MDMC Karanganyar Mengirim 7 Anggota Diperbantukan ke Lumajang Bantu Korban Bencana Erupsi Gunung Semeru

MDMC Karanganyar Mengirim 7 Anggota Diperbantukan ke Lumajang Bantu Korban Bencana Erupsi Gunung Semeru

Senin, 06 Desember 2021,

Karanganyar, Aktual News Sebanyak tujuh anggota relawan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dikirim ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur guna berpartisipasi membantu korban letusan atau erupsi Gunung Semeru.

Tujuh anggota relawan MDMC itu dilepas secara resmi di halaman Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar, pada Minggu (5/12/2021).

Acara pelepasan relawan tersebut dilakukan oleh Wakil Ketua PDM Karanganyar Suriyanto dengan disaksikan oleh Ketua MDMC Karanganyar Ngadiman dan Ketua LazisMU Ahmad Zaki Mustofa.

Selanjutnya, tujuh relawan tersebut akan bergabung dengan 13 orang relawan MDMC dari kabupaten lain se-Jateng dan berkumpul di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) untuk diberangkatkan malam ini menuju Lumajang melalui jalur darat.

Wakil Ketua PDM Karanganyar Suriyanto, mengatakan bahwa pengiriman sebanyak 20 relawan MDMC itu dibawah perintah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jateng yang memutuskan status tanggap darurat.

“Tanggap darurat merupakan respon cepat dari PWM Jateng terhadap bencana alam. Maka, Muhammadiyah segera turut berperan aktif dan bergerak cepat untuk kemanusiaan,” ungkap Suriyanto, di sela pelepasan tujuh relawan asal PDM Karanganyar itu, pada Minggu (5/12/2021).

Adapun formasi tujuh relawan MDMC Karanganyar tersebut terdiri dari satu orang dokter RS PKU Muhammadiyah Karanganyar yakni dr Ananta Novan serta tiga orang paramedik, dua orang bagian SAR dan seorang sopir.

Selain itu juga dibawakan paket obat – obatan serta perlengkapan kebutuhan operasional lainnya dan satu buah mobil operasional dari MDMC Karanganyar.

“Diharapkan esok pagi tim relawan kemanusiaan MDMC sudah sampai Lumajang dan langsung bergerak,” tandasnya.

Adapun selama 10 hari di Lumajang, sebanyak 20 relawan dari PWM Jateng jnj akan menempati kantor PDM Kabupaten Lumajang sebagai base camp komando.

Semetara itu, Direktur Lazismu PDM Karanganyar Ahmad Zaki Mustofa, mengatakan pihakya telah menginstruksikan kepada seluruh kantor-kantor layanan LazisMU di Karanganyar untuk melakukan penggalangan donasi kemanusiaan untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru.

“Selain misi pengiriman relawan, kami dari LazisMU Karanganyar sudah bergerak mencari donasi untuk segera dikirimkan ke Lumajang guna meringankan beban para korban letusan Gunung Semeru,” jelas Ahmad Zaki Mustofa.

Pelepasan tujuh anggota relawan MDMC Karanganyar di halaman RS PKU Muhammadiyah Karanganyar, pada Minggu (05/12/2021), untuk menuju ke Lumajang, Jawa Timur untuk membantu korban bencana erupsi Gunung Semeru.[Red/Akt-52/Dawam]

 

Aktual News

TerPopuler