Halloween party ideas 2025
encoded adsense ad code here

Labuhanbatu, AktualNews-Mewakili Bupati Labuhanbatu dr.H. Erik Adtrada Ritonga, MKM, Sekdakab Labuhanbatu Ir Muhammad Yusuf Siagian, MMA, membuka Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan buku Kabupaten Labuhanbatu dalam angka 2022 dan pembinaan statistik sektoral, Rabu 16/2/2022 di Aula Platinum Hotel Rantauprapat Jalan SM. Raja Kecamatan Rantau Selatan.

Sekdakab Labuhanbatu mengatakan dalam suatu proses pembangunan memerlukan rencana yang tersusun dalam data, karena rencana pembangunan yang diakui adalah rencana yang tersusun dengan data.

“Kita memerlukan data dan informasi yang akurat, serta terkini, untuk sebagai dasar pengambilan keputusan dalam program pembangunan,” ungkap Sekda.

Sekda menjelaskan FGD ini adalah untuk peningkatan kuwalitas data Labuhanbatu Dalam Angka 2022 yang selalu diterbitkan oleh BPS Kabupaten Labuhanbatu setiap tahunnya. Publikasi LDA yang berisikan data yang bersumber dari kegiatan rutin, survei, dan sensus yang dilaksanakan oleh BPS dan dilengkapi dengan data sektoral yang dikelola oleh OPD serta instansi pemerintah dan swasta di wilayah Kabupaten Labuhanbatu.

Sekda juga mengatakan pentingnya menerapkan satu data di kabupaten Labuhanbatu.

“Kita juga akan mengadakan satu data untuk satu kabupaten. Kalau ada perubahan, ada laporan dari instansi masing masing.

Kalau kita satu bahasa, satu data, satu perencanaan, akan membuahkan program yang bagus yang bisa mensejahterakan taraf hidup masyarakat dan menjadikan Labuhanbatu Kabupaten yang bisa bersaing,” ucap Sekda.

Muhammad Yusuf Siagian menambahkan Semua pekerjaan yang ada di negara ini, diawali dengan administrasi yang bagus, dan administrasi yang bagus, diawali dengan data yang bagus.

“Teruslah berkarya dan bekerja dalam memberikan kontribusi untuk pembangunan dan pelayanan masyarakat di kabupaten Labuhanbatu ini,” ucap Sekda.

Sekda kemudian membuka acara FGD yang diawali dengan Pemberian penghargaan kepada Instansi Produsen Data Sektoral yaitu Dinas Sosial, Dinas kesehatan, Dinas Perikanan dan Kelautan.

Kepala BPS Kabupaten Labuhanbatu Rahmat Gustiar, M.S.i mengungkapkan tujuan dilakukannya FGD ini adalah sebagai upaya meningkatkan publikasi Buku Labuhanbatu Dalam Angka (LDA), Rekonsiliasi data, dan memastikan buku LDA sudah layak cetak.

Rahmat optimis buku LDA 2022 dapat rilis tepat waktu. Direncanakan tanggal 25 Februari LDA 2022 akan rilis di website BPS.

BPS juga akan bekerjasama dengan Kominfo Labuhanbatu, untuk melaksanakan Satu Data Labuhanbatu. Rahmat mengatakan akan diadakan sebuah portal, dimana setiap OPD bisa menginput data masing masing ke portal tersebut, dan jika membutuhkan data, bisa mengakses portal tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu Awaludin Hasibuan, S.T., M.Kom memberikan dalam pemaparannya mengenai Satu Data Indonesia mengatakan urusan Seksi Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika meliputi:

1.Menyelenggarakan Survei dan Penyediaan Data Statistik Sektoral

2.Menyelenggarakan Kompilasi (kumpulan) Produk Administrsi Statistik Sektoral

3.Melakukan Pengolahan, Analisa, Penyajian dan Diseminasi data Statistik Sektoral

4. Menyebarluaskan Data melalui media cetak dan media elektronik

‘’Penyelenggaraan statistik sektoral harus didasarkan pada kebutuhan data dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan daerah,” ucap Awaludin.

Awaludin menjelaskan Tiga jenis statistik menurut UU No. 16 Tahun 1997 berdasarkan tujuan pemanfaatannya yaitu Statistik Dasar yang dikumpulkan BPS, Statistik Sektoral yang dikumpulkan instansi, dan Statistik Khusus yang dikumpulkan oleh lembaga, organisasi, perorangan, dan atau unsur masyarakat lainnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Materi Pemanfaatan Data untuk Pembangunan oleh Rahim Brutu, S.Si statistisi ahli BPS Kabupaten Labuhanbatu, dan sesi tanya jawab dan diskusi, Penyampaian Materi FGD dan Diskusi Sinkronisasi Data Kab. Labuhanbatu Dalam Angka 2022.

Turut hadir dalam FGD ini Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu, Kepala BPS Labuhanbatu, Kepala Diskominfo Labuhanbatu, perwakilan OPD di Labuhanbatu, para perwakilan instansi vertikal di Labuhanbatu, dan undangan lainnya. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.