Nasionalisme dan waspadai radikalisme ; Dandim 0510/Trs kepada seluruh kepala desa kab.Tangerang

Nasionalisme dan waspadai radikalisme ; Dandim 0510/Trs kepada seluruh kepala desa kab.Tangerang

Kamis, 16 Juni 2022,


Kodam Jaya, Tigaraksa
- Aktualinvestigasi.com | Komandan Kodim (Dandim) 0510 Tigaraksa Letkol inf Bangun IE Siregar memberikan pembekalan Penguatan Nilai - Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Tahun 2022, di Aula Bola Sundul Kesbangpol Pemda gedung Casid, Kab Tangerang, Kamis (09/06/2022).


Hadir dalam kegiatan itu, Letkol Inf Bangun IE Siregar Dandim 0510/Tigaraksa, Drs Afif Pilyanto Aktivis Badan Narkotika  Kab. Tangerang, Bapak Arief Taufik Kepala Kesbangpol Kab. Tangerang dan 30 orang Kepala Desa se-kabupaten Tangerang.


Dalam pengarahannya, Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bangun IE Siregar menyampaikan, dalam 

Kampung Pancasila terdiri dari 5 poin pada Manusia Indonesia yaitu, Iman, Kemanusiaan, Keragaman , Musyawarah dan Gotong Royong.


Selanjutnya Dandim juga menjabarkan lima poin itu, seperti Iman, kita boleh fanatik dalam kepercayaan, namun tidak boleh terlalu fanatik berlebihan. 

Sedangkan Kemanusiaan, kata Dandim, kita manusia yang hidup di dunia ini harus mempunyai jiwa kemanusiaan,  saling bantu, saling peduli dengan siapapun.


Untuk poin Keragaman, lanjut Dandim menambahkan bahwa, Kita  sebagai warga negara Indonesia adalah masyarakat yang memiliki keaneka ragam suku bangsa dan kita haris saling menghormati, menghargai dan toleransi antar suku bangsa yang ada.


Selanjutnya, untuk poin Musyawarah, ujar Dandim lagi, apapun informasi yang didapat di lapangan harus kita lakukan kroscek dulu untuk mengetahui kebenarannya. 


"Artinya, selesaikan semua persoalan dengan musyawarah dan mufakat bersama terutama di wilayah masing - masing untuk menghasilkan keputusan yang terbaik bagi semua pihak," kata Letkol Inf Bangun IE Siregar.


Untuk poin Gotong royong, disampaikan Dandim bahwa, Kita masyarakat Indonesia daei duku sudah memiliki sikap gotong royong. Ini menjadi tradisi kita dari zaman dahulu.



Selain itu, Letkol Inf Bangun IE Siregar juga menambahkan terkait Media sosial (Medsos) bahwa, menyikapi zaman modern ini di masa era digital, dimana  kita semua, rata - rata sudah memiliki Hand phone di hampir semua lapisan masyarakat termasuk anak - anak dan juga para istri. 


Untuk itu, kata Dandim di akhir paparannya, kita sebagai orang tua harus bisa untuk terus memantu, mengawasi dan membimbing keluarga kita dalam mengunakan medsos dengan bijak.jangan sampai dengan ada nya kecanggihan zaman anak anak zaman sekarang dapat menjadi hancur karna salah dalam bermedsos.


Sementara itu, Drs.Afif Pilyanto aktivis  Badan Narkotika Kab Tangerang juga menyampaikan, semoga Pancasila tidak hanya kita hafal dalam pengucapan saja, tetapi kita harus dapat mengamalkan dan mengimplementasikan nilai - nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.


Sekali lagi saya berpesan,Ayo kita sebagai tiga pilar ini masuk ke sekolah - sekolah untuk memberikan materi - mater wawasan kebangsaan kepada calon generasi penerus bangsa agar mereka tidak menjadi generasi yang rusak nantinya.


"Saya yakin dan percaya, Indonesia tidak akan mudah terpecah belah l, bila kita semua dapat menjalankan dan mengamalkan arti dari butir - butir Pancasila yang terkandung didalamnya," tuturnya. [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].

TerPopuler