "Latihan bersama KRI Bima Suci dengan Unsur BKO Guspurla Koarmada III ini merupakan bagian dari pembelajaran dan memberikan gambaran sesungguhnya kepada seluruh prajurit khususnya para Taruna Tk.III angkatan 67 sebagai tindak lanjut dari Prioritas Kasal Laksamana TNI Yudho Margono tentang Pembangunan SDM TNI AL yang unggul", jelas Letkol Waluyo-sapaan karib Komandan Satgas OBS.

Lebih lanjut Komandan Satgas OBS menyampaikan “Melalui kegiatan serial latihan ini, diharapkan para Taruna bisa mengetahui situasi yang akan dihadapi pada penugasan yang sesungguhnya kelak dan selama pelaksanaan latihan tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai penekanan Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan kepada Satgas OBS”. [KRI BSC]

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.